Serangan Udara Israel di Gaza, Ratusan Warga Palestina Tewas H+3 Idulfitri, Penerbangan di Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin Masih Sepi Bawa Sabu dari Kaltim, Warga HST Ditangkap di Pos Penyekatan Jaro Tabalong Banjir Satui Tanbu, Ratusan Warga Masih Mengungsi, Puluhan Ribu Terdampak Cuaca Cerah, Banjir di Satui Tanbu Berangsur Surut

Refocusing Anggaran, Sejumlah Proyek di Kapuas Terancam Ditunda

- Apahabar.com Selasa, 27 April 2021 - 20:30 WIB

Refocusing Anggaran, Sejumlah Proyek di Kapuas Terancam Ditunda

Terdampak refocusing anggaran, lanjutan pembangunan mess mahasiswa Kabupaten Kapuas di Palangka Raya tahun ini terpaksa ditunda. Foto: Istimewa

apahabar.com, KUALA KAPUAS – Pemerintah Kabupaten Kapuas, Kalteng, kembali melakukan refocusing APBD tahun 2021 untuk penanganan Covid-19.

Adanya refocusing tersebut mengancam sejumlah proyek pembangunan yang direncanakan pada tahun ini, salah satunya proyek lanjutan pembangunan Mess Mahasiswa Kapuas di Palangka Raya.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kapuas, Suwarno Muriyat mengatakan instansinya mengalami refocusing anggaran sebesar Rp 8,3 miliar lebih.

“Karena refocusing, beberapa kegiatan di Dinas Pendidikan kami kurangi dan ditiadakan,” katanya kepada apahabar.com di Kuala Kapuas, Selasa (27/4).

Suwarnilo bilang, pihaknya juga melakukan rasionalisasi terhadap anggaran belanja jasa, sehingga rehab Kantor Dinas Pendidikan Kapuas yang direncanakan tahun ini terpaksa dibatalkan.

“Termasuk kegiatan fisik yaitu pembangunan lanjutan Mess Mahasiswa Kapuas di Palangka Raya dengan anggaran sekitar Rp 750 juta, itu juga kita tunda,” bebernya.

“Kami memahami refocusing karena tujuannya untuk kegiatan penanganan Covid-19. Untuk itu kami tetap semangat bekerja dengan memaksimalkan anggaran yang ada,” pungkas Suwarno.

Keputusan untuk refocusing sendiri tertuang dalam Surat Edaran (SE) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Nomor SE2/PK/2021 tertanggal 8 Februari 2021.

Dalam surat tersebut anggaran yang mungkin terpangkas refocusing tidak hanya dari Dana Alokasi Umum (DAU) tapi juga Dana Bagi Hasil (DBH) dan penggunaan Dana Insentif Daerah (DID) 2021.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalteng

4 Hari Positif Covid-19 di Kapuas Nihil, Gugus Tugas: Efek PSBB
Petir

Kalteng

Siang Bolong Geger Petir Hantam Pohon Kelapa di Palangka Raya, Komentar Nitizen Kocak
PLN

Kalteng

Bangun Jaringan 33 Kilometer, PLN Hadirkan Listrik di Dusun Hilir Barito Selatan
apahabar.com

Kalteng

Penerima BST di Kapuas Terbanyak se-Kalteng
apahabar.com

Kalteng

DLH Kapuas Sosialisasikan Pencegahan Karhuta
Overload

Kalteng

Dear Para Sopir, Truk Overload di Kalteng Langsung Ditindak
apahabar.com

Kalteng

Satpam di Kapuas Ikuti Pembinaan
Kanker Serviks

Kalteng

Hari Perempuan Dunia: Cerita Nenek 19 Cucu di Kalteng Penyintas Kanker Serviks
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com