Idaman Penuh, Wali Kota Banjarbaru Minta RS Swasta Siap Tangani Covid-19 Resmi! PPKM Mikro di Banjarbaru Kembali Diperpanjang hingga 19 April Bawa Sayur, Pengendara Motor di Balikpapan Tewas Tabrak Truk Kontainer Parkir Percepat Perubahan di Tanbu, Zairullah Kembali Rombak Pejabat Struktural Cuaca Kalsel Hari Ini, Hampir Seluruh Wilayah Cerah Berawan

Aturan THR Segera Diumumkan, Tahun Ini Beda

- Apahabar.com Jumat, 9 April 2021 - 11:36 WIB

Aturan THR Segera Diumumkan, Tahun Ini Beda

Ilustrasi THR. Foto-Istimewa

apahabar.com, JAKARTA – Kementerian Ketenagakerjaan segera mengumumkan ketentuan Tunjangan Hari Raya (THR), Senin (12/4), pekan depan.

Direkur Pengupahan Direktorat Jenderal Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja Dinar Titus Jogaswitani memastikan bakal ada perbedaan aturan THR antara tahun ini dengan tahun lalu.

Salah satunya, hanya sektor usaha tertentu yang akan diperbolehkan untuk mencicil pembayaran THR kepada buruh. “Insyallah Senin akan diumumkan oleh Bu Menteri,” ucapnya, kutip CNNIndonesia.com, Jumat (9/4).

Meski demikian, di luar beberapa sektor yang terdampak Covid-19, ia memastikan bahwa tahun ini THR wajib dibayarkan penuh dan tepat waktu. “Sedang disusun drafnya. Sepertinya berubah (dari tahun lalu),” jelas Dinar.

Sebelumnya, pemerintah melalui Kantor Menko Perekonomian mewajibkan semua perusahaan swasta membayarkan tunjangan hari raya (THR) buruh mereka secara penuh pada lebaran tahun ini.

Hal ini lantaran pemerintah telah menggelontorkan banyak stimulus untuk sektor swasta selama masa pandemi covid-19.

“Pemerintah mewajibkan teman-teman dari perusahaan dunia swasta bayar penuh untuk karyawannya pada ramadan tahun ini,” ungkap Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono Moegiarso dalam Rapat Koordinasi Teknis Perhubungan Darat Tahun 2021.

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengestimasikan terdapat perputaran dana di pasar hingga Rp215 triliun dari pembayaran THR perusahaan kepada karyawan tahun ini.

Ia berharap THR akan mendorong konsumsi masyarakat jelang Lebaran tahun ini. Jika konsumsi meningkat, ia berharap dampaknya akan positif untuk pertumbuhan ekonomi.

Pasalnya, konsumsi masyarakat menjadi kontribusi utama dalam pembentukan produk domestik bruto (PDB).

Editor: M Syarif - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Polisi: Provokator Kericuhan dari Luar Jakarta
apahabar.com

Nasional

Diplomat RI: Vanuatu Berkepentingan Dukung Separatis Papua
apahabar.com

Nasional

Perawat Pasien Covid-19 Pun Rindu Pulang, Ajak Masyarakat Taat Protokol Kesehatan
apahabar.com

Nasional

Ops SAR Pulang Pisau, Korban Mobil Kecebur ke Sungai Belum Ditemukan
Reshuffle 6 Menteri

Nasional

Sah! Presiden Jokowi Reshuffle 6 Menteri di Kabinet Indonesia Maju
apahabar.com

Nasional

Bahas Isu Aneksasi Palestina, Menlu RI Akan Ikuti Pertemuan OKI
apahabar.com

Nasional

Lempar Botol ke Lapangan, Warning Kemendagri Untuk Gubernur Kalteng
apahabar.com

Nasional

Penyebar Hoaks ‘Iblis’, Mahfud MD: Lawan, Jangan Takut!
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com