Memanas, Tim Ibnu-Ariffin Mau Polisikan Sosok Diduga Jurkam AnandaMu Buntut Transkrip! Waspada, Hujan Berpetir dari Kaltim hingga Kalteng Imbas Siklon Surigae Geger! Wanita Hampang Kotabaru Tewas Bersimbah Darah Didatangi Dinkes, 5 RS di Banjarmasin Langsung Bayar Tunggakan Darah Kebakaran di Tapin, Rumah dan Kendaraan Hangus Dilalap Api

Denny Bongkar Sosok Penyebar Video Black Campaign Berbau SARA

- Apahabar.com Rabu, 7 April 2021 - 17:33 WIB

Denny Bongkar Sosok Penyebar Video Black Campaign Berbau SARA

Denny Indrayana menganggap apa yang dilakukan Rikval sebagai bentuk kampanye hitam. apahabar.com/Syahbani

apahabar.com, BANJARMASIN – Kedatangan Denny Indrayana ke Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Kalsel pagi tadi cukup menyentak perhatian publik.

Pemicunya adalah sebuah konten dan video bermuatan Suku, Agama, Ras, dan Antargolongan (SARA) di media sosial. Denny tampak gerah dengan video berdurasi 3 detik itu lantaran dituding anti-zakat fitrah. Padahal, menurutnya dirinya hendak menjelaskan prinsip anti-politik uang.

Lantaran dipangkas, dimanipulasi dan diedit sedemikian rupa, video yang kemudian disebarluaskan di medsos itu tampak menunjukkan Denny anti-zakat fitrah.

“Saya hendak menjelaskan prinsip antipolitik uang. Karena ini menjelang lebaran dalam bentuk parsel, dan seolah-olah zakat fitrah. Video saya itu dengan sengaja diedit yang seolah-olah saya menolak zakat fitrah,” ujar Denny, Rabu (7/4).

Denny

Denny Indrayana menganggap apa yang dilakukan Rikval sebagai bentuk kampanye hitam. apahabar.com/Syahbani

Lantaran bermuatan isu Suku, Agama, Ras, dan Antargolongan (SARA), Denny memilih melaporkan video itu ke Polda Kalsel. Rikval Fachruri sebagai terlapornya. Denny menduga Rikval sebagai orang yang telah menyebarluaskan video berdurasi tiga detik ke media sosial.

Resmi, Bawaslu Rilis Larangan Kampanye di PSU Pilgub Kalsel

Lantas siapakah Rikval orang yang dilaporkan Denny?

Dari penelusuran media ini, Rikval adalah Ketua DPD Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) Kalsel yang dilantik oleh Ketua DPP AMPI, Dito Ariotedjo, 26 Oktober 2019 lalu.

AMPI dikenal sebagai wadah pembinaan, komunikasi, pemersatu generasi muda yang berorientasi karya dan kekaryaan. Saat ini, AMPI juga dikenal sebagai underbow salah satu partai politik pendukung rival Denny. Keberadaan AMPI kini digantikan AMPG sebagai sayap partai. Coba dikonfirmasi, salah satu petinggi partai tersebut enggan mencampuri urusan Rikval.

Sementara, Rikval sendiri bak hilang ditelan bumi. Upaya konfirmasi media ini masih belum direspons yang bersangkutan.

Lanjut Denny, pihaknya melaporkan Rikval karena dari bukti-bukti yang dikantonginya mengarah ke Rikval. Sebuah tangkapan layar menunjukkan akun bernama Rikval telah mengupload video tersebut di status WhatsApp-nya.

“Jadi kami mendapat bukti-bukti digital bahwa yang bersangkutan men-share berita itu melalui smartphone dia ke media sosial. Karena itulah saya laporkan,” bebernya.

Adapun pasal yang dilaporkan Denny yakni pasal 45A ayat 2 UU 19/2016 (ITE) disebutkan; setiap orang yang dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan individu dan/atau kelompok masyarakat tertentu berdasarkan atas suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA) sebagaimana dimaksud dalam Pasal 28 ayat (2) dipidana dengan pidana penjara paling lama 6 (enam) tahun dan/atau denda paling banyak Rp1 miliar.

“Ini menurut saya sudah melanggar batas-batas. Silakan melakukan kampanye tapi tidak kampanye hitam, fitnahan, dan bersinggungan dengan isu SARA. Ini kan terkait agama. Bukan main-main,” tegasnya.

Denny Indrayana Lapor ke Polda Kalsel Buntut Video Berbau SARA

Editor: Fariz Fadhillah - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Banjarmasin

Banjarmasin

Pembongkaran Mandek, Satgas Normalisasi Sungai Banjarmasin Ke Mana?

Banjarmasin

Pelambuan Membara, Belasan Rumah Terbakar Dini Hari
Kios Pasar Kuripan

Banjarmasin

Usai Kios Pasar Kuripan Dibongkar, Pemkot Banjarmasin Incar Ruko dan TPS Veteran
Banjarmasin

Banjarmasin

Didatangi Dinkes, 5 RS di Banjarmasin Langsung Bayar Tunggakan Darah
Aman

Banjarmasin

Buntut Ricuh, Polisi Sidik Dugaan Penganiayaan di Safari Subuh Denny Indrayana 
Plh Wali Kota Banjarmasin

Banjarmasin

Masa Jabatan Ibnu-Herman Habis, Mukhyar Resmi Isi Plh Wali Kota Banjarmasin
Banjarmasin

Banjarmasin

Air Pasang Belum Menerjang, Pedagang di Pasar Sudimampir Banjarmasin Tutup Lebih Awal
ritel modern

Banjarmasin

Ritel Modern di Banjarmasin Bertambah, Pedagang Tradisional Makin Menjerit
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com