Naik, Harga Elpiji Kalsel Diklaim Termurah Se-Kalimantan Megaproyek Gedung Baru DPRD Banjarmasin, Ibnu Sina Buka Suara Lagi, Danau Eks Tambang di Banjar Renggut Korban Jiwa Ironi Gedung Baru DPRD: Orang Miskin di Banjarmasin Makin Banyak Blak-blakan Ibnu Sina Bicara Konsep IKN Nusantara: Jangan Oligarkis & Ngutang

Hasanudin Murad Usul Cukup Satu Pansus Bahas LKPj

- Apahabar.com     Jumat, 30 April 2021 - 07:57 WITA

Hasanudin Murad Usul Cukup Satu Pansus Bahas LKPj

Paripurna internal DPRD Kalsel. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Anggota DPRD Kalsel, H Hasanudin Murad mengusulkan ke depan pembahasan LKPj kepala daerah cukup membentuk satu panitia khusus (pansus).

Dengan hanya satu pansus yang berisi anggota fraksi-fraksi, ujarnya, maka akan memperkuat posisi politis DPRD terhadap tujuan rekomendasi yang dihasilkan.

“Jadi jika satu pansus. maka akan lebih punya wibawa, karena di dalamnya ada fraksi-fraksi yang memiliki hak politis dan sikap politis,” tegas Hasanudin Murad.

Wacana itu sendiri ia lempar di ujung paripurna internal dewan untuk menyepakati kesimpulan rekomendasi LKPj Kepala Daerah Akhir Tahun 2020.

Menurutnya, melalui empat pansus untuk membahas LKPj membuat terjebak dalam hal terlalu teknis pada bidang per bidang. Padahal keputusan yang dibutuhkan lebih kepada sikap politis.

Anggota Komisi III ini juga menyinggung terkait pokok pikiran (pokir) yang kurang terperhatikan oleh pemerintah daerah. Padahal menurutnya soal itu merupakan hal remeh, karena sudah ada dalam aturan. Namun masih ada kendala. Seharusnya dapat terakomodir semua, dengan cara dan sikap politis fraksi yang mengambil peran lebih.

“Jadi hal yang bisa dilakukan, karena pemerintah daerah juga tergantung dengan kita. Kalau sampai pokir itu tidak diperhatikan maka sangat keterlaluan dan aneh,” tegas Hasanuddin Murad.

Mantan anggota DPR ini juga menyarankan jika ingin perubahan yang lebih bagus, maka ke depan dapat ditindaklanjuti dengan duduk bersama antara pimpinan dewan dengan pimpinan fraksi, dan bukan pimpinan dewan dengan pimpinan komisi.

”Pimpinan dewan dengan pimpinan fraksi membicarakannya dengan gubernur, maka akan beda karena kuat nuansa politisnya. Jadi ke depan saya berharap untuk LKPj hanya dibentuk satu pansus saja,” pungkas mantan Bupati Barito Kuala dua periode ini.

Ketua Fraksi Partai Nasdem, Gina Mariati, juga menyampaikan keluhannya, jika dirinya selama ini kesulitan untuk memberikan masukan dan pendapat. Sebab, selama ini dirinya tak pernah diundang jika ada rapat pimpinan di DPRD Kalsel.

”Saya hanya menyampaikan jika selama ini saya tidak pernah diundang jika ada rapat pimpinan. Seolah kita di-skip, sehingga sulit untuk memberikan masukan,” kata Gina.

Terkait masukan itu Wakil Ketua DPRD Kalsel M Syaripuddin, yang memimpin rapat, bersedia menampung dan mencatat masukan yang disampaikan guna perbaikan ke depan.

 

Editor: M Syarif - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

UPT Mesin Pertanian

DPRD Kalsel

Soal UPT Mesin Pertanian, Dewan Kalsel Konsultasi ke Kementan
Stunting

DPRD Kalsel

Studi ke Jateng, DPRD Kalsel Gali Ilmu Tekan Angka Stunting
Banjarmasin

DPRD Kalsel

DPRD Gelar Rapat Banggar dengan Tiga Dinas
Sosper

DPRD Kalsel

Paman Yani Bicarakan Perda Retribusi Jasa Usaha di Tanbu

DPRD Kalsel

Dewan Kalsel Sampaikan 1.099 Pokok Pikiran di Paripurna
apahabar.com

DPRD Kalsel

Potensi PAD, Kalsel Mesti Punya Lab Sampling CPO

DPRD Kalsel

Ketua Dewan Sosper Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana di Anjir Pasar
apahabar.com

DPRD Kalsel

Ingin Kejelasan Hubungan PMKS-AMKS, DPRD Kalsel Diskusi Bareng KNPI
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com