Serangan Udara Israel di Gaza, Ratusan Warga Palestina Tewas H+3 Idulfitri, Penerbangan di Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin Masih Sepi Bawa Sabu dari Kaltim, Warga HST Ditangkap di Pos Penyekatan Jaro Tabalong Banjir Satui Tanbu, Ratusan Warga Masih Mengungsi, Puluhan Ribu Terdampak Cuaca Cerah, Banjir di Satui Tanbu Berangsur Surut

Reshuffle Kabinet yang Masih Jadi Misteri

- Apahabar.com Selasa, 27 April 2021 - 10:46 WIB

Reshuffle Kabinet yang Masih Jadi Misteri

Presiden Joko Widodo. Foto-twitter.com/@jokowi

apahabar.com, JAKARTA – Isu reshuffle Kabinet Indonesia Maju masih menjadi misteri. Sebab ternyata Presiden Jokowi belum pernah menyatakan akan merombak kembali kabinet Indonesia Maju.

“Sebenarnya sampai saat ini Presiden Joko Widodo belum pernah menyatakan akan melakukan reshuffle kepada publik. Apabila reshuffle memang diperlukan, maka Presiden sendiri yang akan mengumumkan dan menyampaikan kepada publik seperti reshuffle 22 Desember 2020 di Beranda Istana Merdeka,” kata Fadjroel dalam keterangan tertulis dikutip dari detik.com, Selasa (27/4/2021).

Fadjroel mengatakan memang saat ini sudah ada persetujuan dari DPR terkait penggabungan Kemenristek dan Kemendikbud berdasarkan Surat Presiden Nomor R-14/Pres/03/2021 perihal Pertimbangan Pengubahan Kementerian.

Hal ini, sambung Fadjroel, sesuai dengan sejumlah pertimbangan yang tercantum pada Pasal 18 ayat 2 tentang pengubahan kementerian UU Nomor 39/2008 tentang Kementerian Negara.

“Tentu pertimbangan pemerintahan sesuai perkembangan kebutuhan dan aspirasi rakyat. Serta pertimbangan khusus di Pasal 18 (2) untuk efisiensi dan efektivitas serta perubahan dan/atau perkembangan tugas dan fungsi, peningkatan kinerja dan beban kerja pemerintah serta kebutuhan penanganan urusan tertentu dalam pemerintahan secara mandiri,” kata Fadjroel.

“Adapun pembentukan kementerian baru, yaitu Kementerian Investasi sesuai dengan Pasal 13 ayat 1 dan ayat 2 sebagai pertimbangannya seperti untuk efisiensi dan efektivitas, cakupan tugas dan proporsionalitas beban tugas, kesinambungan, keserasian, dan keterpaduan pelaksanaan tugas, serta perkembangan lingkungan global,” ujar Fadjroel.

Soal siapa yang akan menjabat dua kementerian tersebut, Fadjroel tak mengetahuinya. Fadjroel menegaskan semua itu merupakan hak prerogatif Jokowi.

“Dalam bahasa rakyat, hanya Presiden Joko Widodo dan Tuhan YME yang tahu, kapan, siapa yang akan menduduki jabatan menteri, setidaknya di dua kementerian baru tersebut. Atau dalam bahasa legal, reshuffle adalah hak prerogatif Presiden,” ujar Fadjroel.

Sebelumnya, DPR RI telah menyetujui pembentukan Kementerian Investasi dan peleburan Kemenristek ke dalam Kemendikbud. Surat persetujuan itu pun sudah dikirim ke Presiden Jokowi

“Sudah (teken surat persetujuan),” kata Sekjen DPR RI, Indra Iskandar saat dikonfirmasi, Selasa (26/4).

Surat persetujuan dari DPR RI yang dikirim ke Presiden Jokowi itu diteken oleh Ketua DPR RI Puan Maharani. DPR menyampaikan surat persetujuan itu ke Presiden melalui Sekretariat Negara (Setneg).

Indra mengungkapkan, surat persetujuan dari DPR itu dikirim pada pekan lalu. Namun, dia tidak merinci kapan tepatnya surat dikirimkan.

“Pokoknya minggu lalu sudah disampaikan ke presiden melalui Setneg,” ujar Indra.

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Indonesia Ingin Tiru Korsel Sukses Pemilu di Tengah Pandemi Covid-19
Joko Widodo

Nasional

Presiden Jokowi Sebut Bandara Toraja Dapat Majukan Sektor Ekonomi
apahabar.com

Nasional

TKN Jokowi-Ma’ruf Ucapkan Selamat Bergabung PAN Kalsel
Jemaah Pejalan Kaki di Simpang 4 Banjarbaru Diantar Relawan BPK

Nasional

Jemaah Pejalan Kaki di Simpang 4 Banjarbaru Diantar Relawan BPK
apahabar.com

Nasional

Innalillahi, Ibunda Presiden Jokowi Meninggal Dunia
apahabar.com

Nasional

Ini Motif Pelaku Tega Habisi Levie
Mahfud MD: Jokowi Sangat Perhatikan Pesantren

Nasional

Mahfud MD: Jokowi Sangat Perhatikan Pesantren
PNS Cerai

Nasional

PNS Cerai, Gaji Suami Akan Dipotong Separuh untuk Mantan Istri
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com