Sudah Ditemukan, Jasad Korban Longsor di Batu Bini HSS Dievakuasi Besok Banjir di Haruyan HST Berangsur-Angsur Surut, BPBD Imbau Warga Tetap Siaga Lebaran di Lapas Balikpapan, Antre Video Call Lepas Rindu Kasus Covid di Balikpapan Melandai, Hari Ini Hanya Bertambah 5 Orang Banjir di Satui Tanbu, Ratusan Jiwa Mengungsi

H-2 Ramadan, Distribusi Elpiji di Kalsel Macet Lagi Gara-Gara Jalan Rusak

- Apahabar.com Minggu, 11 April 2021 - 19:44 WIB

H-2 Ramadan, Distribusi Elpiji di Kalsel Macet Lagi Gara-Gara Jalan Rusak

Meski rusak, Jalan Gubernur Syarkawi menjadi urat nadi jalur distribusi utama dari Depo LPG Pertamina di Kabupaten Barito Kuala ke beberapa Stasiun Pengisian Bulk Elpiji (SPBE) ke Banjarmasin, Kabupaten Banjar, Banjarbaru, Tanah Laut hingga Tanah Bumbu. Foto: Youtube

apahabar.com, BANJARMASIN – Enam hari terakhir distribusi elpiji subsidi maupun nonsubsidi di Kalimantan Selatan terhambat kerusakan Jalan Gubernur Syarkawi.

Jalan Gubernur Syarkawi merupakan jalur distribusi utama dari Depo Elpiji Pertamina di Kabupaten Barito Kuala ke beberapa Stasiun Pengisian Bulk Elpiji (SPBE) ke Banjarmasin, Kabupaten Banjar, Banjarbaru, Tanah Laut hingga Tanah Bumbu.

‘Sehingga terhambatnya jalur distribusi di Jalan Gubernur Syarkawi secara otomatis juga menghambat distribusi ke seluruh daerah tersebut,” ujar Ketua Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas Bumi (Hiswana Migas) Kalsel Saibani, Minggu (11/4) dilansir Antara.

Padahal, tambah dia, stok elpiji baik subsidi maupun nonsubsidi cukup berlimpah dan mampu mencukupi hingga 10 hari ke depan.

Saat ini, stok elpiji di Kalsel sebanyak 3.752 metrik ton lebih. Sedangkan kebutuhan warga Kalsel per harinya sekitar 400 metrik ton.

“Sehingga bila dibagi dari seluruh stok yang ada, masih akan mencukupi kebutuhan hingga 9-10 hari ke depan,” katanya.

Saibani berharap pemerintah provinsi dan stakeholders terkait lainnya bisa turun tangan membantu persoalan kesulitan distribusi elpiji tersebut.

“Dua hari lagi kan sudah puasa Ramadan,” ujarnya.

Bila kendala distribusi ini tidak segera mendapatkan perhatian, Saibani kuatir terjadi gejolak harga elpiji sehingga memicu inflasi.

Akibat jalan rusak angkutan gas elpiji yang biasanya satu hari bisa bolak-balik mendistribusikan elpiji ke beberapa SPBE kini bisa mencapai tiga hari di jalan.

“Kondisi ini, juga menyebabkan para sopir lelah di perjalanan,” katanya.

Akibat kerusakan Jalan Gubernur Syarkawi, banyak mobil terperosok bahkan terguling sehingga mengakibatkan kemacetan bertambah parah.

Sedangkan evakuasi terhadap mobil yang menghalangi jalan tersebut, juga cukup lambat, sehingga kondisi kemacetan semakin parah.

Mengatasi hal tersebut, sejak Minggu (11/4/2021), tambah dia, Pertamina secara mandiri menyewa kapal jenis Landing Craft Tank (LCT) untuk mengangkut truk-truk bermuatan elpiji dari Depot Mini Elpiji Pertamina yang ada di sekitar Jembatan Barito.

Namun, upaya tersebut juga tidak bisa berjalan maksimal sebagaimana diharapkan karena menggunakan LCT juga terkendala pasang surut air sungai.

“Saya sudah menyampaikan persoalan ini kepada Bapak Penjabat Gubernur Kalsel, tetapi hingga kini belum mendapatkan tanggapan,” katanya.

Saibani berharap bila jembatan Kayutangi lama dibuka, pihaknya akan mendapatkan prioritas untuk melintasinya mengingat persoalan distribusi elpiji sangatlah penting.

Editor: Fariz Fadhillah - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Enam Tewas di Tambang Emas, Bupati Kotabaru Turun Tangan
PLN

Kalsel

Tambah Ratusan Personel, PLN Percepat Pemulihan Listrik Terdampak Banjir Kalsel
apahabar.com

Kalsel

Rayakan HUT TNI, Koramil 1007-03/BBT Dikunjungi Polsekta Banjarmasin Tengah
apahabar.com

Kalsel

Sejarah Aksi Mahasiswa di Kalsel (I), Penembak Hasanuddin HM Diduga Dilindungi Pejabat Daerah!
apahabar.com

Kalsel

Polres Kotabaru Lakukan Penyelidikan Penyebab Kebakaran Puluhan Kios Pasar Tarjun
apahabar.com

Kalsel

BPJS Kesehatan Banjarmasin Bayar Utang Rp180 Miliar Lebih 
apahabar.com

Kalsel

Atasi Kecurangan, Bakueda Banjarmasin Pasang Tapping Box Pada Tempat Wajib Pajak

Kalsel

Genap Berusia 44 Tahun, Ucapan Selamat dan Doa Mengalir untuk Cuncung H Maming
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com