Breaking: Kapal Selam TNI AL Dikabarkan Hilang Kontak Kuasa Hukum AF Minta Kejari Tanbu Tunjukkan Bukti Kerugian Negara Duh, DLH Tabalong Tak Pernah Lihat Dokumen Pascatambang ADARO Melihat Sidang Perdana Kasus Korupsi Kursi di Tanah Bumbu, Audit Tak Dilakukan BPK! AnandaMu Dihentikan, Kasus SARA Ustaz HA Berlanjut ke Polisi!

Polisi Gagalkan Peredaran Puluhan Ribu Obat Terlarang di Balikpapan

- Apahabar.com Kamis, 8 April 2021 - 23:22 WIB

Polisi Gagalkan Peredaran Puluhan Ribu Obat Terlarang di Balikpapan

Peredaran puluhan ribu Double L berhasil digagalkan oleh Satresnarkoba Polresta Balikpapan bersama BPOM Samarinda. Foto-Istimewa

apahabar.com, BALIKPAPAN – Satresnarkoba Polresta Balikpapan bersama Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Samarinda berhasil menggagalkan peredaran 21.000 butir obat keras jenis double L siap edar, Rabu (7/4) kemarin.

Satu tersangka diamankan. Dia adalah FN (44), warga Jalan Bukit Niaga, Kelurahan Klandasan Ilir, Balikpapan Kota.

Rupanya dia sudah tiga kali melancarkan aksinya untuk mengedarkan obat tersebut. Beruntung berkat informasi dari Loka POM Balikpapan dan BPOM Samarinda, peredaran tersebut berhasil diungkap aparat.

“Pelaku ini dapat kiriman melalui online dari seseorang yang sampai saat ini belum bisa kami ungkap,” kata Kapolresta Balikpapan Kombes Pol Turmudi didampingi Wakasatresnarkoba Iptu Tri Ekwan Djuniarto di Mako Polresta Balikpapan, Kamis (8/4).

Pengungkapan tersebut menggunakan cara under cover yaitu petugas menyamar sebagai pengantar paket dan menunggu pelaku di suatu tempat. Tak beberapa lama pelaku datang mengambil barang tersebut dan membawanya pulang.

Petugas pun mengikuti pelaku sampai ke rumahnya. Disaat itulah petugas langsung melakukan penangkapan dan penggeledahan.

“Anggota berbagi tugas. Setelah barang diambil, polisi mengikuti tersangka sampai ke rumahnya. Kami geledah setelah itu diringkus dan dibawa ke mako untuk pemeriksaan lebih lanjut,” ujarnya.

Polisi masih terus mengembangkan kasus ini. Apalagi tersangka sudah empat kali melakukan aksi serupa. Dari tiga aksi yang dilakukan sebelumnya, diduga kuat puluhan ribu double L sudah beredar di Balikpapan.

“Tersangka ini sudah empat kali menerima kiriman barang. ini yang keempat kalinya. Sedangkan tiga lainnya berhasil beredar,” tutur Turmudi.

Polisi kini mengamankan barang bukti yakni 21 botol tempat double L. Satu botolnya dihargai Rp 500 ribu. Dari pengakuan tersangka paket sebelumnya sebanyak 20 botol yang telah habis beredar.

“Dijual kembali sama pelaku itu Rp 700 ribu per botolnya,” beber Wakasatresnarkoba Polresta Balikpapan Iptu Tri Ekwan.

Pelaku pun dijerat Pasal 196 dan Pasal 197 UU No 36 ancaman pidana maksimal 15 tahun penjara.

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Kasus Herman

Kaltim

Kecewa, Adik Tahanan Tewas di Balikpapan Ancam Bunuh Diri di Polda
apahabar.com

Kaltim

Update Covid-19 Kaltim: Positif Bertambah 113 Kasus
apahabar.com

Kaltim

Gagal Paham soal Parsel, Wagub Hadi Beri Klarifikasi
Jasad Setengah Kepala

Kaltim

Usai Jasad Setengah Kepala, Tim SAR Heran Muncul Mayat Lain di Sungai Mahakam

Kaltim

Kapal Karam di Sungai Mahakam, Satu Gagal Menyelamatkan Diri
apahabar.com

Kaltim

Kaltim Siap Gelontorkan Puluhan Miliar untuk Beasiswa Tahun Ini
apahabar.com

Kaltim

Jemput Bola, DPMPD Kaltim Teken Kontrak Kinerja Ratusan TPP

Kaltim

Kematian Herman ‘Coreng’ Predikat Balikpapan Kota Peduli HAM
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com