Kebakaran Veteran Banjarmasin: 3 Rumah Ludes, Salah Satunya Milik Pol PP Dikira Asap dari Pembakaran Sampah, Ternyata 1 Rumah di Tanah Grogot Ludes Jelang Malam Tak Pulang, Pria Paruh Baya di HSS Ditemukan Jadi Mayat Banjarmasin Nyaris Kecolongan, Penumpang dari Surabaya Tak Punya Surat Bebas Covid-19 Misteri Surat Sakti Penggelembungan 5 Ribu Suara Banjar di Kamar 519

Ketua MUI Kapuas: Vaksinasi Covid-19 Tidak Membatalkan Puasa

- Apahabar.com Senin, 19 April 2021 - 19:37 WIB

Ketua MUI Kapuas: Vaksinasi Covid-19 Tidak Membatalkan Puasa

Ilustrasi suntik vaksinasi Covid-19. Foto-Pixabay/Kfuhlert

apahabar.com, KUALA KAPUAS – Vaksinasi Covid-19 bagi pelayan publik dan masyarakat lanjut usia (Lansia) di Kabupaten Kapuas, Kalteng, masih berlanjut. Lantas, apakah vaksinasi Covid-19 dapat membatalkan puasa?

Ketua Majelis Indonesia (MUI) Kapuas, H Nurani Sarji, mengatakan pemberian vaksin dengan cara injeksi selama Ramadan tidak membatalkan puasa.

“Majelis Ulama Indonesia sebelumnya telah mengeluarkan fatwa bahwa vaksin Covid-19 tidak membatalkan puasa,” katanya di Kuala Kapuas, Senin (19/4).

Nurani bilang, keputusan itu tertuang dalam fatwa Nomor 13 Tahun 2021 tentang hukum vaksinasi Covid-19 saat berpuasa, di mana vaksinasi yang dilakukan dengan injeksi intramuskular tidak membatalkan puasa.

Menurut Nurani pemerintah dapat melakukan vaksinasi pada bulan Ramadan untuk mencegah penularan wabah Covid-19 dengan memperhatikan kondisi umat Islam yang sedang berpuasa.

“Jadi vaksinasi Covid-19 bagi umat Islam yang sedang berpuasa dengan injeksi, hukumnya boleh sepanjang tidak menyebabkan bahaya,” ujarnya.

Untuk itu, Ketua Nahdlatul Ulama Kapuas itu juga mengajak masyarakat Kapuas agar tidak ragu untuk ikut program vaksinasi guna mendukung program pemerintah dalam memutus penyebaran virus Covid-19.

“Harapan kita bila masyarakat mengikuti proram vaksinasi ini dengan benar dan kemauan dirinya sendiri, Insya Allah penyebaran virus ini dapat berkurang dan ditekan sehingga tingkat kasus yang terkena virus tidak lagi tinggi,” harap Nurani.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Kalteng

Pria-Wanita Pengedar Sabu Masuk Perangkap Satresnarkoba Kapuas
Tagana

Kalteng

Bantu Layanan Sosial dan Kesehatan, Tim Tagana dan PSC 119 Kapuas Sisir Lokasi Pengungsian
apahabar.com

Kalteng

Lagi Tinggi, 16 Remaja Sempoyongan Diamankan Satpol PP
apahabar.com

Kalteng

Rapid Test Ratusan ASN di Teweh, 3 Reaktif!
apahabar.com

Kalteng

Untuk Ibu Kota Baru, Kalteng Tawarkan Konsep ‘Green And Smart City’
apahabar.com

Kalteng

RSUD Muara Teweh Ancam Batasi Layanan Terhadap Pasien

Kalteng

Warga Binaan Rutan Kelas IIA Palangka Raya Kerjabakti Bersihkan Taman Kota
TKM

Kalteng

TKM di Kapuas Dilatih Membuat Roti dan Sirup Buah Nanas
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com