Kakek di Banjarmasin Meninggal Misterius di Hotel, Polisi Lakukan Pemeriksaan Polisi Tewas di Sungai Martapura, Sudah 2×24 Jam Faisal Diperiksa Intens Akhirnya, Tunggakan Honor Relawan Covid-19 di Banjarmasin Dibayar! Duh, Honor Relawan Covid-19 di Banjarmasin Belum Dibayar Perhatian! Bandara Syamsudin Noor Tetap Beroperasi Selama Larangan Mudik

Siapkan Rekening! Dana Stimulan Pascabanjir Kalsel Akan Segera Cair

- Apahabar.com Kamis, 8 April 2021 - 09:13 WIB

Siapkan Rekening! Dana Stimulan Pascabanjir Kalsel Akan Segera Cair

Banjir Kalsel yang terjadi pada Januari 2021. Foto-istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Penyaluran dana stimulan pascabanjir di Kalimantan Selatan awal tahun tadi akhirnya mendapat titik terang. Nantinya, dana tersebut akan langsung dikirimkan ke rekening perorangan bagi masyarakat yang terdata sebagai korban bencana.

“Rencananya begitu. Dari Deputi RR BNPB, bantuan dana itu akan dikirimkan langsung ke masyarakat,” ungkap Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalsel, Mujiyat ditemuiĀ apahabar.comĀ di sela rapat bersama BPBD kabupaten/kota di Hotel Mercure Banjarmasin, baru-baru tadi.

Sebagai pengingat, pemerintah pusat melalui BNPB memberikan dana stimulan guna rehabilitasi dan rekonstruksi kerusakan rumah pascabanjir. Dengan rincian, Rp50 juta untuk rusak berat, Rp25 juta untuk rusak sedang dan Rp10 juta untuk rusak ringan.

Pemprov Kalsel melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Permukiman (Perkim) telah melakukan inventarisasi kerusakan rumah dan tercatat total ada 7.428 rumah yang diajukan untuk mendapat bantuan. Terdiri dari 611 rusak berat, 1.337 rusak sedang dan 5.480 rusak ringan.

“Bantuan tadi untuk semua tingkatan, berat hingga ringan. Pengajuan kita sudah final, tinggal membentuk semacam PPTK (Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan),” ujar Mujiyat.

PPTK tadi bersifat sebagai pengontrol atau pengawas. Sedangkan, masyarakat akan diminta untuk membuat surat pertanyaan sebagai bentuk pertanggungjawaban atas bantuan dana yang akan diberikan.

“Mereka akan membuat surat pernyataan, bahwa uang itu digunakan untuk rehab rumah senilai dengan apa yang diterima. Tergantung kategorinya,” paparnya.

Mengutip pernyataan resmi dari laman bnpb.go.id, pencairan bantuan diproses setelah syarat administrasi dipenuhi oleh BPBD. Seperti nomor rekening, usulan PPK/BPP, MoU dan lainnya.

Apabila semuanya selesai, maka DTH dan Stimulan Rumah akan ditransfer ke rekening BPBD. Setelah itu masyarakat wajib membentuk Pokmas dan membuka rekening bank baru. Kemudian dana akan dikirimkan untuk pembangunan rumah dibantu fasilitator.

“Kami ingin mereka (masyarakat) melengkapi administrasinya dan kami yang membantu prosesnya. Kalau cepat dibuka, akan segera cair,” sambungnya.

Kemarin, BPBD Kalsel juga telah melakukan pertemuan bersama BPBD kabupaten/kota untuk mensinkronkan data. Setelah divalidasi, selanjutnya akan dilengkapi dengan inventaris data rekening masyarakat yang terdampak.

“Intinya, kita ingin sinkronkan validasi data itu. Sehingga tahap pertama segera kita mulai cairkan. Kalau mereka sudah punya rekening, kita input agar segera dicairkan. Baru kita pikirkan tahap kedua nanti,” pungkasnya.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Banjarmasin

Kalsel

Kronologi Positif Corona B117 Masuk ke Kalsel, dan Antisipasi Pemerintah
Donor

Kalsel

Bentuk Solidaritas, DPD PSI Tanbu Gelar Donor Darah
apahabar.com

Kalsel

Suhu Capai 36 Derajat Celcius, Awas Karhutla di Kalsel Hari Ini
apahabar.com

Kalsel

Perbup Terbit, Warga Tabalong Tanpa Masker Bakal Ditindak
apahabar.com

Kalsel

Bukan Jokowi, Ketua DPRD Kalsel Disambut Moeldoko Saat Salurkan Aspirasi Tolak UU Omnibus Law
apahabar.com

Kalsel

Terapkan Perbup Tapin, Polres Tapin Tegakkan Disiplin Protokol Kesehatan di Pasar Keraton
Pengeroyokan Berujung Maut

Kalsel

Polres Tabalong Gulung Pelaku Pengeroyokan Berujung Maut depan Hotel Aston
Pulau Sembilan

Kalsel

Arungi Laut, TNI-Polri Kawal Logistik Pilkada ke Pulau Sembilan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com