Kucurkan Rp2 Miliar, Banjarmasin Tancap Gas Perpanjang PPKM Mikro Lagi, Polres Tabalong Tangkap Pemilik Senjata Api Ilegal Blakblakan Duta Mall Banjarmasin Terpaksa Tutup Selama Lebaran Viral Pria Bersajam Vs Polisi-Warga di Nagasari Banjarmasin, Pelaku Diancam Pasal Berlapis! Sidang Kedua, Eks Dirut Baramarta Kukuh Hasil Korupsi Dinikmati Berjemaah

Dampak Pandemi, Puluhan Perpusdes di Kapuas Tidak Aktif

- Apahabar.com Jumat, 16 April 2021 - 20:24 WIB

Dampak Pandemi, Puluhan Perpusdes di Kapuas Tidak Aktif

Tim Dinas Kearsipan dan Perpustaka (Disarpustaka) Kabupaten Kapuas saat mengunjungi Perpustakaan Desa Bungai Jaya, Kecamatan Basarang, Kapuas. Foto-Istimewa

apahabar.com, KUALA KAPUAS – Sebanyak 135 desa di Kabupaten Kapuas, Kalteng, telah memiliki perpustakaan desa (Perpusdes), namun yang aktif hanya sekitar 43 perpustakaan desa saja.

“Hasil monitoring kami terakhir kemarin terhadap perpustakaan desa, yang aktif hanya sekitar 43 Perpusdes saja,” kata Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarpustaka) Kabupaten Kapuas, Komari, di Kuala Kapuas, Jumat (16/4).

Menurut Komari, banyak tidak aktifnya perpustakaan desa di Kabupaten Kapuas salah satunya disebabkan kondisi pandemi Covid-19 saat ini.

“Perpusdes tidak aktif kami maklumi karena situasi dan kondisi pandemi saat ini. Meskipun demikian kami akan tetap turun ke lapangan untuk membina semua perpustakaan di desa,” ujarnya.

Komari pun berharap pandemi cepat berlalu sehingga sekolah pun bisa mulai tatap muka kembali dan perpustakaan pun bisa mulai aktif kembali dan menggeliat.

Menurut Komari, perpustakaan desa sangat penting sekali dan juga memang sudah lama diajurkan bahwa setiap desa minimal harus ada satu perpustakaan.

“Karena perpustakaan ini-kan supaya orang gemar membaca, selain itu tempat orang berdiskusi, tempat orang mencari ilmu. Karena diperpustakaanlah tempat segala ilmu pengetahuan,” ucapnya.

Untuk itu, Komari kembali berharap setiap desa harus memiliki perpustakaan. “Kalau kelurahan minimal pojok baca, harus disediakan tempatnya dan juga harus disediakan pula anggaran untuk pengadaan bukunya,” pungkasnya.

Editor: M Syarif - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalteng

Sungai Bengaris Meluap, Puluhan Rumah di Muara Teweh Terendam
Covid-19

Kalteng

Update Covid-19 Kapuas: Positif Tambah 25 Orang
apahabar.com

Kalteng

Cegah Covid-19 di Jalur Perairan, Dishub Kapuas Periksa Kapal
apahabar.com

Kalteng

Genjot SDM TIK, Kapuas Bidik Smart City
apahabar.com

Kalteng

Gerak Cepat Pemkab Kapuas Bantu Korban Terdampak Kebakaran
covid-19 kapuas

Kalteng

Update Covid-19 Kapuas: Sembuh 28 Orang, 1 Positif
apahabar.com

Kalteng

RS Doris Sylvanus Kewalahan Tampung Pasien Covid-19, Apa Solusinya?

Kalteng

Wapres Ma’ruf Resmikan Bandara HM Sidik Muara Teweh, Diharapkan Beri Kesejahteraan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com