Dikira Ijazah, Ternyata SKCK Prof Denny Berserakan di Martapura, Bawaslu Angkat Bicara Prof Yusril: Penetapan Tersangka Eks Sekda Tanbu Labrak HAM Legislator Kalsel Kecam e-Sport Disponsori Judi Online KPU Banjar Tanggapi Santai Protes BirinMu Soal Pembukaan Kotak Suara Ricuh Safari Subuh Denny dan ‘Paman Bakul’ Disetop, Pelanggaran ASN Jalan Terus

Tabalong Minta Pemprov Kalsel Bantu Bangun Embung Sokong Wilayah Lumbung Pangan

- Apahabar.com Rabu, 7 April 2021 - 21:50 WIB

Tabalong Minta Pemprov Kalsel Bantu Bangun Embung Sokong Wilayah Lumbung Pangan

Bupati Tabalong beserta sejumlah pejabat saat memanen perdana padi di sawah UPT Balai Benih Jaro. Foto-Istimewa

apahabar.com, TANJUNG – Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani melakukan panen perdana padi sawah dari bibit unggul varietas Trisakti di UPT Balai Benih Jaro, Kecamatan Jaro, Rabu (7/4).

Kegiatan ini diikuti juga pejabat di Dinas Pertanian dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Selatan, Dinas Pertanian Tabalong, sejumlah kepala SKPD, Camat Jaro dan undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Bupati Anang Syakhfiani mengatakan, di Kecamatan Jaro sudah ada penangkaran bibit unggul.

Sehingga varietas bibit benih unggul Trisakti dan IF 17 ini sudah tepat dikembangkan di sini.

“Saya sangat mendukung dikembangkannya dua varietas bibit benih unggul tersebut, lebih-lebih Jaro sebagai pilar pintu gerbang perbatasan Provinsi Kalimantan Selatan yang berbatasan langsung dengan Ibu Kota Baru (IKN) Indonesia,” katanya.

Sebagai dukungan pengembangan pertanian di Jaro, Pemkab Tabalong akan melakukan perbaikan irigasi, kanalisasi dan pembangunan embung, sehingga menjadikan pola tanam intensifikasi lebih optimal.

Selain itu, rencana pembangunan Kantor Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) di Jaro juga akan didukung sepenuhnya, di mana saat ini masih ikut di BPP Muara Uya.

Anang juga meminta dukungan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalsel dalam hal ini Dinas Pertanian dan Hortikultura terkait pembangunan embung dan Dam lanjutan waduk minimalis atau bendungan.

“Kami harapkan Pemerintah Provinsi dapat lebih memberi perhatian kepada Kabupaten Tabalong Terdepan Menuju rencana IKN RI, di mana Kecamatan Jaro sebagai pilar pintu gerbang perbatasan,” ucap Anang.

Terpisah, Camat Jaro Suwandi mengatakan, jika normalisasi irigasi dan pembangunan Embung 2 diwujudkan Pemprov Kalsel, maka pengelolaan penanaman padi di sawah Kecamatan Jaro akan dapat dilakukan minimal 2 hingga 3 kali panen dengan bibit unggul yang dikembangkan.

“Insya Allah hasil pertanian pun akan optimal dengan adanya optimalisasi irigasi dan kanalisasi dalam konteks intensifikasi, sehingga Jaro akan dapat menyokong sebagai Lumbung Pangan di Tabalong bahkan Kalsel,” pungkas Suwandi.

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

PDAM

Pemkab Tabalong

Pengoperasian Pompa Air Jaringan Warukin Tabalong, Tunggu Pemasangan Panel Listrik
e-KTP

Pemkab Tabalong

Meski Pandemi, Kesadaran Masyarakat Bikin e-KTP Meningkat di Kotabaru
Covid-19

Kalsel

Alhamdulillah, 5 Pasien Covid-19 di Tabalong Sembuh, Kini Sisa 3 Orang Dirawat

Pemkab Tabalong

Lepas Kafilah MTQ, Ini Pesan Bupati Tabalong
PPKM

Kalsel

PPKM Kalsel, Pembelajaran Tatap Muka di Tabalong Lanjut
Masker

Pemkab Tabalong

Tak Pakai Masker, Sejumlah Warga Tabalong Terjaring Operasi Yustisi
TNI Manunggal Membangun Desa

Pemkab Tabalong

Bupati Tabalong Resmi Buka TMMD 110 Kodim 1008/Tanjung

Pemkab Tabalong

Lantik Dewan Hakim, Bupati Tabalong: MTQ Juga Syiar Islam
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com