Kebakaran Veteran Banjarmasin: 3 Rumah Ludes, Salah Satunya Milik Pol PP Dikira Asap dari Pembakaran Sampah, Ternyata 1 Rumah di Tanah Grogot Ludes Jelang Malam Tak Pulang, Pria Paruh Baya di HSS Ditemukan Jadi Mayat Banjarmasin Nyaris Kecolongan, Penumpang dari Surabaya Tak Punya Surat Bebas Covid-19 Misteri Surat Sakti Penggelembungan 5 Ribu Suara Banjar di Kamar 519

Ngabuburit Berkuda di Jalan, Bang Kumis Stable Jadi Perhatian Warga Balikpapan

- Apahabar.com Sabtu, 24 April 2021 - 18:58 WIB

Ngabuburit Berkuda di Jalan, Bang Kumis Stable Jadi Perhatian Warga Balikpapan

Warga dibuat kaget dengan kehadiran sejumlah kuda dijalan menjelang waktu berbuka. Foto-Riyadi

apahabar.com, BALIKPAPAN – Kalau warga biasanya menghabiskan waktu menunggu buka puasa atau yang disebut ngabuburit dengan cara nogkrong ataupun pergi ke alun-alun kota. Kali ini terlihat berbeda yang dilakukan oleh Bang Kumis Stable yakni berkeliling sudut kota dengan menunggangi kuda.

Para penunggang kuda ini berjalan dari stable Bang Kumis di Kampung Timur, Balikpapan Utara menuju sejumlah tempat keramaian seperti Waduk Wonorejo. Sontak pemandangan berkuda tersebut jadi perhatian masyarakat maupun pengendara yang melintas.

“Ya senang aja lihat kuda-kuda ini lewat, sebab jarang bisa lihat kuda,” kata Aan, warga Kampung Timur saat ditemui di Waduk Wonorejo.

Pemandangan ini memang tidak biasa, banyak warga yang ingin sekali melihat kuda secara langsung bahkan menyentuh dan menungganginya. Rupanya dibalik ngabuburit sambil berkuda ini, Bang Kumis Stable juga sekaligus melakukan edukasi kepada warga terkait kuda serta jenis olahraganya.

“Ngabuburit sambil berkuda ini sebenarnya kita juga mengamalkan olahraga sunnah berkuda. Tadi kita ngabuburit keliling ke Danau. Alhamdulillah olahraga berkuda juga sudah memasyarakat. Jadi kami sekalian edukasi dan bagi masyarakat yang foto dan pegang kuda atau mau belajar juga bisa,” ujar Abduh, pemilik Bang Kumis Stable.

Kegiatan ngabuburit berkuda ini dilakukan dua kali dalam sepekan. Tujuannya untuk tetap semangat mengenalkan olahraga berkuda meski di bulan ramadan ini.

“Kami biasanya seminggu dua kali, durasinya sekitar satu jam terus kita kembali stabel,” ujarnya.

Bang Kumis (BK) Stable sendiri memiliki sedikitnya delapan ekor kuda dari berbagai jenis. Mulai yang lokal hingga bibit luar negeri dengan harga beli ratusan juta tersebut ada di BK Stable. Abduh mempersilahkan masyarakat yang ingin melihat kuda bahkan mencobanya bisa datang ke BK Stable.

“Di sini kami lengkap dengan pelatihnya. Bahkan kalau ada sekolah yang mau trip edukasi kami juga layani, tentunya ada harga untuk keberlangsungan stable beli pakan dan sebagainya,” ungkap Abduh.

Untuk menunggang kuda di BK Stable sendiri di banderol Rp 25 ribu per dua kali putaran. Harga ini cukup terjangkau bahkan warga bisa mengabadikan banyak foto dengan berbagai jenis kuda.

“Iya, silahkan datang nanti didampingi sama pelatih profesional kami disini yang kami datangkan dari Jawa. Kudanya silahkan dipilih aja. Tujuan kami semata-mata untuk mengedukasi olahraga berkuda,” pungkas Abduh.

Editor: M Syarif - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

India

Kaltim

Kapal Riwayat Perjalanan ke India Dilarang Masuk Kaltim
apahabar.com

Kaltim

Titik Hotspot Kebakaran di Kaltim Meningkat
Samarinda

Kaltim

Hindari Polisi, ABK yang Nekat Loncat ke Sungai Mahakam Ditemukan Tewas
Balikpapan

Kaltim

Kejari Balikpapan Bakal Tetapkan Tersangka Dugaan Korupsi di Pelabuhan Peti Kemas
apahabar.com

Kaltim

Penjual Pulau Malamber Akui Terima Duit dari Bupati Penajam, Simak Bantahan AGM
apahbar.com

Kaltim

Gara-Gara Proyek, Satu Orang Berdarah di LPSE Penajam
Balikpapan Terbakar

Kaltim

Dini Hari Membara, 4 Ruko di Balikpapan Ludes
apahabar.com

Kaltim

Kaltim Pacu Produksi Budi Daya Perikanan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com