Kebakaran Veteran Banjarmasin: 3 Rumah Ludes, Salah Satunya Milik Pol PP Dikira Asap dari Pembakaran Sampah, Ternyata 1 Rumah di Tanah Grogot Ludes Jelang Malam Tak Pulang, Pria Paruh Baya di HSS Ditemukan Jadi Mayat Banjarmasin Nyaris Kecolongan, Penumpang dari Surabaya Tak Punya Surat Bebas Covid-19 Misteri Surat Sakti Penggelembungan 5 Ribu Suara Banjar di Kamar 519

Formalin Ditemukan di Bahan Makanan, Pemkot Balikpapan Sidak Pasar Ramadan

- Apahabar.com Kamis, 15 April 2021 - 18:51 WIB

Formalin Ditemukan di Bahan Makanan, Pemkot Balikpapan Sidak Pasar Ramadan

Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi beserta rombongan saat meninjau Pasar Ramadan di Balikpapan Permai. Foto-apahabar.com/Ahmad Riyadi

apahabar.com, BALIKPAPAN – Pemerintah Kota Balikpapan bersama Loka POM melakukan sidak ke beberapa Pasar Ramadan salah satunya di Balikpapan Permai (BP) pada Kamis (15/4).

Hal itu menyusul kekhawatiran Pemkot Balikpapan terkait penggunaan formalin pada bahan makanan yang dijajakkan.

Seperti baru-baru ini Loka POM menemukan ikan asin yang mengandung formalin di salah satu pasar di Balikpapan. Sehingga pihaknya menyoroti kandungan tersebut ada pada aneka makanan di Pasar Ramadan.

“Kan kemarin ada temuan formalin di ikan teri [ikan asin] di salah satu pasar, jadi kami khawatir ada kandungan ini juga,” ujar dr Sumiyati Haslinda, Kepala Loka POM Balikpapan usai sidak.

Haslinda bilang bahwa pihaknya mengambil sebanyak 18 sampel makanan dan minuman di dua Pasar Ramadan kawasan Balikpapan Permai. Di mana dari 18 sampel tersebut hasilnya negatif formalin maupun boraks.

“Tadi sudah selesai diperiksa semua, hasilnya negatif formalin dan boraks. Kalau pewarna sih ada yang pakai cuma kategori aman,” bebernya.

Sementara itu Wali Kota Balikpapan, Rizal Effendi yang turut meninjau mengatakan bahwa pihaknya ingin memastikan kondisi kesehatan dan keamanan Pasar Ramadan. Salah satunya makanan yang disajikan benar-benar higienis.

“Kita pantau agar tidak ada yang mengandung bahan berbahaya, seperti yang kemarin kita temui itu kan ada ikan asin mengandung formalin. Nah ini jangan sampai ada disini,” tuturnya.

Pihaknya akan melakukan peneguran dan pembinaan bilamana ditemukan aneka makanan yang mengandung bahan berbahaya.

“Yang pertama kita perbanyak edukasi dan peneguran agar tidak mengulangi lagi. Namun kalau nanti mengulangi lagi pasti akan ada tindakan dari kepolisian,” pungkasnya.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

HUT Kota Balikpapan

Kaltim

HUT Kota Balikpapan Molor, Gara-gara Gubernur Kaltim Telat Datang
Balikpapan

Kaltim

Diduga Hobi Nyolong Hp, Kakak Susul Adik ke Penjara Balikpapan

Kaltim

Ngaku Anggota Densus 88, Pria di Balikpapan Dibekuk Polisi
apahabar.com

Kaltim

Penajam Zona Oranye, Dua Anggota DPRD Positif Covid-19
Jam Malam

Kaltim

Jam Malam Kembali Berubah, Pemkot Balikpapan Larang Sahur on The Road
pemkot samarinda

Kaltim

Deteksi Covid-19, Pemkot Samarinda Gunakan GeNose

Kaltim

Tenang, Stok Daging dan Telur di Kaltim Aman
apahabar.com

Kaltim

Korban Kebakaran akan Direlokasi, Pemkab PPU Siapkan 3 Lokasi
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com