Kampung Ambon Digerebek Lagi! Pistol-Narkoba hingga Pesawat Nirawak Diamankan Penumpang Kapal Feri Kotabaru-Batulicin Menyusut 60 Persen Rayakan HUT ke-60, Bank Bjb Gelar Promo di Ratusan Merchant Duh, Keripik Singkong Tanpa Label Usang Dijual Bebas di Banjarmasin Pj Gubernur Kalsel: Larangan Mudik Berlaku Lintas Provinsi dan Kabupaten

Gaungkan Sadar Pajak PBB, Pemkot Banjarbaru Terima Hibah Mobil Layanan Keliling dari Bank Kalsel

- Apahabar.com Senin, 26 April 2021 - 13:49 WIB

Gaungkan Sadar Pajak PBB, Pemkot Banjarbaru Terima Hibah Mobil Layanan Keliling dari Bank Kalsel

Wali Kota Banjarbaru Aditya Mufti Ariffin saat menerimakan bantuan berupa mobil layanan pajak secara simbolis dari Bank Kalsel. Foto-Nurul Mufidah

apahabar.com, BANJARBARU – Pemerintah Kota (Pemkot) Banjarbaru melalui Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BP2RD) mencanangkan gerakan sadar pajak PBB, Senin (26/4/2021).

Kegiatan ini bertepatan pula dengan penyerahan bantuan berupa mobil layanan pajak secara simbolis dari pihak Bank Kalsel.

Kegiatan dihadiri langsung oleh Wali Kota Banjarbaru Aditya Mufti Ariffin, Ketua DPRD Banjarbaru Fadliansyah, Kepala Bank Kalsel Cabang Banjarbaru Fachriza Nor Asli, serta sejumlah Kepala SKPD di lingkungan Pemkot Banjarbaru maupun perwakilan Wajib Pajak (WP).

Kepala BP2RD Banjarbaru, Rustam Effendi, mengatakan kegiatan ini merupakan upaya pemerintah dalam memberikan kesadaran kepada masyarakat tentang kewajiban pembayaran pajak PPB tiap tahunnya.

Katanya, melalui gerakan ini pihaknya juga dapat mengedukasi serta bersosialisasi kepada masyarakat.

“Dengan dicanangkannya gerakan ini, kita memberikan contoh kepada masyarakat bahwa pejabat daerah taat membayar pajak PBB. Ini menjadi langkah awal dan contoh yang baik bagi masyarakat kita,” katanya kepada awak media.

Dalam paparannya, Rustam menerangkan bahwa pada tahun ini target pendapatan Kota Banjarbaru melalui pajak PBB ialah mencapai Rp 14 miliar. Dirinya optimis target tersebut mampu tercapai, mengingat sejak tahun 2017 hingga 2020 lalu, pendapatan melalui pajak PBB di Banjarbaru dapat melebihi target yang ditetapkan.

“PBB ini merupakan primadona pendapatan kota Banjarbaru di masa yang akan datang. Apalagi masih 51 persen di wilayah Banjarbaru ini belum terdaftar. Andai sudah terdaftar 100 persen, PBB kita pasti akan sangat meningkat. Jika PBB kita meningkat maka secara otomatis memberikan dukungan untuk PAD dan kontribusi terhadap APBD kota Banjarbaru,” paparnya.

Pencanangan gerakan sadar pajak PBB ini mendapat dukungan penuh dari Bank Kalsel selaku lembaga jasa keuangan milik Pemerintah Daerah. Guna memudahkan pelayanan pajak di Banjarbaru, Bank Kalsel menghibahkan kembali di tahun ini tambahan satu satu unit mobil agar pelayanan terhadap masyarakat bisa dilakukan secara mobile.

Kepala Bank Kalsel Cabang Banjarbaru Fachriza Nor Asli, berharap dengan penyerahan mobil ini dapat memberikan manfaat terhadap Pemkot Banjarbaru dalam optimalisasi penerimaan PAD khususnya di sektor pajak dan juga agar memberikan kemudahan layanan kepada masyarakat Banjarbaru dalam hal pembayaran pajak.

“Bank Kalsel adalah Bank milik Pemerintah Daerah dan Bank Kalsel selalu bersinergi dan mendukung program-program yang digaungkan Pemkot Banjarbaru. Semoga bantuan hibah berupa mobil layanan keliling ini bisa bermanfaat untuk kemudahan pelayanan pajak dan meningkatkan pendapatan daerah,” terangnya.

Tak sampai di situ, Fachriza juga menyampaikan bahwa kinerja keuangan Bank Kalsel terus tumbuh dan menunjukan peforma yang sangat positif pada tahun ini, meskipun masih di tengah kondisi pandemi Covid-19.

Hal itu dibuktikan dimana pada triwulan ini Bank Kalsel telah berhasil membukukan laba senilai Rp 121 miliar.

“Dengan peningkatan laba pada triwulan pertama ini tentunya dividen terhadap Pemkot Banjarbaru juga akan semakin tinggi dibanding tahun sebelumnya dan akan memberikan kontribusi pada optimalisasi PAD,” tuturnya.

Di sisi lain, Wali Kota Banjarbaru, Aditya Mufti Ariffin, memberikan perhargaan setinggi-tingginya terhadap pihak-pihak yang turut serta menyukseskan dalam gerakan sadar pajak PBB ini. Hal ini menjadi komitmen Pemkot Banjarbaru untuk melahirkan budaya taat pajak.

“Kita ingin mendorong dan meningkatkan kesadaran masyarakat dalam membayar PBB. Tahun ini target PBB kita kurang lebih 14 miliar. Alhamdulillah, tadi laporan yang saya terima saat ini sudah mencapai 20 persen. Semoga jelang akhir tahun nanti bisa naik 5 kali lipat dan target bisa tercapai,” bebernya.

Tak lupa, Aditya juga memberikan apresiasi kepada BP2RD yang terus berinovasi dalam pelayanan pajak di Banjarbaru. Termasuk juga manajemen Bank Kalsel yang selalu mendukung peningkatan PAD di kota berjuluk Idaman melalui berbagai macam sektor.

“Hari ini kita menerima satu unit mobil dari Bank Kalsel. Dukungan ini sangat bermanfaat dan menjadi penyemangat kami dalam pelayanan kepada masyakat. Mudahan mobil yang dihibahkan mampu meningkatkan PAD kita,” pungkasnya.

Editor: M Syarif - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Sosialisasi Konvensi Hak Anak di Banjarbaru, Cegah Tindakan Eksploitasi
Indeks Kepuasan Masyarakat

Pemko Banjarbaru

Indeks Kepuasan Masyarakat Terus Meningkat, Wali Kota Banjarbaru Sampaikan Pesan Penting

Pemko Banjarbaru

Ayam Asix Hadir di Banjarbaru, Ini Harapan Darmawan Jaya
PPKM

Pemko Banjarbaru

Banjarbaru PPKM Lagi, Wali Kota Darmawan Mengaku Dilema
apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Bertemu Tim Banggar DPR RI, Darmawan Jaya Minta Dukungan APBN
apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Ingin Pilkada Serentak 2020 Lancar, Pjs Wali Kota Banjarbaru Koordinasi dengan KPU dan Bawaslu
isra mikraj

Pemko Banjarbaru

Hadiri Kegiatan Isra Mikraj, Wakil Wali Kota Banjarbaru Sampaikan Ini
apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Dampak Pembatasan Penerbangan, Petugas Porter Diberi Sembako
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com