Serangan Udara Israel di Gaza, Ratusan Warga Palestina Tewas H+3 Idulfitri, Penerbangan di Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin Masih Sepi Bawa Sabu dari Kaltim, Warga HST Ditangkap di Pos Penyekatan Jaro Tabalong Banjir Satui Tanbu, Ratusan Warga Masih Mengungsi, Puluhan Ribu Terdampak Cuaca Cerah, Banjir di Satui Tanbu Berangsur Surut

Atensi Balap Liar Bulan Ramadan, IMI Balikpapan Siapkan Sirkuit Manggarlika

- Apahabar.com Senin, 19 April 2021 - 17:22 WIB

Atensi Balap Liar Bulan Ramadan, IMI Balikpapan Siapkan Sirkuit Manggarlika

Sirkuit Manggarlika menjadi tempat latihan para pecinta balap motor. Hal ini untuk mengurangi aktivitas balap liar. Foto-Istimewa

apahabar.com, BALIKPAPAN – Bulan Ramadan aktivitas balap liar memang kerap terjadi. Tak ayal petugas beberapa kali melakukan penindakan di sejumlah lokasi yang biasa dipakai para kelompok remaja ini untuk balapan liar.

Menyikapi hal tersebut Pemerintah Kota Balikpapan bekerjasama dengan Ikatan Motor Indonesia (IMI) untuk memfasilitasi para pecinta balap motor maupun mobil dengan menyiapkan sirkuit latihan.

Ya, jalanan di Pantai Manggar digunakan sebagai sarana tempat latihan untuk menyalurkan hobi para pembalap tersebut.

“Iya, pemanfaatannya itu kan di area pantai itu dipakai setiap hari Rabu, dan Jumat itu latihannya jam 14.00 wita sampai jam 17.00 wita,” kata Ketua Korwil IMI Balikpapan, Ratih Kusuma ditemui di Pemkot Balikpapan, Senin (19/4).

Tempat latihan tersebut dinamakan Sirkuit Manggarlika. Letaknya berada di ujung Pantai Manggar mengarah ke jalan keluar bagi pengunjung pantai. Trek jalan dibuat seperti sedang berada di sirkuit balap. Bahkan pihak IMI menyiapkan pelatih serta tim safety, sehingga latihan dinilai sangat nyaman.

“Nanti itu ada coach nya jadi ada tim safety kami dari Korwil yang memantau selama latihan,” ujarnya.

Saat ini diakui Ratih banyak yang mulai mendaftarkan diri untuk bisa ikut berpartisipasi menggunakan sirkuit Manggarlika tersebut. Para pecinta balap harus mendaftar terlebih dahulu kepada IMI dan memiliki kartu tanda anggota.

Setelah itu para pembalap muda dan pemula tentunya akan dibimbing saat latihan, sehingga bakat mereka dapat terasah. Di ajang inilah potensi remaja Balikpapan di dunia balap dapat dilihat dan menghasilkan bibit atlet balap yang baru.

“Ada banyak yang berpartisipasi. Untuk atlet itu ada 24 orang. Nah mereka yang mau bergabung itu bisa tapi harus mengikuti regulasi kami. Terdaftar di klub otomotif yang resmi yang sudah terdaftar di IMI, kedua mereka harus memiliki Kartu Anggota. Kemudian setelah itu ada bimbingan, ada persyaratan yang harus dilengkapi,” jelasnya.

Menanggapi adanya balap liar di jalan yang dapat membahayakan pengendara maupun mengganggu ketertiban umum, Ratih mengatakan pihaknya sudah melakukan sosialisasi bersama Kasatlantas Polresta Balikpapan. Pihaknya mempersilahkan para pembalap liar ini untuk mendaftarkan diri kepada IMI agar bisa latihan di sirkuit Manggarlika.

“Kami sudah sosialisasi juga dengan Pak Kasatlantas, kami waktu itu juga turut mengimbau kepada para pembalap liar untuk silahkan bergabung ke kami dengan mengikuti regulasi tadi. Dengan begitu kan mereka bisa jadi profesional,” pungkasnya.

Editor: M Syarif - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Darah di lokasi pembacokan di Masjid Agung At Taqwa. Apahabar.com / Riyadi

Kaltim

Jemaah Masjid At Taqwa Geger, Dua Pria Misterius Bacok Warga yang Mau Salat Subuh

Kaltim

Meresahkan, Komplotan Remaja Pencurian di Balikpapan Barat Diringkus
apahabar.com

Kaltim

Bertambah 1, Postif Covid-19 di Kaltim Jadi 154 Kasus

Kaltim

Pascapenyerangan Mabes Polri, Polda Kaltim ‘Kencangkan Ikat Pinggang’
Nelayan

Kaltim

Bawa Bahan Peledak, Seorang Nelayan di Balikpapan Diamankan Polisi
Bupati Paser

Kaltim

Hasil Swab Keluar, Almarhum Bupati Paser Negatif Covid-19
apahabar.com

Kaltim

Kaltim Raih Dua Anugerah BI Corner Award
Bank Bukopin

Kaltim

Setahun Kasus Penggelapan Dana Investasi Bank Bukopin di Balikpapan, Korban Pasang Karangan Bunga
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com