Breaking: Kapal Selam TNI AL Dikabarkan Hilang Kontak Kuasa Hukum AF Minta Kejari Tanbu Tunjukkan Bukti Kerugian Negara Duh, DLH Tabalong Tak Pernah Lihat Dokumen Pascatambang ADARO Melihat Sidang Perdana Kasus Korupsi Kursi di Tanah Bumbu, Audit Tak Dilakukan BPK! AnandaMu Dihentikan, Kasus SARA Ustaz HA Berlanjut ke Polisi!

Ditengah Kesibukan, Serda Kardi Sukses Budidayakan Madu Kelulut

- Apahabar.com Sabtu, 3 April 2021 - 16:15 WIB

Ditengah Kesibukan, Serda Kardi Sukses Budidayakan Madu Kelulut

Serda Kardi, Anggota TNI Kodim 1010/Rantau yang sukses membudidayakan madu kelulut. Sumber: Istimewa

apahabar.com, RANTAU – Di tengah kesibukannya bertugas sebagai anggota TNI Kodim 1010/Rantau, Serda Kardi memanfaatkan waktu luang dengan membudidayakan madu kelulut di belakang rumahnya.

Pria yang akrab disapa Serda Kardi itu bertugas di Koramil 1010-02/Tapin Tengah sebagai Babinsa di Desa Parigi, Kecamatan Tapin Tengah, Kabupaten Tapin.

Serda Kardi mengatakan ilmu budidaya madu kelulut didapatnya dari rekan sejawatnya yang terlebih dulu membudidayakan madu kelulut.

“Awalnya belajar dari salah seorang teman, sehingga setiap pulang berdinas saya terus mencoba, minimal untuk mengisi waktu luang di sore hari,” ungkapnya, Sabtu (3/4).

Budidaya madu kelulut ini sudah digeluti Serda Kardi kurang lebih satu tahun. Dari hasil kerja kerasnya, dia sudah mendapatkan hasil yang memuaskan.

“Alhamdulillah, berkat budidaya madu kelulut ini, sampai saat ini saya sudah memiliki kurang lebih 20 sarang dan sekali panen bisa menghasilkan sekitar sembilan botol (450 ml) dan setiap satu botolnya dijual dengan harga 150 ribu,” jelasnya.

“Saya bersyukur apalagi dengan adanya musim pandemi Covid-19 seperti sekarang ini perlu ada biaya tambahan lebih karena harga kebutuhan pokok rumah tangga banyak yang naik,” tutur Serda Kardi.

Untuk membudidayakan madu kelulut, sambungnya, kendala hampir tidak ada.
“Kecuali jika bunga untuk makanan kelulut itu tidak banyak, baru hasil madunya berkurang. Karena mungkin serapan makanannya (bunga) minim,” jelasnya.

Mengutip Wikipedia, kelulut yang bernama latin trigona thoracica adalah serangga lebah tanpa sengat atau jenis meliponine yang banyak hidup di iklim tropis seperti Indonesia.

Kelulut menghasilkan madu yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, bahkan secara turun temurun sudah banyak digunakan menjadi obat tradisional.

Madu kelulut diklaim memiliki beberapa kelebihan, seperti kadar air dan tingkat keasaman lebih tinggi, tingkat karbohidrat total lebih rendah, juga tingkat antioksidan lebih tinggi. Dengan mengonsumsi madu ini dipercaya dapat mengobati beberapa penyakit, antara lain antiradang, diabetes, dan berpotensi anti kanker serta antimikroba.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Tapin

Patuhi Anjuran Pemerintah, Pergantian Tahun di Rantau Tanpa Keramaian
Tapin

Tapin

PT. BMB Blok Dua Serahkan Beasiswa Ratusan Juta untuk Pelajar Tapin
apahabar.com

Tapin

Selangkah Lagi, Bendungan Tapin Tinggal Menunggu Rekomendasi Pengoperasian

Kalsel

Tabrakan Beruntun di Tatakan Tapin, Diduga Gegara Sopir Ngantuk

Tapin

Security PT AGM Nyolong Kabel, Perusahaan Rugi Ratusan Juta
excavator

Tapin

Excavator Terseret Longsor di Tapin, Operatornya Tewas
rsud datu sanggul rantau

Kalsel

April 2021, RSUD Datu Sanggul Rantau Akan Buka Pelayanan Hemodialisis

Tapin

Kail Pancing Sangkut di Kabel Listrik, Buruh Sawit di Tapin Meregang Nyawa
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com