Kampung Ambon Digerebek Lagi! Pistol-Narkoba hingga Pesawat Nirawak Diamankan Penumpang Kapal Feri Kotabaru-Batulicin Menyusut 60 Persen Rayakan HUT ke-60, Bank Bjb Gelar Promo di Ratusan Merchant Duh, Keripik Singkong Tanpa Label Usang Dijual Bebas di Banjarmasin Pj Gubernur Kalsel: Larangan Mudik Berlaku Lintas Provinsi dan Kabupaten

Dikira Rongsokan, Warga Balikpapan Temukan Bom Perang Dunia II Jelang Buka Puasa

- Apahabar.com Senin, 19 April 2021 - 21:45 WIB

Dikira Rongsokan, Warga Balikpapan Temukan Bom Perang Dunia II Jelang Buka Puasa

Bom militer diduga sisa Perang Dunia II ditemukan warga saat menggali tanah urug jelang waktu berbuka. Foto-Istimewa

apahabar.com, BALIKPAPAN – Warga Jalan Ranah RT 59 Batu Ampar, Kecamatan Balikpapan Utara, Kota Balikpapan, Kaltim dibuat geger saat menjelang waktu berbuka puasa, Senin (19/4).

Pasalnya warga menemukan benda mencurigakan ketika sedang menggali untuk meratakan tanah urug yang ternyata menemukan yang diduga peninggalan bom militer Perang Dunia II.

Warga pun terkejut dan langsung melaporkan kejadian itu ke Ketua RT serta aparat kepolisian.

Dalam hal ini personel Unit Jibom Detasemen Gegana Satbrimob Polda Kaltim yang dipimpin Iptu Sigit Purnomo turun ke lokasi kejadian melaksanakan evakuasi temuan bom militer tersebut.

“Ada laporan dari warga bahwa ditemukan bom militer perang dunia kedua saat gali tanah urug. Tim Gegana langsung menuju lokasi kejadian untuk evakuasi,” kata Dansat Brimob Polda Kaltim, Kombes Pol John Huntal Sarjananto Sitanggang.

Penemuan tersebut bermula saat warga yang menggali tanah urug tersebut menyentuh benda keras. Saat dipastikan dengan cara digali dan mengangkatnya dengan linggis, warga mengira benda tersebut hanyalah rongsokan. Namun saat diperiksa rupanya bom militer yang diduga peninggalan sisa PD II.

John mengimbau kepada masyarakat agar tetap berhati-hati ketika menemukan benda yang mencurigakan dari dalam tanah dan segera melaporkan kepada pihak kepolisian.

“Jangan digoyang goyang apalagi dikeluarkan menggunakan linggis karena sangat berbahaya. Kami dari Unit Jibom dengan respon cepat akan segera melaksanakan evakuasi benda tersebut,” ujarnya.

Unit Jibom yang langsung datang ke TKP melaksanakan evakuasi temuan Bom Militer tersebut dan langsung mengidentifitasi spesifikasi bom militer. Di mana bom tersebut jenis proyektil dengan panjang 25 sentimeter dan dengan fuse aktif.

Kegiatan evakuasi tersebut setelah di laksanakan akan langsung segera di evakuasi untuk segera di laksanakan pendisposalan bom militer.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Tenggelam

Kaltim

Usai Minum Kopi di Warung, Pemilik Speed Boat Diduga Tenggelam di Sungai Mahakam
apahabar.com

Kaltim

Izin Usaha Kaltim Masih Dominan Sektor Pertambangan
apahabar.com

Kaltim

Bupati Penajam: Jangan Ada Lagi Masyarakat Ditolak BPJS
apahabar.com

Kaltim

Kuasa Hukum Ungkap Kondisi Tapol Papua yang Ditahan di Kaltim
apahabar.com

Kaltim

Dua Tahun, 14 Kasus Perdagangan Orang Terjadi di Kaltim
apahabar.com

Kaltim

Kaltim Canangkan Program TK Negeri Sampai Desa
apahabar.com

Kaltim

Diganjar Harmony Award, Bukti Kaltim Toleran
apahabar.com

Kaltim

Pendapatan Daerah Kaltim Bertambah Ratusan Miliar
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com