Aglomerasi Banjar Bakula Ditiadakan, Banjarbaru Mulai Sekat Pemudik! Khotbah Tak Boleh Lewat 10 Menit, Tabalong Resmi Larang Takbir Keliling Dinonaktifkan KPK Saat Tangani Kasus Besar, Novel Siapkan Perlawanan  Tegas, Kapolda Kalteng Minta Anak Buahnya Larang Mudik di Kapuas Lucky Birthday Bjb 60versary Tawarkan Hadiah Jutaan Rupiah, Ayo Ikuti Promonya

Resmi Dilaunching, Simak Cara Perpanjang SIM Lewat Smartphone

- Apahabar.com Selasa, 13 April 2021 - 21:29 WIB

Resmi Dilaunching, Simak Cara Perpanjang SIM Lewat Smartphone

Korlantas Polri melaunching SINAR akronim dari SIM Nasional Presisi, Selasa (13/4). Foto-istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Masyarakat kian dipermudah dengan kemajuan teknologi. Salah satunya dalam bidang pelayanan dalam pengurusan surat izin mengemudi (SIM).

Korlantas Polri baru saja melaunching SINAR akronim dari SIM Nasional Presisi, Selasa (13/4). Peresmian pelayanan secara digital itu diresmikan langsung Kapolri, Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo.

Praktis, dengan launching tersebut, layanan ini mulai bisa dinikmati seluruh masyarakat. Baik di dalam maupun luar negeri.

“Ini merupakan terobosan untuk mempermudah pelayanan kepada masyarakat,” ujar Kapolda Kalsel Irjen Pol Rikwanto usai mengikuti launching secara virtual di Mapolda Kalsel.

Untuk memperpanjang SIM A maupun C melalui SINAR, masyarakat bisa memulainya dengan cara terlebih dahulu menginstal aplikasi Digital Korlantas Polri di smartphone.

Sebelum kesana, pemohon mesti melakukan registrasi dengan memasukkan data dan NIK, SIM, KTP serta foto selfie untuk diverifikasi oleh sistem.

Pemohon selanjutnya memilih jenis SIM yang akan diperpanjang dan lokasi Satpas Polda untuk selanjutnya melakukan ujian teori SIM, pemeriksaan kesehatan daring (e-Rikkes) dan pemeriksaan psikologi daring (e-PPsi).

Ketika terverifikasi, maka pemohon diwajibkan mengisikan informasi nomor rekening untuk pengembalian dana jika dilakukan pembatalan dan selanjutnya memilih metode pengiriman.

Pemohon juga akan diminta untuk mengunggah pas foto dan tandatangan digital sebelum membayar PNBP serta biaya pengiriman. Kartu SIM selanjutnya akan dicetak oleh Satpas Polda dan dikirimkan ke alamat pemohon.

Sedangkan bagi pemohon pembuatan SIM baru, meski telah terverifikasi dan tahapan pemeriksaan kesehatan telah dilalui pemohon wajib tetap hadir ke Satpas Polda untuk melaksanakan ujian praktik.

Rikwanto mengatakan dengan adanya layanan SINAR yang baru diresmikan tersebut, masyarakat bisa memperpanjang SIM di mana saja tanpa mengantri.

“Bisa memperpanjang dari mana saja. Yang penting basis datanya ada di Korlantas,” imbuhnya.

Semangat dibangunnya layanan itu selain guna mempermudah masyarakat juga untuk mengurangi mobilitas di masa pandemi.

“Dan program ini merupakan salah satu dari rencana prioritas dari Kapolri,” pungkasnya.

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Pra TMMD, Jalan Penghubung Desa di Karang Intan Dibuka
apahabar.com

Kalsel

95 SD di Banjarmasin Kekurangan Murid, Ini Daftar Sekolahnya
apahabar.com

Kalsel

Tak Bosan, Kanit Binmas Sosialisasi Protokol Kesehatan di Pasar Galuh Cempaka
apahabar.com

Kalsel

Saking Cepatnya, Kemenpan-RB Puji Kinerja Pemkot Banjarmasin
apahabar.com

Kalsel

Tak Mampu Bayar Operasi, Tubuh Sarah Kini Membiru dan Berjamur

Kalsel

Buntut Pemanggilan Awak Media, Puluhan Jurnalis Surati Bawaslu Kalsel

Kalsel

VIDEO: Kapolda Kalsel Turun Padamkan Api Di Lahan Gambut
apahabar.com

Kalsel

Rp 224 Juta Anggaran Seragam Wakil Rakyat Baru HSS
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com