Sudah Ditemukan, Jasad Korban Longsor di Batu Bini HSS Dievakuasi Besok Banjir di Haruyan HST Berangsur-Angsur Surut, BPBD Imbau Warga Tetap Siaga Lebaran di Lapas Balikpapan, Antre Video Call Lepas Rindu Kasus Covid di Balikpapan Melandai, Hari Ini Hanya Bertambah 5 Orang Banjir di Satui Tanbu, Ratusan Jiwa Mengungsi

BNPB: 8 Meninggal Dunia akibat Gempa Malang

- Apahabar.com Minggu, 11 April 2021 - 19:59 WIB

BNPB: 8 Meninggal Dunia akibat Gempa Malang

Gempa yang mengguncang Malang menyebabkan banyak bangunan rusak. Foto-Ist

apahabar.com, JAKARTA – Gempa bumi di dekat Kabupaten Malang, Jawa Timur, menelan delapan korban jiwa. Sementara, 16 kabupaten/kota dinyatakan mengalami kerusakan.

“Sampai hari ini terdata korban jiwa yang meninggal dunia ada delapan orang di Jawa Timur dampak dari gempa bumi ini,” kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Raditya Jati, Minggu (11/4) dilansir Antara.

Rinciannya, lima orang meninggal dunia di Kabupaten Lumajang dan tiga orang korban jiwa di Malang. Kebanyakan dari mereka meninggal dunia akibat tertimpa material bangunan.

Selain itu terdapat 39 orang yang mengalami luka-luka dan 642 unit rumah mengalami rusak berat, 845 rumah rusak sedang, 1.361 rumah rusak ringan dan 179 unit fasilitas umum rusak.

Gempa magnitudo 6,1 dengan episenter atau pusat gempa berada 90 kilometer selatan Kepanjen, Kabupaten Malang, itu berdampak pada kerusakan dan korban jiwa di 16 kota/kabupaten.

Daerah yang mengalami kerusakan dan korban jiwa itu adalah Kabupaten Malang, Lumajang, Pasuruan, Blitar Trenggalek, kota Blitar, kota Malang, kota Kediri, Probolinggo, Ponorogo, Jember, Tulungagung, kota Batu, Nganjuk, Pacitan dan Bondowoso.

Raditya menjabarkan bahwa gempa susulan telah terjadi sebanyak delapan kali, menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). Guncangan terbesar dirasakan pada hari ini ketika gempa magnitudo 5,3 terjadi di sekitar lokasi yang sama.

Kepala BNPB Doni Monardo juga telah menyambangi lokasi gempa setelah meninjau lokasi bencana banjir bandang di Nusa Tenggara Timur.

“Tadi sore Kepala BNPB dari Kupang langsung menuju Malang, Jawa Timur, meninjau lokasi dan telah bertemu dengan ibu Gubernur Jawa Timur, UPT dan pemerintah daerah dan langsung menuju lokasi terdampak,” ujar Raditya.

Editor: Fariz Fadhillah - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

10 Siswa Setukpa Dinyatakan Sembuh dari Covid-19
apahabar.com

Nasional

Begini Sikap MUI Tentang Kasus Anjing Masuk Masjid
apahabar.com

Nasional

PAN Berhentikan Ketua DPW Kalsel karena Dukung Jokowi-Ma’ruf
apahabar.com

Nasional

2 Pria Banjarmasin Sembunyikan Ribuan Gram Sabu di Karung Bulog
apahabar.com

Nasional

Terungkap! Ini Asal Usul Presiden Joko Widodo Dipanggil ‘Jokowi’
Indonesia

Nasional

Bertambah 7.199, Positif Covid-19 di Indonesia Jadi 692.838 orang
apahabar.com

Nasional

Adik Tertangkap Sabu, Pasha Ungu Cuma Bisa Video Call
apahabar.com

Nasional

Hindari Stres Usai Libur Lebaran
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com