Aglomerasi Banjar Bakula Ditiadakan, Banjarbaru Mulai Sekat Pemudik! Khotbah Tak Boleh Lewat 10 Menit, Tabalong Resmi Larang Takbir Keliling Dinonaktifkan KPK Saat Tangani Kasus Besar, Novel Siapkan Perlawanan  Tegas, Kapolda Kalteng Minta Anak Buahnya Larang Mudik di Kapuas Lucky Birthday Bjb 60versary Tawarkan Hadiah Jutaan Rupiah, Ayo Ikuti Promonya

Besok, Bandara Internasional Syamsudin Noor Resmi Layani Tes GeNose C-19

- Apahabar.com Kamis, 22 April 2021 - 12:31 WIB

Besok, Bandara Internasional Syamsudin Noor Resmi Layani Tes GeNose C-19

Florensius, saat melakukan trial sekaligus sosialisasi penggunaan GeNose C-19 di area kedatangan Internasional, Kamis (22/4/2021) siang. Foto-Nurul Mufidah

apahabar.com, BANJARBARU – PT Angkasa Pura I (Persero) resmi menggunakan layanan alat deteksi Covid-19 GeNose C-19 di Bandara Internasional Syamsudin Noor Banjarmasin di Banjarbaru, Jumat 23 April.

Hal tersebut sesuai dengan Surat Edaran Kementerian Perhubungan Nomor: SE 26 Tahun 2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Udara dalam Masa Pandemi Covid-19. GeNose C-19 sendiri dibanderol Rp40.000.

“Hari ini kita Angkasa pura trial penggunaan GeNose C-19. Untuk perjalanan udara. Besok tanggal 23 April baru di dipergunakan,” ujar General Manager Bandara Internasional Syamsudin Noor Amiruddin Florensius, Kamis (22/4/2021) siang.

Katanya, tes GeNose C-19 hadir sebagai alternatif lain, bukan sebagai pengganti rapid tes antigen. Dimana untuk masa berlaku GeNose yakni satu hari atau 1 x 24 jam.

“Jadi ini bisa jadi alternatif. Hari ini kita laksanakan trial mulai dari pendaftaran sampai menunggu hasil. Sejauh mana efeketifitasnya, sekaligus sosialisasi. Mari kita sama sama sampaikan ke masyarakat bahwa GeNose C-19 sudah ada,” jelasnya.

Selain murah, GeNose C-19 juga diklaimnya memberikan hasil yang lebih cepat ketimbang rapid tes antigen, sehingga mempermudah pengguna jasa bandara.

“Ini sudah standar berlakunya yaitu 1×24 jam, kecepatan hasilnya lebih cepat dari antigen, kurang lebih 3 menit, pengguna jasa bisa mengadopsi aplikasi di app store agar lebih cepat lagi prosesnya. Tadi kami mencoba secara manual,” ungkap Amiruddin.

Untuk diketahui, per harinya Bandara kebanggaan rakyat Kalsel itu menyiapkan 300 kantong alat tes GeNose C-19. Apabila kuota sudah terpenuhi, maka pelaksanaan tes GeNose C-19 dihentikan atau dilanjutkan ke esok harinya.

“Sehari 300 kantong kalau sudah memenuhi ya distop dulu. Karena ini pendistribusiannya terbatas,” pungkasnya.

Editor: M Syarif - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Tak Cuma Perwira, PHL Kebersihan Polres Batola Juga Dapat Penghargaan
apahabar.com

Kalsel

BNN Beber Tes Urine Remaja TikTok Asusila di Banjarmasin
apahabar.com

Kalsel

Patroli Dialogis, Polsek Banjarbaru Barat Bersinergi Ingatkan Prokes pada Warga
apahabar.com

Kalsel

Mau Nuntut Ilmu, Tiga Jemaah Haul Guru Sekumpul Asal Jawa Kehabisan Ongkos
apahabar.com

Kalsel

Cara Baru Kegiatan Belajar di SMKPPN Paringin, Orangtua Berbaur di Kelas
apahabar.com

Kalsel

Terancam Ditutup, Duta Mall Harus Lunasi Hutang Pajak Miliaran Rupiah
apahabar.com

Kalsel

Berkah Wisata Danau Seran, Bantu Perekonomian Warga Sekitar
Korban Penganiayaan

Banjarmasin

Derita ABG Korban Penganiayaan di Banjarmasin: Nangis Menahan Sakit, Tak Ada Biaya Berobat
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com