Kebakaran Veteran Banjarmasin: 3 Rumah Ludes, Salah Satunya Milik Pol PP Dikira Asap dari Pembakaran Sampah, Ternyata 1 Rumah di Tanah Grogot Ludes Jelang Malam Tak Pulang, Pria Paruh Baya di HSS Ditemukan Jadi Mayat Banjarmasin Nyaris Kecolongan, Penumpang dari Surabaya Tak Punya Surat Bebas Covid-19 Misteri Surat Sakti Penggelembungan 5 Ribu Suara Banjar di Kamar 519

Kapuas Jadi Lokasi Penelitian Percontohan Speectra

- Apahabar.com Senin, 19 April 2021 - 11:13 WIB

Kapuas Jadi Lokasi Penelitian Percontohan Speectra

Rapat membahas rencana kegiatan penelitian percontohan Speectra di Kabupaten Kapuas. Foto-Istimewa

apahabar.com, KUALA KAPUAS – Kabupaten Kapuas, Kalteng, akan menjadi lokasi penelitian percontohan projek Special Area for Conservation and Fish Refugia (Speectra).

Speectra adalah kawasan perlindungan buatan manusia yang dirancang khusus untuk ikan agar dapat tumbuh dan berkembang biak dalam lingkungan yang dilindungi.

Speectra dirancang agar ikan kecil dapat bergerak menuju habitat aslinya. Sedangkan ikan dewasa dipelihara di dalam dan ikan yang dewasa dapat dipanen secara berkelanjutan oleh masyarakat setempat.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Kapuas, Darmawan berharap agar kegiatan penelitian percontohan Speectra ini benar-benar bisa terealisasi.

“Karena bisa menjadi tempat perkembangbiakan ikan secara alami terutama ikan-ikan lokal. Ke depannya masyarakat Kapuas bisa mendapatkan manfaat yang besar dari kegiatan Speectra ini,” katanya di Kuala Kapuas, Senin (19/4).

Menurut Darmawan dengan adanya kegiatan Speectra, ikan-ikan dewasa dipelihara dan dilindungi di habitat aslinya dan bisa berkembang biak secara alami.

“Sehingga keberlangsungan ikan-ikan bisa terjaga dan masyarakat bisa mendapatkan hasil tangkapan yang lebih banyak, dengan semakin banyaknya keberadaan ikan-ikan tersebut di perairan umum,” ujarnya.

Sehubungan dengan rencana penelitian percontohan speectra tersebut, Dinas Perikanan Kapuas telah menggelar rapat dengan I-Fish-Food and Agriculture (FAO) Indonesia, Balai Riset Perikanan Perairan Umum dan Penyuluhan Perikanan (BRPPUPP) Jakarta.

Rapat tersebut dihadiri pihak Pusat Riset Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan (PUSRISKAN) serta Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM) Kalimantan Tengah.

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Kalteng

Pembangunan Kantor Baru Polsek Kapuas Timur Dimulai
apahabar.com

Kalteng

Habib Ismail Serahkan Bantuan Pemprov Kalteng ke Korban Kebakaran di Pujon
apahabar.com

Kalteng

Pilkada Kalteng 2020, Syarat Bacalon Independen Kantongi 175.323 Pendukung
apahabar.com

Kalteng

Miris! Begini Curhatan Mantan Ketua PWI yang Jadi Penjaga Kantor
apahabar.com

Kalteng

Gegara Judi Kupu, Wanita asal Gawing Kapuas Kena Tangkap
apahabar.com

Kalteng

Harjad IGTKI ke-69, Disdik Barito Utara Laksanakan Diklat Bejenjang untuk Guru TK
Corona

Kalteng

Cegah Corona, Perjalanan Luar Daerah ASN Kapuas Dibatasi

Kalteng

Korban Kebakaran Tiga Lokasi di Kapuas Kalteng Terima Bantuan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com