Kebakaran Veteran Banjarmasin: 3 Rumah Ludes, Salah Satunya Milik Pol PP Dikira Asap dari Pembakaran Sampah, Ternyata 1 Rumah di Tanah Grogot Ludes Jelang Malam Tak Pulang, Pria Paruh Baya di HSS Ditemukan Jadi Mayat Banjarmasin Nyaris Kecolongan, Penumpang dari Surabaya Tak Punya Surat Bebas Covid-19 Misteri Surat Sakti Penggelembungan 5 Ribu Suara Banjar di Kamar 519

DPMD Balangan Gali Peningkatan Ekonomi Berbasis Potensi Daerah

- Apahabar.com Kamis, 22 April 2021 - 16:08 WIB

DPMD Balangan Gali Peningkatan Ekonomi Berbasis Potensi Daerah

Kepala DPMD Balangan, Urai Nur Iskandar. Foto: Istimewa

apahabar.com, PARINGIN – Untuk mewujudkan perekonomian berbasis sumber daya alam atau potensi daerah, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) akan menghadirkan 73 Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dari 154 desa yang ada di Kabupaten Balangan.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Balangan, Urai Nur Iskandar, menyampaikan pihaknya akan mengadakan pelatihan dengan membuat kelas-kelas sesuai kebutuhan mereka.

Seperti desa yang sudah memiliki BUMDes akan diberikan teori tentang manajemen dan keuangan. Untuk desa yang akan membentuk BUMDes akan pihaknya berikan teori tentang mekanisme pembentukan.

“Dan untuk desa yang sama sekali tidak tertarik kita berikan teori tentang manfaat dan peran BUMDes dalam meningkatkan perekonomian desa,” ujarnya, Kamis (22/4).

Urai bilang, dari 73 BUMDes, ada pertumbuhan sebanyak 44 BUMDes, 28 tahap berkembang, dan satu dalam tahap maju.

“Karenanya untuk mendukung pertumbuhan hingga menjadi tahap maju, pihaknya akan melakukan pelatihan untuk memberdayakan dan mengembangkan keberadaan BUMDes yang ada di Kabupaten Balangan,” jelasnya.

Selain itu, selaras dengan visi misi dari Bupati Balangan tentang pemberdayaan dan pengembangan BUMdes pihaknya akan melakukan kolaborasi dengan instansi terkait, dalam hal pengembangan unit usaha, serta bentuk kerja sama dan lain-lain akan disesuaikan pada program selanjutnya

Disebutkannya, kendala untuk pembentukan BUMDes, salah satunya terkait Sumber Daya Manusia (SDM) setempat.

“Kepala desa kesulitan mencari orang yang mau tapi memiliki kemampuan, di mana beberapa alasan yang diutarakan yakni ada yang mau tetapi tidak mampu dan sebaliknya mampu tetapi tidak mau,” imbuhnya.

Urai menjelaskan, dengan kemajuan BUMDes, akan bisa meningkatkan perekonomian masyarakat dan BUMDes itu sendiri nantinya lebih meningkatkan perannya.

“Banyak hal yang bisa di gali untuk meningkatkan BUMDes demi ekonomi kerakyatan, diantaranya dengan memanfaatkan wisata desa atau apa saja dalam rangka meningkatkan perekonomian desa,” pungkasnya.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Pemkab Balangan

Guru Bakhiet Hadiri Pemasangan Tiang Pancang Pembangunan Masjid As Saadah
PT Taspen

Pemkab Balangan

BKD Balangan Bersama PT Taspen Tanda Tangani Rekonstruksi Data JKM
Balangan

Kalsel

Hari Kedua Ngantor, Bupati Abdul Hadi Sidak RS Balangan
apahabar.com

Pemkab Balangan

Bupati Balangan Minta Warga di Areal Tambang Diberi Pelatihan
apahabar.com

Pemkab Balangan

Sosialisasi Pilkada 2020 di Tengah Pandemi, Plt Bupati Balangan: Jujur, Aman, Sehat dan Damai
apahabar.com

Pemkab Balangan

Pemkab Balangan Terima Penghargaan Kapabilitas APIP Level 3
apahabar.com

Pemkab Balangan

Ketua DPRD Apresiasi Langkah Cepat Pemkab Balangan Salurkan Bantuan Sosial
apahabar.com

Pemkab Balangan

Jadi Akses Vital Masyarakat, Ansharuddin Pantau Pembangunan Jembatan Halong
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com