Memanas, Tim Ibnu-Ariffin Mau Polisikan Sosok Diduga Jurkam AnandaMu Buntut Transkrip! Waspada, Hujan Berpetir dari Kaltim hingga Kalteng Imbas Siklon Surigae Geger! Wanita Hampang Kotabaru Tewas Bersimbah Darah Didatangi Dinkes, 5 RS di Banjarmasin Langsung Bayar Tunggakan Darah Kebakaran di Tapin, Rumah dan Kendaraan Hangus Dilalap Api

Asyik! Layanan Perpanjang SIM Lewat HP Segera Diluncurkan

- Apahabar.com Sabtu, 3 April 2021 - 07:53 WIB

Asyik! Layanan Perpanjang SIM Lewat HP Segera Diluncurkan

Ilustrasi perpanjang SIM hanya lewat HP. Foto-Istimewa

apahabar.com, JAKARTA – Korps Lalu Lintas (Korlantas) Mabes Polri siap meluncurkan aplikasi khusus untuk memperpanjang masa berlaku Surat Izin Mengemudi (SIM) A dan C lewat HP.

Mengenai aplikasi SIM online ini, Direktur Registrasi dan Identifikasi (Regident) Korlantas Polri Brigjen Pol Yusuf pernah menjelaskan bahwa pemohon yang akan memperpanjang masa berlaku SIM A dan C mengunduh aplikasi digital Korlantas melalui “App Store” atau “Play Store” di telepon Seluler.

Selanjutnya, pemohon memverifikasi nomor telepon seluler dan muncul fitur registrasi mencantumkan nomor induk kependudukan (NIK) sesuai kartu tanda penduduk (KTP) atau nomor SIM sebelumnya atau swafoto KTP/SIM (selfie).

Kemudian setelah itu verifikasi hasil e-RIKKES dan e-PPSI untuk pemeriksaan kesehatan dilakukan secara elektronik. Jadi Dokkes Mabes Polri sudah memberitahukan kepada Dokkes seluruh polda.

Petugas Dokkes Polda memberitahukan ke kedokteran yang ditunjuk pada setiap wilayah untuk melaksanakan pemeriksaan terhadap pemohon SIM.

Setelah diperiksa, tim dokter meng-upload hasil pemeriksaan kesehatan dan psikotes, selanjutnya pemohon akan dinyatakan lolos atau tidak.

Aplikasi perpanjang SIM secara daring juga mencantumkan rekening pembayaran dan pengembalian biaya bila permohonan ditolak karena tidak memenuhi syarat dalam waktu 14 hari.

Dikutip dari Detikcom, sistem akan akan memverifikasi data pemohon perpanjang SIM melalui data NIK sesuai KTP dan swafoto SIM sebelumnya.

Selanjutnya, pemohon dapat memilih jenis SIM yang diajukan untuk diperpanjang masa berlakunya, pengiriman foto dan tanda tangan pemohon, serta terdapat pilihan lokasi Satpas saat pengambilan SIM.

“Jadi kalau dia lulus yang mengantarkan SIM dari lokasi Satpas sesuai yang dipilih. Mungkin di dekat rumah atau di dekat tempat kerja,” tutur Yusuf.

Diungkapkan Yusuf, pemohon juga dapat memilih mengambil SIM sendiri, dikuasakan kepada orang lain atau dikirim melalui jasa PT Pos Indonesia.

Kepala Sub Direktorat SIM Direktorat Registrasi dan Identifikasi (Ditregident) Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri Komisaris Besar Jati mengatakan hal ini bisa dinikmati masyarakat usai peluncuran pada 12 April 2021.

“Nanti (perpanjangan SIM lewat HP) setelah launching yang rencananya tanggal 12 April,” ungkap Jati.

Editor: M Syarif - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Harta Karun Kerajaan Sriwijaya Bermunculan di Lokasi Karhutla
Pascabanjir Bandang

Nasional

Listrik di 5 Kabupaten/Kota Padam Pascabanjir Bandang di Flores Timur
apahabar.com

Nasional

Innalillahi Wainna Ilaihi Rojiun, Kabar Duka Datang dari Aa Gym
apahabar.com

Nasional

Duh, Ibu Ini Jadikan Anaknya Jaminan Bayar Denda Masker
apahabar.com

Nasional

Kementan Siapkan Program Nasional Langkah Antisipasi Dampak La Lina
Jokowi

Nasional

Gelar Pertemuan di Istana, Presiden Jokowi dan Pengurus KAHMI Bicara Banyak Hal
apahabar.com

Nasional

Jokowi Putuskan Evakuasi WNI dari Wuhan Sore Ini
apahabar.com

Nasional

Indonesia Akan Dilanda Gelombang Panas Ekstrem Itu Hoaks
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com