Kebakaran Veteran Banjarmasin: 3 Rumah Ludes, Salah Satunya Milik Pol PP Dikira Asap dari Pembakaran Sampah, Ternyata 1 Rumah di Tanah Grogot Ludes Jelang Malam Tak Pulang, Pria Paruh Baya di HSS Ditemukan Jadi Mayat Banjarmasin Nyaris Kecolongan, Penumpang dari Surabaya Tak Punya Surat Bebas Covid-19 Misteri Surat Sakti Penggelembungan 5 Ribu Suara Banjar di Kamar 519

BMKG: Potensi Hujan Lebat Terjadi di Sebagian Besar Wilayah Indonesia

- Apahabar.com Kamis, 15 April 2021 - 08:40 WIB

BMKG: Potensi Hujan Lebat Terjadi di Sebagian Besar Wilayah Indonesia

Ilustrasi hujan. Foto-Istimewa

apahabar.com, JAKARTA – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini perihal potensi hujan lebat disertai kilat dan angin kencang di sebagian besar wilayah di Indonesia pada Kamis.

Dalam peringatan dini cuaca yang dilansir dari Antara, BMKG memprakirakan wilayah yang berpotensi mengalami hujan lebat disertai petir dan angin kencang, seperti di Aceh, Bali, Bangka Belitung, Banten, Bengkulu, DKI Jakarta, Gorontalo, Jambi, Jawa Barat, Jawa Timur.

Kemudian Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Lampung, Maluku, Maluku Utara, Papua Barat, Riau, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, dan Sumatera Utara.

Khusus di wilayah DKI Jakarta, BMKG memperingatkan masyarakat untuk waspada akan potensi hujan disertai kilat/petir di wilayah Jakarta Barat, Jakarta Selatan, dan Jakarta Timur pada siang hingga menjelang malam hari.

Sementara di Jawa Barat, hujan disertai kilat dan angin kencang berpotensi terjadi di Kota dan Kabupaten Bogor, Depok, Kota/Kabupaten Bekasi, Sukabumi, Cianjur, Purwakarta, Bandung Raya, Karawang, Subang, Indramayu, Sumedang, Garut, Tasikmalaya, Cirebon, Majalengka, Kuningan, dan Ciamis.

BMKG juga mengimbau masyarakat untuk mewaspadai gelombang tinggi hingga enam meter yang berpotensi di perairan Samudra Pasifik utara Papua dan Papua Barat.

“Potensi gelombang dengan kategori sangat tinggi 4-6 meter berpeluang terjadi di Samudra Pasifik utara Papua barat – Samudra Pasifik utara Papua,” ujar Kepala Pusat Meteorologi Maritim Eko Prasetyo.

Gelombang tinggi tersebut diprakirakan terjadi di beberapa wilayah perairan Indonesia antara 14 – 16 April 2021.

Sementara terkait Siklon Tropis Surigae diprakirakan akan berkembang menjadi badai tropis kuat (STS), bahkan topan/typhoon (TY) pada tanggal 16 April 2021.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengungkapkan saat ini bibit siklon tropis di Utara Papua telah berkembang menjadi Siklon Tropis Surigae yang bergerak ke arah barat laut mendekati wilayah Filipina.

“Akibatnya, saat ini terjadi peningkatan kecepatan angin rata-rata di wilayah Utara Sulawesi dan sekitarnya berkisar 8 – 20 knot,” ujar Dwikorita dalam keterangannya yang diterima di Jakarta.

 

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Nasional

Kadin Sambut Positif Penundaaan Pelonggaran Modal Asing
apahabar.com

Nasional

Relawan Vaksin Covid-19 China Jalani Tes Darah Kedua di Bandung, Apa Hasilnya?
apahabar.com

Nasional

PGI : Istilah ‘Kafir’ Ganggu Persaudaraan
apahabar.com

Nasional

Warga Nikmati Libur Lebaran di Pantai Tanah Kuning Kalimantan Utara
Makassar

Nasional

Termasuk Ahli Bom, Densus Bekuk 4 Tersangka Teroris di Makassar
apahabar.com

Nasional

Densus 88 Tembak Mati 2 Terduga Teroris di Bekasi, 2 Orang Kabur
apahabar.com

Nasional

Jepang Intip Rencana Perpindahan Ibu Kota ke Kalimantan
apahabar.com

Nasional

Hari Pers, AJI Balikpapan: Jangan Sekadar Seremoni
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com