Memanas, Tim Ibnu-Ariffin Mau Polisikan Sosok Diduga Jurkam AnandaMu Buntut Transkrip! Waspada, Hujan Berpetir dari Kaltim hingga Kalteng Imbas Siklon Surigae Geger! Wanita Hampang Kotabaru Tewas Bersimbah Darah Didatangi Dinkes, 5 RS di Banjarmasin Langsung Bayar Tunggakan Darah Kebakaran di Tapin, Rumah dan Kendaraan Hangus Dilalap Api

Sempurnakan Rancangan RKPD 2022, Bupati Minta Cermati Masalah di HST

- Apahabar.com Jumat, 2 April 2021 - 17:01 WIB

Sempurnakan Rancangan RKPD 2022, Bupati Minta Cermati Masalah di HST

Penandatangan berita acara Musrenbang RKPD HST 2022 di Auditorium Kantor Bupati setempat, Rabu (31/3). Foto-Prokom HST for apahabar.com

apahabar.com, BARABAI – Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (Pemkab HST) mulai melakukan rangakaian kegiatan untuk menyusun Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2022.

Sebelum menjadi produk RKPD, Pemkab melalui Bappelitbangda HST perlu melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang).

Bupati HST, H Aulia Oktafiandi menyebut Musrenbang tahun ini memiliki makna yang sangat penting. Sebab RKPD yang akan disusun harus mampu mengimplementasi RPJMD baru sesuai visi-misinya, mewujudkan HST yang lebih Makmur, Unggul dan Dinamis (Muda).

Karena itu, Aulia mengajak agar membuka dan mencermati beberapa permasalahan yang masih menjadi kendala dan tantangan di HST. Hal itulah yang dijadikan dasar dalam penentuan program dan kegiatan selama masa pemerintahannya.

Adapun tema pembangunan HST pada 2022, kata Aulia, adalah Pemulihan Perekonomian Daerah dan Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia.

“Perangkat daerah harus fokus pada penyusunan program prioritas untuk menangani permasalahan daerah dan sasaran pembangunan RPJMD yang belum tercapai,” kata Aulia melalui Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat H Ainur Rafiq, Jumat (2/4).

Aulia berharap jajarannya bekerja cepat, cermat dan tepat untuk menyeleraskan seluruh rencana pembangunan dalam rencana kerja nanti.

“Baik itu dari RPJMD, Renstra PD maupun usulan pembangunan dari masyarakat terhadap kemampuan keuangan daerah,” tutup Rafiq.

Sebelumnya, Musrenbang dibuka secara resmi oleh Bupati Aulia Oktafiandi. Dia diwakili Asisten Bdang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat H Ainur Rafiq di Auditorium Kantor Bupati HST membuka Musrenbabg secara virtual, Rabu (31/3) lalu.

Kepala Bappelitbangda HST, H Ahmad Syahriani Effendi, dalam laporannya mengatakan tujuan dari Musrenbang untuk mendapatkan masukan dalam rangka penyempurnaan rancangan RPKD HST 2022.

Selain itu, kata Syahrani juga untuk mendapatkan rincian awal rancangan program dan kegiatan perangkat daerah 2022. Kususnya yang berhubungan dengan pembangunan.

“Adapun hasil yang diharapkan adalah adanya kesepakatan terhadap prioritas pembangunan dan sasaran prioritas pembangunan, kesepakatan program dan kegiatan prioritas serta indikator dan target kinerja dan kebutuhan pendanaan serta masukan untuk penyempurnaan rancangan rencana kerja pemerintah daerah tahun mendatang,” terang Syahrani.

Mengingat pandemi belum juga reda, Musrenbang RKPD dilakukan dengan 2 cara. Melalui pertemuan langsung dengan terbatas dan secara virtual.

Adapun narasumber dalam Musrenbang ini, Wakil Ketua DPRD. Dia memaparkan pokok -pokok pikiran DPRD terhadap arah pembangunan 2022 dan Bappeda Provinsi Kalsel tentang arah kebijakan pembangunan Provinsi Kalsel 2022.

Sedangkan pesertanya adalah semua SKPD serta sebelas kecamatan yang ada di HST, Pj Sekda Perwakilan Perguruan Tinggi, Perwakilan Asosiasi Pembakal dan Asosiasi BPD, LSM, Ormas/Organisasi Keagamaan/OKP dan instansi vertikal.

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

“Subuh Keliling”, Tim Gugus Tugas HST Sosialisasikan Pencegahan Covid-19
PLN

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Banjir HST, Bupati Chairansyah Apresiasi PLN Salurkan Bantuan Sembako
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Di Hadapan Wakil Rakyat HST, Berry Nahdian Sampaikan Fokus Anggaran Covid-19
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Pantau BLT-DD, Chairansyah Sempatkan Kunjungi Pesantren dan Musala di LAU
Pemkab HST

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Atasi Tutupan Lahan yang Berkurang, Pemkab HST Laksanakan Gerakan Penanaman Sejuta Pohon
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

HET Tembus Puluhan Ribu, TPID HST Jaga Pasokan Gula
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Pendapatan Daerah Naik, Wabup HST: Kembangkan Kapasitas Keuangan
Lilin Intan 2020

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Lilin Intan 2020, Bupati HST: Pengamanan Tahun Ini Berbeda
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com