Motor Vs Motor di Paharuangan Kandangan, Pemuda Simpur Tewas Seketika Duduk Perkara Viral Pria Bersajam Ngamuk di Nagasari Banjarmasin hingga Bergumul dengan Polisi Gunung Sinabung Kembali Luncurkan Awan Panas Setinggi 500 Meter Kepung Serda Nurhadi, Belasan Pelaku Diamankan Polisi dan TNI Jalan Tikus Masuk Kalteng di Kapuas Juga Dijaga Ketat Petugas

Polda Kalteng Musnahkan 900 Gram Sabu Periode Maret-April

- Apahabar.com Kamis, 29 April 2021 - 19:46 WIB

Polda Kalteng Musnahkan 900 Gram Sabu Periode Maret-April

900 gram narkotika jenis sabu dimusnahkan Polda Kalteng hasil pengungkapan selama Mei-April 2021. Pemusnahan dilakukan di Mako Brimob Polda Kalteng, Kamis (29/4) Foto-Istimewa

apahabar.com, PALANGKA RAYA – Polda Kalteng memusnahkan 900 gram sabu hasil perkara Maret-April 2021.

Pemusnahan dilakukan di Mako Brimob Polda Kalteng, Kamis (29/4)

Barang bukti hasil pengungkapan sembilan kasus dari lima wilayah di Kalteng dilakukan dengan cara melarutkan sabu ke cairan pembersih.

Pemusnahan dipimpin langsung Kapolda Kalteng Irjen Pol Dedi Prasetyo bersama instansi terkait, seperti BNNP Kalteng, Kejati Kalteng, BPOM Palangka Raya dan DPD Granat Kalteng.

Dedi Prasetyo menerangkan dari sembilan kasus tersebut pihaknya berhasil menangkap 10 tersangka, yang terdiri dari sembilan pria dan satu wanita.

Adapun lima wilayah pengungkapan kasus berada di Kota Palangka Raya dengan dua kasus dan dua tersangka dengan total barang bukti sabu seberat 305,18 gram. Kabupaten Kotawaringin Timur sebanyak tiga kasus dengan tiga tersangka dan barang bukti sabu 371,97 gram.

Kabupaten Gunung Mas sebanyak satu kasus dengan dua tersangka dan barang bukti sabu sebanyak 10,39 gram. Kabupaten Pulang Pisau sebanyak dua kasus dengan dua tersangka dan barang bukti sabu 193,93 gram.

Terakhir di Kabupaten Kapuas sebanyak satu kasus dengan satu tersangka dan barang bukti 11,91 gram sabu.

“Pola peredaran narkoba di Kalteng masih sama. Sabu didistribusikan melalui antar-provinsi, seperti Kalimantan Selatan dan Kalimantan Barat. Sehingga kita terus berupaya melakukan penyekatan distribusi dengan menggelar operasi di perbatasan wilayah,” katanya.

Selama pengungkapan pada periode 2021, didapatkan evaluasi jika terjadi peningkatan pada kualitas penangkapan. Sedangkan kuantitas mengalami penurunan.

Peningkatan kualitas ditandai dengan ditemukannya senjata api rakitan milik tersangka saat dilakukan penangkapan. Beberapa kali pengungkapan, personel terus mendapati jika pengedar narkoba melengkapi dirinya dengan senpi rakitan lengkap bersama peluru aktif.

“Dari bukti yang ada, personel dapat melakukan diskresi kepolisian dengan memberikan tindakan tegas dan terukur kepada pelaku yang melawan saat ditangkap. Ini bentuk komitmen kita yang tidak pernah pudar dalam hal memberantas peredaran narkoba di Kalteng,” tuturnya.

Dedi menambahkan selama periode 2021 sejak Januari hingga April, Ditresnarkoba Polda Kalteng bersama polres jajaran telah melakukan pengungkapan kasus narkotika sebanyak 243 kasus dengan jumlah tersangka mencapai 300 orang dan barang bukti yang berhasil diamankan seberat 6.643,75 gram.

“Seluruh tersangka yang ditangkap dikenakan Pasal 114 Jo Pasal 112 Undang-undang RI Nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika,” tegasnya.

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalteng

DPRD Kapuas Setujui 11 Raperda Ditetapkan Jadi Perda

Kalteng

Gegara Pandemi Covid, RPJMD Kapuas 2018-2023 Direvisi
apahabar.com

Kalteng

Tambah 10 Kasus Baru, Positif Covid-19 di Barut Total 289 Orang
apahabar.com

Kalteng

DPRD Barut: Pengelolaan SDA Harus Tepat Sasaran
apahabar.com

Kalteng

Hari Santri 2020 di Palangka Raya, Wali Kota Ajak Santri Ikut Aktif Cegah Covid-19
apahabar.com

Kalteng

Waket DPRD Barut: Wartawan Harus Melawan Ketidakadilan Sosial
apahabar.com

Kalteng

Dibawa ke Surabaya, Keluarga Gilang Akui Ada Kelainan Hasrat Sejak Kecil
apahabar.com

Kalteng

Teliti Obat Diabetes, 3 Siswi MtsN Kotim Wakili Indonesia ke Turki
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com