Motor Vs Motor di Paharuangan Kandangan, Pemuda Simpur Tewas Seketika Duduk Perkara Viral Pria Bersajam Ngamuk di Nagasari Banjarmasin hingga Bergumul dengan Polisi Gunung Sinabung Kembali Luncurkan Awan Panas Setinggi 500 Meter Kepung Serda Nurhadi, Belasan Pelaku Diamankan Polisi dan TNI Jalan Tikus Masuk Kalteng di Kapuas Juga Dijaga Ketat Petugas

Gegara Covid-19, Pilkades Serentak di Kapuas Kemungkinan Ditunda

- Apahabar.com Selasa, 20 April 2021 - 20:43 WIB

Gegara Covid-19, Pilkades Serentak di Kapuas Kemungkinan Ditunda

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kapuas, Septedy. Foto-apahabar.com/Irfansyah

apahabar.com, KUALA KAPUAS – Pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di 154 desa di Kabupaten Kapuas, Kalteng tahun 2021, kemungkinan ditunda.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kapuas, Septedy mengatakan, Pilkades serentak di 154 desa rencananya akan dilaksanakan pada Juni 2021, karena ada sebanyak 147 kepala desa yang telah habis masa jabatannya.

Sedangkan pada tahun 2022 ada sebanyak 7 kepala desa yang habis masa jabatannya. Nah, Pemkab Kapuas sendiri telah menganggarkan dana untuk pelaksanaan Pilkades serentak tersebut.

Namun karena masih terjadi pandemi Covid-19, sehingga Pemerintah Kabupaten Kapuas pun mengambil kebijakan kemungkinan menunda pelaksanaan Pilkades serentak tersebut tahun ini.

“Karena penyebaran Covid-19 masih berlangsung di Kabupaten Kapuas, sehingga pertimbangan inilah yang menjadi faktor utama kami untuk menunda pelaksanaan Pilkades tahun ini,” kata Septedy di Kuala Kapuas, Selasa (20/4).

Lantas, apabila Pilkades ditunda bagaimana dengan jabatan kepala desa yang lowong ? Menurut Sekda Kapuas, secara aturan bisa diitunjuk seorang penjabat Kades yang masa jabatannya selama 1 tahun.

“Sehingga tidak ada kevakuman kepemimpinan di level pemerintahan desa kalau memang Pilkades serentak ditunda pelaksanaannya pada tahun ini,” ujar Septedy.

Jadi, Septedy bilang, alasan penundaaan Pilkades adalah semata-semata karena masih tingginya penyebaran virus corona di Kabupaten Kapuas.

“Tapi kalau memang ini (Pilkades) harus dilaksanakan juga, kami berharap ada jaminan bahwa Pilkades tidak menjadi klaster baru Covid-19 di Kabupaten Kapuas,” pungkas Septedy.

Editor: M Syarif - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalteng

Mati Suri, Ratusan Ormas Bakal Diverifikasi
Sugianto Sabran

Kalteng

Cerita Sugianto Sabran Sembuh dari Covid-19: Bersyukur Masih Bisa Hirup Udara Segar
apahabar.com

Kalteng

RSUD Barito Utara Angkat Bicara Soal Kaburnya Pasien yang Diduga Mengidap AIDS
apahabar.com

Kalteng

Sudah Tiga Kali Pasar Pujon Terbakar, Warga Desak Pemkab Kapuas Sediakan Mobil Damkar
apahabar.com

Kalteng

Kobar Tambah 7 Positif Covid-19
apahabar.com

Kalteng

Catat, Jadwal Debat Terbuka Pilgub Kalteng
apahabar.com

Kalteng

Gatriwara Tapin Sambangi Anak Panti Asuhan LKSA Budi At-Taqwa
apahabar.com

Kalteng

Momentum Hari Perempuan Sedunia, Brigjen Ida Oetari Resmi Jadi Wakapolda Kalteng
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com