Jelang Sahur, Jago Merah Ngamuk di Ratu Zaleha Banjarmasin Motor Vs Motor di Paharuangan Kandangan, Pemuda Simpur Tewas Seketika Duduk Perkara Viral Pria Bersajam Ngamuk di Nagasari Banjarmasin hingga Bergumul dengan Polisi Gunung Sinabung Kembali Luncurkan Awan Panas Setinggi 500 Meter Kepung Serda Nurhadi, Belasan Pelaku Diamankan Polisi dan TNI

BPOM HSU Lakukan Intensifikasi Keamanan Pangan Selama Ramadan

- Apahabar.com Kamis, 15 April 2021 - 14:55 WIB

BPOM HSU Lakukan Intensifikasi Keamanan Pangan Selama Ramadan

Petugas BPOM memeriksa makanan yang dijual. Foto-Istimewa

apahabar.com, PARINGIN – Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Hulu Sungai Utara melakukan intensifikasi pengawasan keamanan produk pangan, khususnya selama Ramadan.

Kepala Badan POM HSU Bambang Hery Purwanto mengatakan, pengambilan dan pengujian sample terhadap sejumlah makanan yang banyak dijual pada bulan Ramadan ini, untuk memastikan bahwa pangan tersebut tidak mengandung bahan berbahaya.

Selain pengambilan sample, Badan POM HSU juga mengintensifikasikan pemeriksaan toko dan lapak selama Ramadan hingga Hari Raya Idul Fitri.

“Di toko-toko makanan kita melakukan pemeriksaan untuk memastikan tidak adanya pangan ilegal, dan pangan kadaluarsa yang dijual oleh toko-toko ritel,” ujarnya.

Sebagai tindak lanjut, apabila ditemukan pangan yang mengandung bahan berbahaya maka pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan, untuk melakukan pembinaan terhadap toko maupun lapak agar tidak lagi menjual produk tersebut.

Dengan ini Bambang menambahkan pihaknya juga meminta para pelaku usaha untuk mematuhi aturan dan melakukan pengawasan internal terkait kualitas produknya.

Selain itu, dia juga mengimbau agar masyarakat sebagai konsumen memiliki kesadaran dan kewaspadaan untuk memilih produk yang aman.

Adapun untuk target intensifikasi ini sendiri difokuskan pada pangan olahan yang Tidak Memenuhi Ketentuan (TMK) antara lain pangan tanpa izin edar/ilegal, kadaluwarsa, serta jajanan berbuka puasa atau takjil yang mengandung bahan berbahaya.

Editor: M Syarif - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Terungkap, Ewin Tato Ngamuk di Simpang Belitung Gara-Gara Dituduh Curi Besi
apahabar.com

Kalsel

Ruangan Terbatas, Keluarga Saksikan Pelantikan dari Layar Monitor

Kalsel

Bupati Tabalong Kukuhkan Pengurus DPC Apdesi Periode 2020-2025
apahabar.com

Kalsel

Kreatifitas Putri Kesultanan Banjar Bantu Tanggulangi Covid-19
apahabar.com

Kalsel

Diserahkan ke Jaksa dan Dikawal Ketat Petugas, Lihan: No Coment

Kalsel

Peringati Hari Bumi, Walhi Kalsel Desak Pemerintah Cabut UU Perusak Lingkungan
apahabar.com

Kalsel

Polresta Banjarmasin Gelar Rapat Koordinasi Jelang Nataru

Kalsel

Mampir ke Banjarmasin, Sandi Diteriaki “Wakil Presiden, Wakil Presiden”
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com