Peluncuran Vaksin AS Picu Kenaikan Harga Minyak Cuaca Kalsel Hari Ini, Hujan Berpetir Masih Mengancam PPKM Mikro Saat Ramadan, ASN di Banjarmasin Diminta Lebih Proaktif Tekan Inflasi, Kalsel Atensi Sistem Supply Chain Bahan Pokok Milan Lockdown, Eh Ibrahimovic Tepergok di Restoran

Tren Makanan Halal Makin Meningkat di Singapura

- Apahabar.com Kamis, 4 Maret 2021 - 10:57 WIB

Tren Makanan Halal Makin Meningkat di Singapura

Gerai makanan halal di Singapura-Foto-Republika

apahabar.com, SINGAPURA – Tren makanan halal di Singapura meningkat. Hal itu terlihat dengan makin banyaknya gerai makanan dan minuman (F&B) yang memiliki sertifikat halal.

Dilansir Irham.id yang mengutip The Straits Times pada Kamis (4/3) , laporan perdana tentang perilaku konsumen Muslim dan tren makanan halal di Singapura menyebutkan pasar makanan halal di negara itu diperkirakan mencapai 1 miliar dollar pada 2019, dengan 700 juta dollar dihabiskan oleh Muslim lokal.

Laporan setebal 58 halaman itu dirilis kemarin oleh konsultan gaya hidup dan perjalanan Muslim CrescentRating dan perusahaan solusi teknologi pembayaran global Mastercard.

Laporan itu memilah data survei dari 500 Muslim berusia 15 hingga 70 tahun yang menanggapi kuesioner, wawancara dengan pakar dan akademisi tentang makanan halal, temuan dari studi tentang makanan halal di Singapura serta wawasan dari CrescentRating dan platform perjalanan online Halal Trip.

Dari 500 responden, 218 di antaranya adalah kaum milenial berusia 25 hingga 40 tahun. Pengeluaran makanan per kapita mereka pada tahun 2019 adalah 1.177 dollar. Untuk 161 orang Gen X yakni berusia 41 hingga 55 tahun, pengeluaran per kapita tahunan mereka untuk makanan sedikit lebih tinggi yaitu 1.214 dollar.

Dalam survei itu hampir 78 persen responden adalah perempuan. Laporan tersebut mencatat bahwa setidaknya 65 persen responden setuju bahwa ada banyak variasi makanan halal di Singapura.

Namun salah satu keluhan mereka adalah pilihan makanan halal tidak tersedia secara luas di seluruh pulau, terutama di daerah barat dan jantung kota dan terkonsentrasi di beberapa cluster seperti Arab Street dan Geylang Serai.

Sekitar empat dari 10 responden mengatakan beberapa masakan non-Asia seperti makanan Prancis, Meksiko, Yunani, dan Spanyol tidak ditawarkan cukup banyak yang tersedia makanan halal.

Sementara itu 88 persen responden mengetahui tentang pilihan makanan halal baru melalui media sosial. Sebagian besar dari mereka yang berbagi pengalaman dan pendapat terutama melalui WhatsApp, Facebook, dan Instagram berusia 25 hingga 34 tahun.

Sementara bisnis rumahan telah berkembang pesat selama pandemi, kurang dari 5 persen responden membeli makanan dari bisnis rumahan setiap minggu. Sedang 27 persen lainnya membeli dari mereka sekali atau dua kali dalam sebulan, sementara hampir seperempatnya tidak pernah membeli dari bisnis rumahan. Terdapat kekhawatiran termasuk harga tinggi, biaya pengiriman, dan persepsi kualitas dan jaminan halal yang buruk menjadi sebabnya.

“Ada peluang untuk mengembangkan bisnis rumahan. Konsumen tidak membeli dari mereka karena banyak masalah dalam interaksi pembelian dan pemasaran.Mengatasinya akan (membantu) menciptakan pengalaman lokal tentang makanan halal di Singapura,” kata pendiri dan kepala eksekutif CrescentRating, Fazal Bahardeen.

“Meningkatkan variasi makanan halal yang tersedia dan memastikan tidak ada pelanggaran kepercayaan dalam sistem jaminan halal adalah kunci untuk menumbuhkan Singapura sebagai surga makanan halal. Kami berharap wawasan dalam laporan ini akan membantu pemangku kepentingan F&B untuk melayani konsumen Muslim di Singapura dengan lebih baik,” tambahnya.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Habar

Pengajian Ramadan Bersama Guru Zuhdi, Cara Masuk Surga Lebih Cepat dari Bidadari
apahabar.com

Habar

Usai Hadiri Penandatangan Pembangunan Museum Sejarah Rasul, JK Diberi Kesempatan Umrah
apahabar.com

Habar

Ini Jadwal Keberangkatan Jemaah Haji Banjarmasin
apahabar.com

Habar

Kiat Muslim Amerika Penuhi Kebutuhan Daging Halal
apahabar.com

Habar

Ribuan Jemaah Hadiri Haul Datu Panjang Pengaron
apahabar.com

Habar

Update Haul Sekumpul; 40 Toko di Pasar Sekumpul Ludes, Penginapan Lain Masih Terbuka
apahabar.com

Habar

PCNU Tapin Sepakat Ikuti Edaran Menag Terkait Ibadah Tarawih dan Idul Fitri
apahabar.com

Habar

Malam Tahun Baru Islam, Bupati H Ansharuddin Beri Honor 733 Guru Agama dan Kaum Masjid
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com