Gegara Rapid Antigen Bekas, Erick Thohir Pecat Seluruh Direksi Kimia Farma Brakkkk!! Mobil Relawan Kebakaran di Banjarmasin Tabrak Pejalan Kaki hingga Tewas Lakalantas di Angkinang HSS, Warga Haruyan HST Tewas di Tempat H+4 Idulfitri, Arus Balik Mudik dari Kalsel ke Kaltim Meningkat Sejumlah Pegawai di Banjarmasin Balikin Duit THR, Kok Bisa?

KPK Minta Daerah Perkuat Aparat Pengawasan Internal Pemerintah

- Apahabar.com Selasa, 20 April 2021 - 19:27 WIB

KPK Minta Daerah Perkuat Aparat Pengawasan Internal Pemerintah

Pj Gubernur Kalsel, Safrizal menyampaikan sambutan dalam rapat koordinasi program pencegahan korupsi pemerintahan daerah se-Kalimantan Selatan, di Gedung Idham Chalid, Banjarbaru, Senin (19/4). Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARBARU – Direktur Koordinasi Supervisi III Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI, Brigjen Polisi Bahtiar Ujang Purnama, meminta pemerintah daerah memperkuat kapabilitas dan peran Aparat Pengawasan Intren Pemerintah (APIP).

Hal itu disampaikan Ujang saat memimpin Rapat koordinasi program pencegahan korupsi pemerintahan daerah se-Kalimantan Selatan, di Gedung Idham Chalid, Banjarbaru, Senin (19/4).

Ujang Purnama mengatakan, penguatan kapabilitas APIP merupakan salah satu bagian parameter dalam Monitoring Centre for Prevention (MCP).

Delapan area MCP meliputi Perencanaan dan Penganggaran APBD, Pengadaan Barang dan Jasa, Pelayanan Terpadu Satu Pintu.

Peningkatan Kapabilitas APIP, Manajemen ASN, Optimalisasi Pendapatan Daerah, Manajemen Aset Daerah, serta Tata Kelola Dana Desa.

“Kalau nilai MCP-nya jelek, mungkin investasi tidak diarahkan ke daerah itu. Semua ada proses yang dinilai. Ada indikator dan subindikator,” beber Ujang.

Ujang bilang, mengapresiasi 3 dari 14 Pemerintah Daerah di Kalsel yang mencapai skor MCP tertinggi pada tahun 2020.

Peringkat pertama diraih oleh Kabupaten Banjar, peringkat kedua dicapai Kota Banjarmasin dan ketiga diduduki Kabupaten Tapin.

Kendati begitu, Ujang mendorong pemerintah daerah se-Kalsel, termasuk yang memiliki capaian MCP tertinggi, untuk terus berupaya meningkatkan skornya.

Ia juga menantang para kepala daerah untuk menetapkan target skor MCP yang tinggi ke depannya, setidaknya sampai angka 90.

“Nilai MCP adalah bagian dari langkah Bapak untuk menekan korupsi,” sambungnya.

Sebelumnya, Perencanaan dan Penganggaran APBD menjadi salah satu poin penting yang diangkat.

“Dalam merencanakan APBD ini, utamakan yang menjadi kebutuhan mendasar dulu, yakni punya daya ungkit publik,” ingatnya.

Contoh lain jangan membuat fasilitas karena faktor gengsi. Padahal, anggaran bisa digunakan untuk kegiatan yang lebih penting, misal, membangun jembatan atau fasilitas publik lain yang bisa menyelaraskan percepatan pertumbuhan ekonomi.

Dirinya meminta para kepala daerah untuk memperkuat tiap area MCP dengan Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) yang handal.

Sementara, Penjabat Gubernur Kalsel, Safrizal menyoroti Indeks Persepsi Korupsi Indonesia yang mengalami penurunan 17 poin dari peringkat 85 di dunia, menjadi peringkat 102 dengan skor 37.

“Perbaikan ini akan kita lakukan bersama-sama. Pemprov dan kabupaten/kota terus melakukan upaya untuk mencegah dampak negatif korupsi terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara,” ucapnya.

Safrizal menekankan, pencegahan dimulai dari perencanaan; gagal merencanakan berarti menuju kegagalan.

Ia mengimbau para bupati, wali kota, dan SKPD se-Kalsel untuk mengawal pencegahan korupsi yang terintegrasi, sistematis, dan berkesinambungan.

“Apalagi kita saat ini memiliki instrumen yang disupervisi. Dengan instrumen MCP, pencegahan korupsi bisa kita upayakan,” tuntas Safrizal.

Editor: M Syarif - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

bantuan

Pemprov Kalsel

Lewat Udara, Paman Birin Salurkan Bantuan Korban Banjir dari Jokowi
Roy Rizali Anwar

Pemprov Kalsel

Tiga Kandidat Lolos Seleksi Sekda Kalsel, Ada Nama Roy Rizali Anwar

Pemprov Kalsel

Serius Bangun Rel Kereta Api, Pemprov Kalsel Cari Investor Sokong Pembiayaan
Pemprov Kalsel

Kalsel

Pemprov Kalsel Rancang Aplikasi Smart Banjir
apahabar.com

Pemprov Kalsel

Stok Blangko Aman, Disdukcapil Kalsel Tak Keluarkan KTP Sementara
apahabar.com

Pemprov Kalsel

Sikapi Kasus Kekerasan Perempuan dan Anak, Dinas PPPA Akui Minim Laporan
apahabar.com

Pemprov Kalsel

Jumat Berkah, Pemprov Kalsel Serahkan Sembako kepada Warga Miskin dan Pekerja Harian
apahabar.com

Pemprov Kalsel

Bergerak Diam-diam, Paman Birin Salurkan Paket Sembako Malam-malam
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com