Serangan Udara Israel di Gaza, Ratusan Warga Palestina Tewas H+3 Idulfitri, Penerbangan di Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin Masih Sepi Bawa Sabu dari Kaltim, Warga HST Ditangkap di Pos Penyekatan Jaro Tabalong Banjir Satui Tanbu, Ratusan Warga Masih Mengungsi, Puluhan Ribu Terdampak Cuaca Cerah, Banjir di Satui Tanbu Berangsur Surut

Jadi Maling Motor, Tiga Anak SD di Balikpapan Diringkus Polisi

- Apahabar.com Selasa, 13 April 2021 - 16:53 WIB

Jadi Maling Motor, Tiga Anak SD di Balikpapan Diringkus Polisi

Dua motor yang dicuri tiga anak dibawah umur diamankan jajaran Polresta Balikpapan. Foto-apahabar.com / Riyadi

apahabar.com, BALIKPAPAN – Entah apa yang dipikirkan tiga anak di bawah umur yang masih menempuh pendidikan Sekolah Dasar (SD) ini.

Mereka nekat melakukan pencurian motor di beberapa titik di kota Balikpapan. Aksinya pun terungkap ketika salah seorang pelaku berinisial RO (12) menyerahkan diri ke kantor polisi, Sabtu malam (10/4).

RO yang masih duduk di bangku salah satu sekolah dasar swasta di Balikpapan kala itu datang bersama keluarganya untuk menyerahkan diri ke kantor Polsek Balikpapan Utara bersama barang bukti motor yang dicurinya.

Saat itu RO mengaku bahwa dirinya diancam oleh seseorang untuk melakukan tindak kejahatan tersebut. Namun setelah mencuri, ia didesak keluarganya untuk mengakui perbuatannya itu.

“Salah satu pelaku yakni RO menyerahkan diri ke kantor kepolisian. Katanya dia dipaksa orang, tapi pas diinterogasi ternyata nyuri sendiri,” kata Waka Polresta Balikpapan, AKBP Sebpril Sesa didampingi Kasat Reskrim Kompol Rengga Saputro.

Dari RO, polisi kemudian mendalami lagi kasus yang ada. Lalu didapati dua orang anak dibawah umur lainnya yang terlibat melakukan aksi pencurian yakni ZZZ (9) dan AG (13) pada Senin (12/4).

Modus yang dilakukan pelaku ialah membawa kabur motor korban dengan kunci yang masih melekat di motor.

“Modusnya mengambil kendaraan yang diparkir yang mana kunci tertinggal di sepeda motor. TKP ada dua, samping Masjid Baitul Aman dan di Monumen,” pungkasnya.

Lantaran masih di bawah umur, para tersangka tidak dihadirkan saat press rilis yang digelar di Mapolresta Balikpapan pada Selasa (13/4). Mereka pun menjalani hukuman sesuai Undang-Undang Peradilan Anak yakni diversi.

“Kita tidak tampilkan, penanganannya sesuai dengan Undang- Undang Peradilan Anak,” sebutnya.

Sesa mengimbau kepada para orang tua agar mengawasi anak-anaknya terutama saat beraktivitas di malam hari. Sebab bisa saja anak menjadi pelaku kriminal lantaran bergaul dengan lingkungan yang salah.

“Kami minta orang tua untuk mengontrol anak-anaknya khususnya di malam hari. Sebab ini sudah memprihatinkan ada anak yang berani sampai mengambil kendaraan,” pungkasnya.

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Warga Binaan

Kaltim

Dapat Hidayah, Warga Binaan Lapas Balikpapan Ini Ketika Bebas Ingin Jadi Guru Ngaji
Samarinda

Kaltim

Dua Jasad Mr X Dipastikan Korban Ledakan Kapal di Samarinda
apahabar.com

Kaltim

14 Hari Mengungsi, Korban Rusuh di Penajam Mulai Dipulangkan
apahabar.com

Kaltim

Sampai Hari Ini, Tol Balsam Dipastikan Masih Gratis
apahabar.com

Kaltim

UMKM Harus Melek Digital
imlek

Kaltim

Imlek di Masa Pandemi, Klenteng di Balikpapan Tampak Sepi
Balap Liar

Kaltim

Puluhan Kendaraan Balap Liar di Balikpapan Diamankan, Ditahan hingga Usai Ramadan
Brangkas Perusahaan

Kaltim

Duh, Bobol Brankas Perusahaan Ratusan Juta Demi Beli Narkoba
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com