Jelang Sahur, Jago Merah Ngamuk di Ratu Zaleha Banjarmasin Motor Vs Motor di Paharuangan Kandangan, Pemuda Simpur Tewas Seketika Duduk Perkara Viral Pria Bersajam Ngamuk di Nagasari Banjarmasin hingga Bergumul dengan Polisi Gunung Sinabung Kembali Luncurkan Awan Panas Setinggi 500 Meter Kepung Serda Nurhadi, Belasan Pelaku Diamankan Polisi dan TNI

Pertamina Kalimantan Salurkan Modal Rp 6 Miliar untuk UMKM

- Apahabar.com Rabu, 21 April 2021 - 08:02 WIB

Pertamina Kalimantan Salurkan Modal Rp 6 Miliar untuk UMKM

Penyerahan dana bantuan modal dari Pertamina untuk usaha penjualan dan promosi gas elpiji 5,5 kg tabung merah muda. Foto-Humas Pertamina via Antara

apahabar.com, BALIKPAPAN – Pertamina Kalimantan menyalurkan pinjaman modal usaha sebesar Rp 6 miliar untuk usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Program ini merupakan untuk konsumsi gas non subsidi bright gas tabung merah muda.

Humas Pertamina Kalimantan, Susanto Satria, merinci sebanyak Rp 1,19 miliar dan Rp 2,59 miliar untuk program promosi dan peningkatan penjualan bright gas tabung merah muda 5 kg.

“Sisanya Rp 2,28 miliar untuk UMKM umum di sektor perdagangan, industri, dan jasa,” kata Satria, seperti dilansir Antara, Rabu (21/4).

Untuk menyalurkan dana tersebut, Pertamina antara lain bekerja sama dengan Ikatan Wanita Pengusaha (IWAPI) di Kaltim, Kalsel, Kalbar, dan Kaltara.

Menurut Ketua IWAPI Cabang Balikpapan, Ernawaty Gaffar, kerjasama dengan Pertamina tersebut sudah yang kedua kali sejak tahun 2020.

“Pertamina bantu kami permodalan, kami dari pelaku UMKM membantu program pemerintah dalam penggalakan penggunaan elpiji non subsidi,” kata Ernawaty.

Satria menambahkan bahwa Pertamina juga mengajak Badan Usaha Milik Negara (BUMN) lainnya yang ada di Kalimantan Timur untuk bersama-sama membina pengusaha UMKM.

“Lewat Rumah BUMN Kaltim yang keberadaannya diharapkan dapat semakin membantu UMKM naik kelas dengan pembinaan yang semakin baik lagi,” kata Satria.

Saat ini BUMN yang juga kerap mempublikasikan upayanya membantu para pengusaha UMKM adalah PT Angkasa Pura (AP) I, yang di Balikpapan mengelola Bandara Sepinggan. AP I juga punya program mengucurkan bantuan modal kepada pengusaha yang berada di lingkaran daerah usahanya. Seperti juga Pertamina, AP I juga mengucurkan dana miliaran rupiah untuk meningkatkan kapasitas UMKM.

Ada juga BUMN yang lebih sering terdengar kiprahnya di bidang sosial seperti PT PLN (Persero). Di bulan Ramadan seperti saat ini, PLN biasa menggelar acara-acara untuk anak-anak yatim dari keluarga miskin.

“Sangat membantu kami mengembangkan usaha,” kata Wiwit Jayantina, pemilik pangkalan elpiji di Kariangau, Balikpapan.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kaltim

Kaltim Bentuk Sekber Penanganan Dana Desa

Kaltim

Cegah Covid-19, Penumpang Bus Tujuan Kalsel Diperiksa Menggunakan GeNose
apahabar.com

Ekbis

Jokowi Instruksikan 3 Langkah Agar Besi dan Baja Tetap Tersedia
apahabar.com

Ekbis

WhatsApp Ubah Syarat Layanan, Segera Perbaharui Pengaturan
apahabar.com

Ekbis

Bulan Puasa: Produsen Rokok di Kalimantan Rugi Rp 20 Miliar
apahabar.com

Ekbis

Harga Minyak Dunia Mulai Stabil, Rupiah Awal Pekan Berpeluang Menguat
apahabar.com

Ekbis

Data Bocor, Pakar Siber Sebut Tokopedia Masih Punya Jaringan yang Aman
apahabar.com

Ekbis

Wow, Indonesia Punya Potensi Energi Terbarukan 442,4 GW
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com