Peluncuran Vaksin AS Picu Kenaikan Harga Minyak Cuaca Kalsel Hari Ini, Hujan Berpetir Masih Mengancam PPKM Mikro Saat Ramadan, ASN di Banjarmasin Diminta Lebih Proaktif Tekan Inflasi, Kalsel Atensi Sistem Supply Chain Bahan Pokok Milan Lockdown, Eh Ibrahimovic Tepergok di Restoran

Satu Miliar Vaksin di Asia, HSBC-ADB Kucurkan 300 Juta Dolar

- Apahabar.com Jumat, 9 April 2021 - 09:16 WIB

Satu Miliar Vaksin di Asia, HSBC-ADB Kucurkan 300 Juta Dolar

Penumpang yang mengenakan jas hazmat untuk perlindungan terhadap Covid-19 berjalan di dalam Bandara Internasional Ninoy Aquino di Paranaque, Metro Manila, Filipina, 14 Januari 2021. Foto: Reuters via Antara

apahabar.com, JAKARTA – HSBC dan Bank Pembangunan Asia (ADB) bakal mengucurkan dana gabungan 300 juta dolar guna meningkatkan kapasitas produksi vaksin Covid-19 di Asia.

Inisiatif itu, seperti dilaporkan Antara, dibangun di atas skema pembagian risiko yang diluncurkan bank pada Juli untuk membantu mendanai pemasok alat pelindung diri (APD) saat mereka dan pembuat vaksin berlomba memenuhi permintaan global yang melebihi pasokan.

Dengan bersandar pada peringkat kredit tingkat pemerintah ADB, pemberi pinjaman sektor swasta seperti HSBC dapat memberikan pinjaman lebih mudah kepada perusahaan dalam rantai produksi pasokan vaksin yang kompleks, kata HSBC.

“Saat ini permintaan vaksin jauh melebihi pasokan dan salah satu tantangannya adalah jaringan pasokan dan distribusi harus dibentuk, yang membutuhkan banyak likuiditas,” kata Surath Sengupta, kepala global lembaga keuangan di HSBC, Jumat (9/4).

Pemberi pinjaman akan menawarkan dana melalui pinjaman perdagangan dan pembiayaan tagihan di antara alat-alat lainnya, kata Sengupta, karena negara-negara di seluruh Asia mencoba mempersingkat skala waktu multi-tahun yang biasa diperlukan untuk menerapkan program inokulasi skala besar.

Tingkat vaksinasi di negara-negara Asia sangat bervariasi karena pemerintah berhubungan dengan persediaan yang terbatas, permintaan yang meningkat dengan cepat, dan persaingan politik untuk mengamankan dosis.

“Para pemimpin Amerika Serikat, India, Australia, dan Jepang dilaporkan setuju untuk mengumpulkan pembiayaan, produksi, dan kapasitas distribusi untuk mengirim satu miliar vaksin virus corona ke seluruh Asia pada akhir 2022,” kata menteri luar negeri India Maret silam.

Editor: Fariz Fadhillah - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

Internasional

Burung Langka Berkelamin Ganda Ditemukan di Amerika
apahabar.com

Internasional

SIM Mati Saat Pandemi, di Inggris Diperpanjang Otomatis
apahabar.com

Internasional

Khatib Jumat di Inggris Puji Pria Kristen yang Berdiri di Luar Mesjid

Internasional

Hampir 300 Ribu Orang di AS Meninggal di Masa Pandemi
Biden Ngamuk

Internasional

Biden Ngamuk, AS Serang Milisi Iran dari Udara
apahabar.com

Internasional

Perdana di Dunia, Inggris Mulai Suntik Vaksin Covid-19 Pekan Depan
apahabar.com

Internasional

Jika Darurat, Korsel Setujui Obat Remdesivir untuk Pasien Covid-19
apahabar.com

Internasional

Perolehan Suara Electoral di Florida, Trump Unggul Sementara dari Biden
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com