Tatah Belayung Geger, Wanita Muda Diduga Nekat Akhiri Hidup Kabut Asap Berhari-hari, Karhutla di Kalsel Masih Terjadi Meski Dilanda Banjir, Harga Sembako di Palangkaraya Aman BREAKING! Sorak-Sorai & Selawat Sambut Keluarnya Tim KPK dari Rumah Bupati HSU Rumah Bupati HSU Masih Diobok-obok KPK, Petugas Angkut Boks dan Kardus

Program Ramadan YN’S Center Berlanjut, Panitia Undang Peserta Tadarus dari Kabupaten Banjar

- Apahabar.com     Minggu, 18 April 2021 - 13:09 WITA

Program Ramadan YN’S Center Berlanjut, Panitia Undang Peserta Tadarus dari Kabupaten Banjar

Ketua YN’S Center, Yuni Nur Sulaiman. Foto-apahabar.com/Bahaudin Qusairi

apahabar.com, BANJARMASIN – Lantunan ayat-ayat suci Alquran terdengar jelas, di YN’S Center, Jalan Perdagangan Kompleks HKSN, Banjarmasin, saat menjelang waktu berbuka puasa pada Sabtu (17/4) kemarin.

Program Ramadan YN’S Center tersebut memang setiap hari dilaksanakan, mulai dari awal Ramadan hingga menjelang Idulfitri.

Kegiatan rutin Program Ramadan YN’S Center diawali dengan salat Ashar berjemaah, tadarus Alquran, kultum, doa dan buka puasa bersama.

Kemudian di sambung dengan salat Magrib berjemaah, salat Isya dan tarawih berjemaah, serta khataman Quran.

Lalu dilanjutkan lagi dengan acara penyerahan bingkisan atau tali asih, piagam penghargaan kepada 21 peserta khatam Quran.

“Setiap hari kami mengundang santri-santri secara bergiliran, alhamdulillah hari ini ada yang dari Kabupaten Banjar. Selain berbuka bersama, kami juga menggelar salat Tarawih berjemaah dan tadarus Alquran,” kata Ketua YN’S Centre, Yuni Abdi Nur Sulaiman.

Program Ramadhan YN’S Center mendapat apresiasi dari wakil ketua DPRD kota Banjarmasin, Matnor Ali.

Menurut Politikus senior partai Golkar itu kegiatan YN’S Center sangat positif, apalagi dengan adanya tadarus dan khatam Alquran setiap hari selama sebulan penuh.

“Kami dari fraksi sangat mendukung sekali kegiatan seperti ini. Karena ini kegiatan yang mendatangkan berkah, yakni cinta Alquran. Semoga kegiatan ini bisa berlanjut di tahun berikutnya,” ujarnya.

Selain menggelar acara buka puasa bersama, kegiatan bertema “Bersama Berbuat Baik” ini juga akan melaksanakan acara sahur bersama.

Kegiatan ini mendapat apresiasi dari wakil ketua DPRD Banjarmasin, Matnor Ali. Politikus senior partai Golkar itu menyebut kegiatan tersebut sangat positif, apalagi dengan adanya tadarus dan khatam Alquran setiap hari selama sebulan penuh.

“Kami dari fraksi sangat mendukung sekali kegiatan seperti ini. Karena ini salah satu kegiatan yang mendatangkan berkah, yakni cinta Alquran. Kita harus lebih banyak membaca Alquran. Mudahan kegiatan ini bisa berlanjut di tahun berikutnya,” kata Matnor Ali.

Lebih lanjut, dirinya menyebut salah satu barometer kesuksesan kota Banjarmasin menjadi juara MTQ tingkat Provinsi Kalimantan Selatan yang digelar di Tanah Bumbu beberapa waktu lalu, adalah dengan adanya kegiatan tadarus seperti yang dilaksanakan YNS Centre ini.

“Artinya embrio juara MTQ berawal dari kegiatan tadarus-tadarus seperti ini. Ketika seseorang bisa belajar tajwid dan sebagainya, maka dia menjadi qari. Jadi tidak mustahil kota Banjarmasin bisa mempertahankan gelar juara MTQ tingkat provinsi. Hal seperti ini hendaknya kita pertahankan, kalau perlu kita tingkatkan,” tandasnya.

Disinggung mengenai upaya pemerintah dalam menggiatkan baca Alquran di masyarakat, Matnor Ali menyebut kota Banjarmasin telah memiliki perda nomor 4 tahun 2010 tentang wajib baca tulis Alquran. Contohnya ketika seorang muslim hendak melaksanakan pernikahan, wajib hukumnya bisa baca tulis Alquran.

“Kita punya perda baca Alquran. Salah satu contoh, bagi orang muslim yang mau melangsungkan akad nikah, syaratnya haru bisa baca tulis. Kalau tidak bisa, maka dia diberi waktu untuk bisa baca tulis Alquran. Nah ini salah satu bentuk implementasi dari pelaksanaan perda,” tutup Matnor Ali.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Kalsel

Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Walhi Kalsel Gelar Aksi Save Meratus di Banjarbaru
apahabar.com

Kalsel

Napi Korupsi di Lapas Banjarbaru Juga Dapat Remisi Idulfitri
Denny

Banjarmasin

Subuh Keliling Denny Indrayana Diwarnai Baku Hantam, Polisi Turun Tangan
apahabar.com

Kalsel

Bersinergi dengan Polresta Banjarmasin, Wali Kota Resmikan Dua Kampung Tangguh Banua
apahabar.com

Kalsel

Per 15 Agustus 2019, Kebakaran Hutan dan Lahan di Kalsel Mencapai Ribuan Hektar!
Tapin

Kalsel

Aduuuuuuuuuh ai, Viral Bocah di Tapin Ngamuk-Buang Motor Saat Ditilang Polisi
Pelaku begal di Tapin, Ali (kiri) dan Kasan (kanan) beserta barang bukti berupa kaos dan sajam jenis parang.

Kalsel

Rampas Motor dan HP, Begal di Tapin Diringkus
Kalsel

Banjarmasin

Kurang Duit Miliaran Rupiah untuk PSU, KPU Kalsel Ngadu ke Pemprov
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com