Kucurkan Rp2 Miliar, Banjarmasin Tancap Gas Perpanjang PPKM Mikro Lagi, Polres Tabalong Tangkap Pemilik Senjata Api Ilegal Blakblakan Duta Mall Banjarmasin Terpaksa Tutup Selama Lebaran Viral Pria Bersajam Vs Polisi-Warga di Nagasari Banjarmasin, Pelaku Diancam Pasal Berlapis! Sidang Kedua, Eks Dirut Baramarta Kukuh Hasil Korupsi Dinikmati Berjemaah

14 ABK di Balikpapan Terkonfirmasi Positif, Lagi-Lagi Sektor Migas

- Apahabar.com Selasa, 20 April 2021 - 16:34 WIB

14 ABK di Balikpapan Terkonfirmasi Positif, Lagi-Lagi Sektor Migas

Rizal membeberkan penambahan klaster ABK di sektor migas. Foto-apahabar.com/Riyadi

apahabar.com, BALIKPAPAN – Kasus Covid-19 di Kota Balikpapan belum berhenti. Di tengah Ramadan saat ini terus bertambah. Pada Selasa (20/4) sebanyak 33 kasus terkonfirmasi positif tercatat oleh Gugus Tugas Kota Balikpapan.

Yang mengagetkan sebagian besar dari jumlah kasus tersebut disumbangkan oleh Anak Buah Kapal (ABK) rekanan Pertamina yang terkonfirmasi positif. Hal ini semakin menambah catatan kasus klaster migas di Balikpapan.

“Yang kita harus cermati dari 33 kasus terkonfirmasi positif, ini ada 14 orang dari luar daerah dari Kapal yang berkaitan dengan Pertamina dan sudah meluas sampai Galangan. Itu sebabnya angka kita naik,” kata Wali Kota Balikpapan, Rizal Effendi.

Dari kasus tersebut pun meluas sampai ke Galangan Kapal yang berkaitan dengan pekerjaan sektor migas. Rizal mengatakan pihaknya terus memantau perkembangan penularan kasus positif dari klaster ABK tersebut.

“Jadi sudah berapa hari ini ada awak kapal yang terkonfirmasi positif dan sudah meluas sampai ke Galangan,” tuturnya.

Lebih lanjut Rizal mengatakan bahwa beberapa dari mereka yang terkonfirmasi positif tidak diperkenankan turun dari kapal dan menjalani karantina mandiri. Namun bagi mereka yang bergejala dilakukan perawatan.

“Kapal itu kan kapal khusus, dia tidak di pelabuhan umum. Pertamina punya protokol sendiri, saya kira sudah dilakukan pengetatan. Ada yang turun ada yang tidak boleh karena bergejala dan ada yang ringan dilakukan isolasi di hotel. Dan ini tetap dalam pemantauan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP),” tukasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan, Andi Sri Juliarty mengatakan bahwa pihaknya langsung melakukan upaya pencegahan seperti testing dan tracing kepada kontak erat agar tidak meluas.

“Tentunya jika ditemukan klaster seperti ini dilakukan testing dan tracing yang lebih luas dan dilakukan karantina. Bagi yang sakit dirawat. Ada juga yang mengikuti isolasi di hotel dan ada di safe house Pertamina,” ujarnya.

Editor: M Syarif - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Ini Yang Membuat Disbunak Meraih Terbaik dI Banjar Expo
Tanah Laut

Kalsel

Kecelakaan Tanah Laut, Sigra Hantam Muatan Trailer yang Bergeser di Ambungan
Banjarmasin

Kalsel

Pengadaan Stick Cone di Jalan Ahmad Yani Banjarmasin Capai Ratusan Juta, Efektifkah?
apahabar.com

Kalsel

Polemik Pelabuhan Ikan di Kotabaru, Dewan Kalsel Khawatir PAD Stagnan
apahabar.com

Kalsel

Diprotes! Mobil Dinas Baru Wakil Rakyat Kalsel Rp 1,8 Miliar Bukan untuk Gagah-gagahan
apahabar.com

Kalsel

Antisipasi Karhutla, Kapolsek Rantau Badauh: Pembakaran Lahan Ada Hukum dan Sanksinya
apahabar.com

Kalsel

Pesan Khusus Kementerian Pendidikan buat Tenaga Pengajar Kalsel
apahabar.com

Kalsel

Epidemiologi Kalsel Butuh 2,5 Bulan Lagi untuk Konfirmasi Kasus Covid-19
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com