Geger! Wanita Hampang Kotabaru Tewas Bersimbah Darah Didatangi Dinkes, 5 RS di Banjarmasin Langsung Bayar Tunggakan Darah Kebakaran di Tapin, Rumah dan Kendaraan Hangus Dilalap Api Dikira Tenggelam, Buron Biang Tewasnya Polisi di Sungai Martapura Ditangkap! Duel Ulang Pilgub Kalsel, Habib Banua: Money Politics Itu Menghina Masyarakat

KLHK dan Bappenas Pastikan Penataan IKN Tak Ganggu Konservasi Hutan Lindung

- Apahabar.com Minggu, 4 April 2021 - 09:31 WIB

KLHK dan Bappenas Pastikan Penataan IKN Tak Ganggu Konservasi Hutan Lindung

Gubernur Kaltim, Isran Noor dan Menteri LHK, Siti Nurbaya Bakar tengah menyambangi lokasi pembangunan IKN di Sepaku, PPU. Foto-Humas Pemprov Kaltim

apahabar.com, SAMARINDA – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) serta Bappenas memastikan penataan dan pengelolaan ibu kota negara (IKN) baru Republik Indonesia di Kaltim tidak mengganggu kawasan konservasi hutan lindung.

KLHK dan Bappenas pembangunan kawasan IKN baru bernuansa lingkungan yang hijau dan modern (Green Smart City).

Menteri LHK, Siti Nurbaya Bakar, mengatakan saat ini Pemerintah Pusat terus berupaya memastikan bahwa IKN memiliki kawasan-kawasan yang ramah lingkungan atau lingkungan hijau.

“Pemerintah Pusat terus mempersiapkan kawasan lokasi IKN baru khususnya dalam penataan lingkungan hijau atau Green Smart City,” kata Siti Nurbaya ketika kunjungan kerja monitoring ke lokasi pembangunan pusat gedung pemerintahan calon IKN baru dan melihat langsung persemaian IKN, di Menara Pantauan (Tower Bukit Sudarmono), Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Sabtu (3/4) dilansir Antara.

Menteri Siti Nurbaya meyakinkan, pengembangan IKN tidak akan menganggu kawasan konservasi. Apalagi menggangu habitat satwa-satwa yang hidup di lokasi tersebut.

Bahkan jika ada masih kawasan yang hijau, maka tetap dipertahankan. Sebaliknya jika ada kawasan yang rusak, maka segera dihijaukan kembali.

“Makanya kami ke lokasi ini. Untuk memastikan, betul-betul lokasi yang disiapkan sesuai dengan kondisi geografis di daerah ini,” tegasnya.

Sedangkan kapasitas jumlah bibit penghijauan dan lahan disiapkan masih menunggu detail and genering oleh Kementerian PUPR. Tentunya, ada titik yang akan dibangun kawasan hijau tersebut.

Sementara itu, Gubernur Kaltim, Isran Noor, mengatakan terima kasih atas dukungan Pemerintah Pusat atas komitmen tersebut.

“Pemprov Kaltim dan masyarakat terus mendukung,” ucapnya.

Setelah dari menara pantau, rombongan Menteri LHK dan Gubernur Isran Noor menuju persemaian mangrove dan world mangrove center Desa Mentawir.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Nasional

Batik Air yang Mendarat Darurat di Jambi Berhasil Dipindah
apahabar.com

Nasional

Hari Listrik Nasional 27 Oktober, Pemadaman Masih Sering Terjadi
Bercumbu

Nasional

Viral Video ‘Pria-Wanita Bercumbu Tak Bisa Dilepas’, Cek Faktanya!
apahabar.com

Nasional

Ribuan Pasien di RS Wisma Atlet Dilaporkan Sembuh
apahabar.com

Nasional

Pengamat: Jokowi Hati-hati dengan Pelonggaran PSBB
apahabar.com

Nasional

PVMBG Terjunkan Tim ke Gunung Anak Krakatau
apahabar.com

Nasional

Jubir Presiden: Perayaan Kemerdekaan RI Momentum untuk Bangkit
dewan pers

Nasional

Sukses Gelar Webinar Nasional, JMSI Optimistis 2021 Jadi Konstituen Dewan Pers
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com