Kebakaran Veteran Banjarmasin: 3 Rumah Ludes, Salah Satunya Milik Pol PP Dikira Asap dari Pembakaran Sampah, Ternyata 1 Rumah di Tanah Grogot Ludes Jelang Malam Tak Pulang, Pria Paruh Baya di HSS Ditemukan Jadi Mayat Banjarmasin Nyaris Kecolongan, Penumpang dari Surabaya Tak Punya Surat Bebas Covid-19 Misteri Surat Sakti Penggelembungan 5 Ribu Suara Banjar di Kamar 519

KRI Nanggala-402 Terbelah Jadi 3 Bagian

- Apahabar.com Minggu, 25 April 2021 - 19:13 WIB

KRI Nanggala-402 Terbelah Jadi 3 Bagian

Ilustrasi. Foto-Ist

apahabar.com, DENPASAR – Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono menyebut KRI Nanggala-402 terbelah menjadi 3 bagian.

Yudo mulanya menyampaikan pencarian KRI Nanggala-402 dilakukan oleh KRI Rigel dengan menggunakan multibeam echosounder untuk mendeteksi citra bawah air.

Pendeteksian itu juga dibantu oleh MV Swift Rescue dari Singapura. MV Swift Rescue mengeluarkan ROV untuk menindaklanjuti kontak bawah air.

“ROV Singapura mendapatkan kontak visual pada posisi 07 derajat 48 menit 56 detik selatan dan 114 derajat 51 menit 20 detik timur yaitu yang tepatnya dari datum 1 tadi tempat tenggelamnya KRI Nanggala berjarak kurang lebih 1.500 yard di selatan pada kedalaman 838 meter,” ujar Yudo dalam konferensi pers di Bali yang dilansir dari detik.com, Minggu (25/4/2021).

Ditemukan bagian-bagian dari KRI Nanggala-402. Yudo memastikan KRI Nanggala-402 terbelah.

“Jadi di sana KRI Nanggala terbelah menjadi 3 bagian,” jelas Yudo.

Dalam pencarian itu, puing-puing kapal berhasil ditemukan. Di antaranya seperti kemudi kapal, pakaian escape suit MK11, dan badan kapal.

“Ini bagian-bagian yang terbuka, ini berserakan, memang tidak terlalu jelas karena mungkin dalamnya laut masih pagi tadi mungkin belum terlalu terang, ya ini masih bagian-bagian dari dalamnya kapal,” terang Yudo.

Sebelumnya, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto Hadi menyampaikan bahwa seluruh awak KRI Nanggala-402 dinyatakan telah gugur.

“Berdasarkan bukti-bukti otentik tersebut dapat dinyatakan bahwa KRI Nanggala-402 telah tenggelam dan seluruh awaknya telah gugur,” ujar Hadi.

Hadi mengucapkan turut berduka cita atas gugurnya para awak KRI Nanggala-402. 53 awak KRI Nanggala-402 gugur saat sedang bertugas.

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Jokowi-Ma'ruf

Nasional

Jokowi-Ma’ruf Amin Bertemu Empat Mata, Bocoran Ada 6 Posisi Resuffle Kabinet?
Mbak You

Nasional

Seruan MUI Kalsel, Viral Ramalan Mbak You Pesawat Jatuh hingga Presiden Berganti
apahabar.com

Nasional

8 Orang Tewas Kecelakaan di Tol Cipali Km 184, Berikut Kronologinya
apahabar.com

Nasional

Belanda Janji Kembalikan Berlian 70 Karat Milik Sultan Banjarmasin
apahabar.com

Nasional

35 Titik Percetakan Surat Suara Diamankan Polisi
apahabar.com

Nasional

Blokir Akses Internet di Papua, Presiden Dianggap Melanggar Hukum
apahabar.com

Nasional

Wawancaranya Bareng Siti Fadillah Jadi Sorotan, Begini Respons Deddy Corbuzier
apahabar.com

Nasional

Gitaris Seventeen Dipastikan Meninggal Dunia
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com