Breaking: Kapal Selam TNI AL Dikabarkan Hilang Kontak Kuasa Hukum AF Minta Kejari Tanbu Tunjukkan Bukti Kerugian Negara Duh, DLH Tabalong Tak Pernah Lihat Dokumen Pascatambang ADARO Melihat Sidang Perdana Kasus Korupsi Kursi di Tanah Bumbu, Audit Tak Dilakukan BPK! AnandaMu Dihentikan, Kasus SARA Ustaz HA Berlanjut ke Polisi!

Mitigasi Banjir Banjarbaru Manfaatkan Eks Lahan Tambang Galuh Cempaka

- Apahabar.com Kamis, 8 April 2021 - 16:29 WIB

Mitigasi Banjir Banjarbaru Manfaatkan Eks Lahan Tambang Galuh Cempaka

Wali Kota Banjarbaru, Aditya Mufti Ariffin saat memantau lokasi eks lahan tambang PT Galuh Cempaka. Foto-apahabar.com/Nurul Mufidah

apahabar.com, BANJARBARU – Pemerintah Kota Banjarbaru melakukan mitigasi banjir dengan memanfaatkan lahan bekas tambang PT Galuh Cempaka.

Pemantauan lahan ini dilakukan langsung oleh Wali Kota Banjarbaru, Aditya Mufti Ariffin bersama tim mitigasi banjir Banjarbaru dengan menggandeng ahli hidrologi.

“Hari ini kita bersama tim mitigasi banjir Banjarbaru yang mana di leading sektori oleh Dinas PU Banjarbaru dan Dinas LH. Kita melakukan peninjauan dan minta data-data terkait mapping, topografi daerah tambang yang sudah di reklamasi dan yang belum di reklamasi serta danau-danau yang ada bekas pasca tambangnya,” ujar Wali Kota Banjarbaru Aditya Mufti Ariffin saat ditemui apahabar.com dilokasi, Kamis (8/4/2021)

Terpantau oleh apahabar.com, Aditya memantau beberapa titik lokasi lahan eks tambang. Yang jika ditotalkan luasannya mencapai ratusan hektar.

“Kita sudah melihat di lapangan, kita meninjau dibeberapa titik sekitar 3 hingga 4
dan PT Galuh Cempaka akan membantu upaya mitigasi banjir di Banjarbaru. Insyaallah dalam beberapa waktu ke depan kita akan memiliki 340 hektar embung yang akan terkoneksi di Kota Banjarbaru,” jelas Aditya.

Untuk menyambungkan beberapa titik lokasi eks tambang itu, Aditya mengatakan perlu dibuatkan penghubung. Yang nantinya juga dapat terhubung dengan embung Cempaka milik Pemkot Banjarbaru.

“Terbilang banyak danau yang kecil-kecil jadi kita meminta kepada PT Galuh Cempaka ini digabung menjadi satu sehingga dalam 3 atau 4 tahun kedepan cuma ada tiga danau dan kita juga minta dibuatkan kanal untuk menyambungkan danau atau embung ini,” terangnya.

Diungkapkan Aditya, beberapa waktu lalu dirinya telah menyampaikan ekspos program pembangunan Banjarbaru ke Kementerian Bappenas, dimana salah satunya terkait mitigasi banjir khususnya bantuan untuk pembuatan kanalisasi.

“Kita sudah menghadap Bappenas nah ini untuk membuat kanal, misalnya embung punya Pemkot di Cempaka kita kanalisasi sampai sini (lahan eks tambang) sebagai upaya mitigasi banjir,” ungkapnya.

Terakhir, Aditya berharap dengan program mitigasi banjir, dapat meminimalisir bencana banjir di Banjarbaru.

Editor: M Syarif - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Daerah Tetangga Belajar Inovasi Kelola PAD dari Banjarmasin
PDIP

Kalsel

HUT PDIP Perjuangan ke-48, Kalsel Gelar Sunatan Massal
banjir

Kalsel

Sepenggal Cerita Korban Banjir Pesisir Sungai Martapura
apahabar.com

Kalsel

Pandangan Walhi Kalsel Tentang Revisi Undang-Undang Minerba, Tak Ada Bumi Kedua
apahabar.com

Kalsel

Resmi, Plt Gubernur Kalsel Kukuhkan Pjs Bupati Kotabaru dan Wali Kota Banjarbaru
apahabar.com

Kalsel

Puluhan Orang Salatkan Jenazah Djailani, Pejuang Medis di Banjarmasin
apahabar.com

Kalsel

Hindari Penyalahgunaan, Disdukcapil Banjar Musnahkan 20.973 E-KTP Invalid
apahabar.com

Kalsel

Kabag Sumda Polres Banjar Rutin Lakukan Sidak Masker pada Anggota
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com