Cuaca Kalsel Hari Pertama Lebaran, Simak Prediksi BMKG…. Deretan Masjid di Banjarmasin yang Gelar Salat Id Pagi Ini, Tetap Prokes Ya! Malam Lebaran, Kebakaran Gegerkan Warga Kuin Banjarmasin! Ngenes! Mau Tutup, Pengunjung Duta Mall Banjarmasin Malah Menurun H-1 Lebaran, Puluhan Pemudik Diputarbalik di Pos Penyekatan Tabalong!

Balapan Liar Saat Ramadan, Kasatlantas Tabalong Ingat Dipidana 1 Tahun

- Apahabar.com Senin, 12 April 2021 - 21:32 WIB

Balapan Liar Saat Ramadan, Kasatlantas Tabalong Ingat Dipidana 1 Tahun

Ilustrasi balap liar. Foto-Pool

apahabar.com, TANJUNG – Pada bulan Ramadan biasanya banyak aksi balapan liar di jalan umum yang dilakukan sejumlah anak muda, tidak ketinggalan di wilayah Kabupaten Tabalong.

Tapi apakah anda tau kalau balapan liar di jalan bukan untuk peruntukannya atau jalan umum ada pidananya?

Kapolres Tabalong AKBP M Muchdori melalui Kasat Lantas Iptu Narendra Rian Agusta menjelaskan, ada sanksi pidana bagi mereka yang melakukan balapan liar di jalan yang bukan peruntukannya, yaitu bisa dipidana 1 tahun penjara.

Hal itu sesuai dengan Pasal 297 Undang-Undang Lalu Lintas Nomor 22 Tahun 2009, yang mana setiap kendaraan bermotor yang digunakan untuk balapan liar di jalan tidak ditentukan akan dikenakan ancaman pidana 1 tahun dengan denda Rp3 juta.

“Untuk itu, kami mengimbau khususnya orang tua yang memiliki anak, guru yang memiliki murid untuk mengantisipasi anaknya atau anak didiknya supaya tidak menggunakan kendaraan jika mereka belum saatnya boleh berkendaraan, ” pinta Narendra, Senin (12/4) sore.

Ujar Narendra lagi, mengantisipasi terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat, pihaknya akan melakukan patroli bersama Satshabara dan Buser Satreskrim Polres Tabalong.

Patroli dilakukan sebelum sahur, tahun lalu Polres Tabalong banyak menindak aksi bagarakan sahur yang melanggar dan aksi balap liar.

Patroli dilakukan di titik-titik yang rawan dilakukan balapan liar, seperti seputaran Masjid Tanjung, Islamic Center, Jalan PHM Noor, Taman Giat Kota Tanjung, Pendopo Bersinar dan lainnya.

” Lokasi-lokasi yang sering dijadikan tempat balapan liar sudah kami kantongi, bersama Buser Satreskrim akan kami lakukan penindakan sesuai peraturan bila ada yang melanggar, ” ingat Iptu Narendra Rian Agusta.

Editor: M Syarif - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Waspada, Cuaca Ekstrem Ancam Empat Wilayah Hulu Sungai
apahabar.com

Kalsel

Puluhan Warga HST Ikuti Pelatihan, Istri Bupati Berharap Jadi Peluang Usaha
Dewan Beber Fakta Banjir di HSU yang Makin Menggila

Kalsel

Dewan Beber Fakta Banjir di HSU yang Makin Menggila
apahabar.com

Kalsel

Air Mancur, Pemandangan Baru di Tengah Kota Martapura

Kalsel

Tiba di Kediaman, Jenazah Guru Zuhdi Disambut Derai Air Mata
Tengkorak

Kalsel

Penemuan Tengkorak Kepala Manusia di Tala Masih Teka-Teki
apahabar.com

Kalsel

Motif Petani Tebas 2 Remaja di HSS Terungkap; Diganggu Saat Shalat

Kalsel

Puluhan Remaja Langgar Prokes Terjaring Razia di Tala
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com