Sudah Ditemukan, Jasad Korban Longsor di Batu Bini HSS Dievakuasi Besok Banjir di Haruyan HST Berangsur-Angsur Surut, BPBD Imbau Warga Tetap Siaga Lebaran di Lapas Balikpapan, Antre Video Call Lepas Rindu Kasus Covid di Balikpapan Melandai, Hari Ini Hanya Bertambah 5 Orang Banjir di Satui Tanbu, Ratusan Jiwa Mengungsi

BUMDes Mati Suri, BPD Murung Karangan Desak Inspektorat Tabalong Lakukan Audit

- Apahabar.com Rabu, 21 April 2021 - 13:18 WIB

BUMDes Mati Suri, BPD Murung Karangan Desak Inspektorat Tabalong Lakukan Audit

Ketua BPD Murung Karangan, Rijal Ilmi, menunjukan surat yang dikirim kepada Bupati Tabalong. Foto: apahabar.com/Muhammad Al-Amin

apahabar.com, TANJUNG – Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Murung Karangan, Kecamatan Muara Harus, mengirim surat kepada Bupati Tabalong terkait pengelolaan keuangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di desa mereka.

Penyebabnya adalah ketiadaan laporan pertanggungjawaban keuangan BUMDes oleh semua pengelola.

Dalam surat itu, BPD Murung Karangan memohon kepada Bupati Tabalong agar bersikap dan menginstruksikan kepada Inspektorat sebagaimana mestinya.

“Surat itu menjadi pintu masuk Inspektorat Tabalong dalam melakukan audit terhadap pengelolaan BUMDes di Desa Murung Karangan,” papar Ketua BPD Murung Karangan, Rijal Ilmi, Rabu (21/4).

Permintaan audit tersebut harus dilakukan, karena BUMDes sudah mati suri tanpa pertanggungjawaban keuangan dari pengelola.

“Sejak mulai beroperasi 2018 lalu, BUMDes hanya aktif sekitar 1,5 tahun. Kemudian mereka tidak pernah lagi menjalankan usaha di bidang sembako, karena semua barang sudah habis,” jelas Rijal Ilmi.

Padahal untuk membangun BUMDes tersebut, Desa Murung Karangan mengeluarkan modal penyerta sebesar Rp80 juta. Itu belum termasuk biaya mendirikan kantor BUMDes senilai lebih dari Rp200 juta.

“Sebenarnya BPD dan masyarakat Desa Murung Karangan sudah berupaya meminta kejelasan kepada pengelola. Namun sampai sekarang belum juga diberikan,” papar Rijal Ilmi.

“Kemudian difasilitasi Kecamatan Muara Harus, kami bertemu pengelola dan mereka berjanji membuat laporan. Faktanya laporan itu tak pernah ada, sampai akhirnya kami berkirim surat kepada Bupati Tabalong,” tandasnya.

Editor: Bastian Alkaf - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Petugas saat memadamkan api dilokasi kebakaran. Foto - Istimewa.

Tabalong

Sering Terjadi Kebakaran, Damkar Tabalong Imbau Warga Periksa Keadaan Rumah
apahabar.com

Tabalong

Pembagian BST di Pugaan, Disertai Sosialisasi Perbup No 26

Tabalong

Puluhan IKM Tabalong Pasarkan Produknya di Mini Expo Plaza Barunak
Ampukung

Tabalong

Si Jago Merah Berkobar di Ampukung Tabalong, 4 Buah Rumah Ludes
Simpan Sabu

Tabalong

Simpan Sabu, Dua Remaja Tabalong Ditangkap di Halaman Gedung Sarabakawa
apahabar.com

Tabalong

Satpol PP Tabalong Pantau Keberadaan Badut Jalanan
Anggota Polisi

Kalsel

Ratusan Anggota Polisi di Tabalong Jalani Vaksinasi Covid-19
Saraba Kawa

Tabalong

Putra Putri Saraba Kawa di Tabalong Launching Gerakan Sedekah Sampah
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com