Wah, AS Mulai Tak Wajibkan Warganya Pakai Masker & Jaga Jarak Update Saham Spanyol, Indeks IBEX 35 Tergelincir 0,46 Persen Update Saham Inggris, Indeks FTSE 100 Tergerus 0,59 Persen Update Saham Jerman, Indeks DAX 30 Naik 49,46 poin Lebaran Pertama, Rumah hingga Jalan Provinsi di Satui Tanah Bumbu Terendam

Duh, Oknum ASN di Pulang Pisau Kedapatan Edarkan Sabu

- Apahabar.com Kamis, 15 April 2021 - 18:05 WIB

Duh, Oknum ASN di Pulang Pisau Kedapatan Edarkan Sabu

Oknum ASN saat dimintai keterangan oleh Direktur Resnarkoba Kombes Pol Nono Wardoyo. Foto: Istimewa

apahabar.com, PALANGKA RAYA – Direktorat Reserse Narkoba Polda Kalteng meringkus seorang oknum Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Pulang Pisau, karena menjadi pengedar narkotika jenis sabu.

Fransisco Wira Abdi (39) ditangkap bersama barang bukti empat paket sabu seberat 147,45 gram di rumahnya Jalan Tingang Menteng, Pulang Pisau, Kalteng, Sabtu (10/4).

Layaknya bertindak sebagai pengedar, dari kediaman pelaku turut diamankan dua pak plastik klip belum terpakai, timbangan digital berwarna silver dan uang tunai sebesar Rp 2.000.000.

Direktur Resnarkoba Polda Kalteng, Kombes Pol Nono Wardoyo, membenarkan penangkapan tersebut, ia pun turut menyayangkan dan membenarkan bahwa bahaya narkoba kini tidak hanya meracuni masyarakat biasa yang pendidikannya rendah, namun juga telah masuk ke seluruh lapisan masyarakat.

“Dalam pemeriksaan yang kita lakukan, aksi mengedarkan sabu dilakukan sejak Januari 2021. Selain pengedar, pelaku juga pengguna aktif narkoba. Seperti pepatah sambil menyelam minum air,” katanya, Kamis (15/4).

Setiap melakukan transaksi, lanjut Nono, barang sabu tersebut berasal dari bandar yang ada di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Menggunakan komunikasi handphone, barang haram itu akan dikirimkan ke pelaku berdasarkan lokasi yang sudah ditentukan.

“Sama halnya dengan pengedar yang selalu kita tangkap, pelaku ini juga menggunakan jaringan terputus. Setiap transaksi hanya melalui telepon genggam tanpa pernah bertemu sebelumnya,” ungkapnya.

Nono menambahkan, selain oknum ASN, pihaknya juga menangkap tiga pengedar sabu lainnya yang ada di Kota Palangka Raya dalam penindakan yang berlangsung selama satu minggu.

Penangkapan pertama dilakukan pada Selasa (6/4) di Jalan Kalimantan, Barak warna pink.

Dari sana ditangkap 2 pelaku bernama Rusdiansyah (36) dan David Yohanes (26) bersama barang bukti 21 paket sabu seberat 16,06 gram, timbangan digital dan uang tunai Rp 850.000.

Penangkapan selanjutnya berlangsung pada Rabu (14/4) di Jalan Kalimantan Gang Damai, barak nomor satu. Erfansyah (37) ditangkap di baraknya dengan barang bukti 21 paket sabu seberat 8,21 gram.

“Untuk ketiga pelaku lain yang kita tangkap di Palangka Raya ini hanyalah kaki tangan dari pengedar yang sesungguhnya. Karena saat kita tangkap, pelaku utama berhasil melarikan diri,” jelasnya.

Sebagai efek jera, keempat tersangka dikenakan Pasal 114 Jo Pasal 112 Undang-undang Republik Indonesia Nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika dengan ancaman pidana paling singkat enam tahun dan paling lama 20 tahun.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalteng

15 Kasus dengan 6 Tersangka Karhutla Kalteng
Peduli Banjir

Kalteng

Peduli Banjir Kalsel, Pegiat Pendidikan Kapuas Murung Salurkan 150 Paket Bapok
apahabar.com

Kalteng

Tahun Depan, Mahasiswa Barut Punya Asrama Baru
apahabar.com

Kalteng

60 BUMDes di Barut Direkomendasikan Jadi Pangkalan LPG
apahabar.com

Kalteng

Bupati Kobar Ajak Semua Eleman Tangani Karhutla
apahabar.com

Kalteng

Kecelakaan Maut Jalan Trans Kalimantan Kobar, Dump Truk vs Motor

Kalteng

Cegah Penyimpangan, Disdik Kapuas Sosialisasikan Trik Kelola Keuangan Sekolah
TMMD Ke-110

Kalteng

Kodim 1011/Kuala Kapuas Matangkan Persiapan TMMD Ke-110
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com