Dampak Banjir di Satui Tanah Bumbu: 145 Rumah, 55 Ha Sawah Terendam, 101 Jiwa Mengungsi Lebaran Hari Kedua, Simak Prediksi Cuaca Pasca-Banjir di HST dan Tanah Bumbu Sudah Ditemukan, Jasad Korban Longsor di Batu Bini HSS Dievakuasi Besok Banjir di Haruyan HST Berangsur-Angsur Surut, BPBD Imbau Warga Tetap Siaga Lebaran di Lapas Balikpapan, Antre Video Call Lepas Rindu

Forum Ketua RT Selat Hulu Kapuas Pertanyakan Berkurangnya Jumlah Penerima BST

- Apahabar.com Kamis, 15 April 2021 - 22:30 WIB

Forum Ketua RT Selat Hulu Kapuas Pertanyakan Berkurangnya Jumlah Penerima BST

Ketua Forum Ketua RT Kelurahan Selat Hulu, Kapuas, Kalteng, Ahmadi Jaya bersama Ketua RT lainnya mempertanyakan berkurangnya jumlah penerima BST. Foto-apahabar.com/Irfansyah

apahabar.com, KUALA KAPUAS – Forum Ketua Rukun Tetangga (RT) Kelurahan Selat Hulu, Kecamatan Selat, Kabupaten Kapuas, Kalteng, mempertanyakan data penerima Bantuan Sosial Tunai (BST) di tempat mereka.

Pasalnya, banyak warga di Kelurahan Selat Hulu yang sebelumnya menerima BST, namun pada penyaluran BST tahap 3 dan 4 di tahun ini mereka tidak lagi menerima bantuan tersebut.

“Di RT saya sebelumnya ada 105 warga dapat BST, namun sekarang jumlahnya jadi berkurang, yang dapat cuma 39 warga saja,” kata Ahmadi Jaya, Ketua Forum Ketua RT Kelurahan Selat Hulu di Kuala Kapuas, Kamis (15/4).

Kemudian, lanjut Madi sapaab akrab Ketua RT 10 Kelurahan Selat Hulu tersebut, di RT 8A Kelurahan Selat Hulu jumlah penerima BST semula 73 orang, sekarang berkurang jadi 19 orang.

“Sepertinya hampir semua RT jumlah penerima BST berkurang. Jadi, ini yang kami pertanyakan, karena kasihan warga kami, ada yang benar-benar layak terima bantuan itu, justru sekarang malah tidak dapat,” ujar Madi.

Sementara itu Kepala Dinas Sosial Kabupaten Kapuas, Budi Kurniawan mengatakan, untuk BST saat ini memang ada pengurangan kuota dari pemerintah pusat.

“Kita di Kapuas jumlah penerima BST dari 14.987 penerima, berkurang menjadi 10.640 penerima,” katanya kepada apahabar.com di Kuala Kapuas, Kamis (15/4).

Menurut Budi, penyebab berkurangnya jumlah penerima BST, salah satunya karena adanya verifikasi dan validasi data dari pemerintah pusat, serta verifikasi kelayakan.

“Tapi yang jelas, untuk BST memang ada pengurangan jumlah penerima. Tapi kita masih bersyukur dibanding kabupaten/ kota lain yang banyak terkena dampak dari pengurangan kuota tersebut,” ujarnya.

Ditambahkan Kadinsos Kapuas, bagi warga yang tidak menerima BST, apabila memang memenuhi 11 kriteria tidak mampu, maka dipersilahkan untuk mendaftarkan dirinya ke data terpadu kesejahteraan sosial di desa/kelurahan dan RT masing-masing.

“Nanti akan kami usulkan kembali untuk menerima bantuan sosial lainnya selain BST, karena untuk BST telah berakhir di bulan April ini,” pungkas Budi Kurniawan.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalteng

Bawa Sabu Pemuda di Kapuas Diciduk Polisi
Jika Dipercaya, Abdul Razak Siap Nakhodai Golkar Kalteng

Kalteng

Jika Dipercaya, Abdul Razak Siap Nakhodai Golkar Kalteng  
apahabar.com

Kalteng

Diamuk Api, Belasan Rumah di Kapuas Tinggal Arang
apahabar.com

Kalteng

Update Corona di Kalteng, Puluhan PDP Tunggu Hasil Lab
apahabar.com

Kalteng

Pemancing Temukan Mayat Pria Paruh Baya Mengapung di Sungai Kecil Kebun Sawit Dawak Kobar
apahabar.com

Kalteng

Bupati Kobar Akan Buka Pasar Hewan Qurban
apahabar.com

Kalteng

Kalimantan Selatan Hujan Lagi, Simak Prakiraan BMKG
apahabar.com

Kalteng

Kapolres Kapuas Launching Pasar Tangguh
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com