Kampung Ambon Digerebek Lagi! Pistol-Narkoba hingga Pesawat Nirawak Diamankan Penumpang Kapal Feri Kotabaru-Batulicin Menyusut 60 Persen Rayakan HUT ke-60, Bank Bjb Gelar Promo di Ratusan Merchant Duh, Keripik Singkong Tanpa Label Usang Dijual Bebas di Banjarmasin Pj Gubernur Kalsel: Larangan Mudik Berlaku Lintas Provinsi dan Kabupaten

Menag Dukung Polri Tindak Penista Agama Jozeph Paul Zhang

- Apahabar.com Senin, 19 April 2021 - 09:48 WIB

Menag Dukung Polri Tindak Penista Agama Jozeph Paul Zhang

Menag Yaqut Cholil Qoumas. Foto-Arsip Humas Kemenag

apahabar.com, JAKARTA – Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas meminta aparat hukum menindak tegas kepada setiap orang yang melakukan penistaan agama tanpa pandang bulu.

Pernyataan ini dia sampaikan setelah beredarnya video seorang pria yang mengaku nabi ke-26 bernama Jozeph Paul Zhang.

“Saya mendorong aparat untuk menindak setiap pelaku ujaran atau pun perbuatan yang mengarah pada penistaan agama. Tidak hanya terkait kasus Joseph Paul Zhang dan Desak Made, tapi siapapun pelakunya,” kata Yaqut dalam keterangan resmi yang dikutip dari CNN Indonesia, Senin (21/4).

Yaqut menilai tindakan menistakan agama tidak dibenarkan atas alasan apapun. Ia mengapresiasi langkah aparat hukum dalam menindaklanjuti dan mengambil tindakan atas laporan ujaran yang mengandung penistaan dan menimbulkan keresahan di tengah masyarakat.

“Saya minta masyarakat untuk tetap tenang, mengedepankan kebersamaan dan toleransi di tengah upaya berbagai pihak mengadu dan memecah persatuan dan kesatuan bangsa,” kata dia.

Yaqut menilai setiap umat beragama harus meyakini kebenaran keyakinan agamanya. Meski demikian, hal tersebut tidak boleh diikuti dengan sikap merendahkan atau menyalahkan ajaran keyakinan agama lainnya.

“Kedepankan toleransi. Mari yakini kebenaran agama masing-masing dengan tetap menghormati dan menghargai saudara sebangsa yang berbeda keyakinan,” kata dia.

Diketahui, dugaan penistaan agama kembali terjadi dan menjadi perbincangan publik belakangan ini. Ada dua peristiwa yang muncul yakni video Jozeph Paul Zhang yang diduga menghina Islam dan Desak Made Darmawati yang diduga melakukan penistaan agama Hindu.

Yaqut mengatakan Desak Made sendiri sudah menyampaikan permohonan maaf secara terbuka kepada umat Hindu. Meskipun demikian, sambung dia, proses hukum tetap berjalan. Sementara itu, aparat juga masih menyelidiki dokumen terkait Joseph Paul Zhang.

“Saya mengapresiasi langkah proaktif aparat dalam menindaklanjuti dan mengambil tindakan atas laporan ujaran yang mengandung penistaan dan menimbulkan keresahan,” ujar Yaqut.

Kasus penistaan agama Joseph Paul Zhang saat ini tengah diusut Bareksim Polri karena yang bersangkutan mengaku sebagai nabi ke-26. Keberadaan sosok itu sendiri saat ini diketahui berada di luar negeri, dan Polri telah bekerja sama dengan jaringan interpol untuk memburunya.

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Sembuh dari Covid-19, Ustaz Yusuf Mansur Sujud Syukur
apahabar.com

Nasional

Kaltim Jadi Ibu Kota RI, Intip Harapan Masyarakat Adat Dayak

Nasional

Pesan Wakil Kalsel di Senayan ke Kabareskrim Polri Baru
apahabar.com

Nasional

Pelindo III: Arus Peti Kemas Meningkat Lima Persen
apahabar.com

Nasional

PSBB Jakarta: Anies Baswedan Berlakukan 8 Aturan Ketat Mulai Hari Ini
Istri Chrisye Meninggal, Dimakamkan Satu Liang Lahat

Nasional

Istri Chrisye Meninggal, Dimakamkan Satu Liang Lahat
apahabar.com

Nasional

Hari Ini, Alat Cek Virus Corona 15 Mulai Masuk ke Indonesia
apahabar.com

Nasional

Sulteng Diguncang Magnitudo 6,9, Waspada Tsunami
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com