Fix, Presiden Jokowi Akan Resmikan Bendungan Tapin Resmikan Bendungan Tapin, Jokowi Bertolak ke Kalsel 5 RS Ngutang Darah Miliaran Rupiah ke PMI, DPRD Banjarmasin Turung Tangan Pembunuhan di Balikpapan, “Hukum Mati Praka MAM” Menggema di Rumah Duka Antisipasi Teror Bom, PLN Kalselteng Gandeng Polda Gelar Simulasi

BMKG: Hujan Sedang hingga Lebat Berpotensi Guyur Sebagian Wilayah Indonesia

- Apahabar.com Sabtu, 3 April 2021 - 08:38 WIB

BMKG: Hujan Sedang hingga Lebat Berpotensi Guyur Sebagian Wilayah Indonesia

Ilustrasi - Awan pekat menggelanyut dan sebagian wilayah diguyur hujan di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Sabtu (20/2/2021). Foto-Antara/Arnas Padda/yu/rwa

apahabar.com, JAKARTA – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini akan potensi hujan sedang hingga lebat di sebagian wilayah Indonesia pada Sabtu (3/4).

Adapun potensi hujan tersebut diprediksi di sebagian besar provinsi di Pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi.

melansir Antara, potensi terjadi hujan lebat dan angin kencang disertai guntur terjadi di Provinsi Aceh, wilayah Aceh Jaya, dan sekitarnya. BMKG mengeluarkan peringatan dini agar masyarakat di wilayah tersebut waspada terhadap dampak banjir.

Sementara di Provinsi Bali, masyarakat diminta waspada akan potensi hujan disertai petir dan angin kencang, serta tinggi gelombang laut yang dapat mencapai 2 meter di Selat Bali bagian selatan, Selat Badung, Selat Lombok bagian selatanz dan Samudra Hindia Selatan Bali.

Selanjutnya hujan sedang hingga lebat di Pulau Sumatera berpotensi terjadi di Provinsi Bangka Belitung, Bengkulu, Jambi, Lampung, Riau, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, dan Sumatera Utara.

Kemudian berpotensi hujan sedang hingga lebat di Banten, DKI Jakarta Jawa Barat, Jawa Timur, Maluku, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, dan Papua.

Selanjutnya berpotensi terjadi di Gorontalo Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Selatan.

Selain itu, BMKG mengeluarkan peringatan dini kewaspadaan peningkatan suhu udara dan penurunan curah hujan yang dapat memicu potensi mudahnya kebakaran hutan atau lahan di Kalimantan Barat.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Hadapi Karhutla, Kalsel Bentuk Satgas Doa hingga Salat Minta Hujan
Vaksin Sinopharm

Nasional

Bulan Ini, Bio Farma Akan Terima 500 Ribu Dosis Vaksin Sinopharm
kapolri

Nasional

Simak, Janji Kapolri Baru yang Dilantik Hari Ini
apahabar.com

Nasional

Puluhan Ribu Orang Ikut Festival Banyuwangi Bershalawat
SBY

Nasional

SBY Mengaku Bersalah Pernah Beri Jabatan pada Moeldoko
apahabar.com

Nasional

Rusuh Papua, Ratusan Napi Lapas Sorong Masih Kabur
apahabar.com

Nasional

Kunjungi Tol Balikpapan-Samarinda, Menteri Sabah: Tahniah buat Kaltim
Kemenkes: PSBB Depok, Bogor, Bekasi Sudah Disetujui

Nasional

Kemenkes: PSBB Depok, Bogor, Bekasi Sudah Disetujui
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com