Kabar Duka, Satu Lagi Perawat di Banjarmasin Gugur karena Covid-19 Update Banjir Bandang NTT: Meninggal 177 Orang, 45 Masih Hilang Persiapan Terbatas, Pereli Binuang H Rihan Variza Naik Podium Kejurnas Sprint Rally Gugur Bertugas, Polisi Pemburu Buron di Sungai Martapura Tinggalkan 3 Anak Pegawainya Mencuri, Pangeran Khairul Saleh Minta KPK Evaluasi Diri

Rumah Dinas Bupati Kapuas Senilai Rp 63 Miliar Mulai Dibangun dengan Motif Dayak

- Apahabar.com Jumat, 2 April 2021 - 15:19 WIB

Rumah Dinas Bupati Kapuas Senilai Rp 63 Miliar Mulai Dibangun dengan Motif Dayak

Kepala Bidang Cipta Karya Dinas PUPRPKP Kabupaten Kapuas, Jonnie saat meninjau lokasi pembangunan rumah jabatan Bupati Kapuas. Foto-apahabar.com/Irfansyah

apahabar.com, KUALA KAPUAS – Pembangunan rumah jabatan Bupati Kapuas, Kalteng, yang menelan dana sebesar Rp 63 miliar, mulai dilaksanakan.

Sebelumnya, rumah jabatan Bupati Kapuas yang berdiri sejak tahun 1963 telah dibongkar, karena secara teknis kontruksi bangunannya sudah mengalami penurunan dan penyusutan.

“Bangunan rumah jabatan yang lama, struktur tiang, dinding, atap dan juga rangka bangunanya sudah keropos semua karena termakan usia,” kata Kepala Bidang Cipta Karya Dinas PUPRPKP Kapuas, Jonnie, di Kuala Kapuas, Jumat (2/4).

Karenanya, tahun ini Pemkab Kapuas memprogramkan pembangunan rumah dinas yang baru di lokasi yang sama yaitu di Jalan Jenderal Sudirman Kuala Kapuas yang tepat berada di tepi Sungai Kapuas Murung.

Menurut Jonnie bangunan rumah dinas Bupati Kapuas yang baru akan menjadi ikon dan simbol baru Kabupaten Kapuas dengan nuansa etnik Dayak modern.

Rumah jabatan Bupati Kapuas yang baru akan dibangun dua lantai. Untuk bangunan utama berukuran 30 x 77,4 meter.

Pada bangunan lantai satu terdiri dari satu unit rumah jabatan, satu unit ballroom berkapasitas 1000 orang, satu unit ruang rapat umum dengan kapasitas 250 orang dan satu unit ruang rapat terbatas berkapasitas 100 orang.

Sedangkan bangunan lantai dua terdiri dari dua unit ruang tamu VVIP, empat ruang tamu VIP dan satu unit ruang fitnes.

Sedangkan untuk luas parkir kendaraaan depan rujab berukuran 63 x 6 meter dan luas parkir kendaraan belakang berukuran 24 x 12 meter.

“Jadi, Rp 63 miliar itu bukan hanya untuk membangun rumah jabatannya saja, tetapi juga untuk pembangunan prasarana lainnya. Karena Bapak Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat ingin bangunan itu multi fungsi,” ujar Jonnie.

Apalagi, lanjut Jonnie, Kapuas merupakan salah satu kabupaten yang ditunjuk menjadi kawasan pengembangan ketahanan pangan nasional food estate, sehingga banyak pejabat negara yang akan bertandang ke Kapuas.

“Kalau pejabat negara datang seperti sekelas menteri, dirjen dan lain sebagainya, kalau kita jamu mereka di rumah jabatan yang baru kita tidak malu karena rujab itu juga menjadi ikon daerah Kapuas,” terang Jonnie.

Saat ini, proses pembangunan rumah jabatan Bupati Kapuas yang baru dalam tahap land clering (pembukaan lahan) dan sedang merapikan bekas bongkaran bangunan rujab yang lama.

“Pembangunnya ditargetkan rampung dalam 2 tahun. Kami mohon dukungan doa masyarakat Kapuas supaya pembangunan rujab ini bisa berjalan dengan baik dan lancar,” pungkas Jonnie.

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

8 WBP Lapas Muara Teweh Terima Remisi Hari Raya Nyepi

Kalteng

8 WBP Lapas Muara Teweh Terima Remisi Hari Raya Nyepi
apahabar.com

Kalteng

Penerima BST di Kapuas Terbanyak se-Kalteng
apahabar.com

Kalteng

Setelah Jadi Parkir Mobil, Kini Water Front City Ditempati Becak Mangkal
Penghargaan

Kalteng

Raih Proper Emas dari KLHK, Adaro Dapat Penghargaan dari Pemkab Barsel
apahabar.com

Kalteng

RSUD Muara Teweh Gratiskan Oksigen Bagi Warga Korban Kabut Asap
apahabar.com

Kalteng

Bertambah Dua, WNA di Palangka Raya Positif Corona
apahabar.com

Kalteng

Resahkan Warga, Pengedar Sabu di Jingah Diringkus Polisi
apahabar.com

Kalteng

Kemenkumham: Lima Kasus Diduga Melanggar HAM Terjadi di Kalteng
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com