Corona Melonjak di India, Harga Minyak Dunia Jatuh Dikira Ijazah, Ternyata SKCK Prof Denny Berserakan di Martapura, Bawaslu Angkat Bicara Prof Yusril: Penetapan Tersangka Eks Sekda Tanbu Labrak HAM Legislator Kalsel Kecam e-Sport Disponsori Judi Online KPU Banjar Tanggapi Santai Protes BirinMu Soal Pembukaan Kotak Suara

Tak Ingin ‘Jumat Kelabu’ Terulang, Pj Gubernur Kalsel Tekankan PSU Berjalan Tertib

- Apahabar.com Kamis, 1 April 2021 - 12:27 WIB

Tak Ingin ‘Jumat Kelabu’ Terulang, Pj Gubernur Kalsel Tekankan PSU Berjalan Tertib

Pj Gubernur Kalsel Safrizal. Foto-Ist

apahabar.com, BANJARBARU – Konflik sosial dan politik menjadi perhatian serius Penjabat (Pj) Gubernur Safrizal ZA jelang Pemilihan Suara Ulang (PSU) Pilgub Kalsel mendatang. Dia tak ingin tragedi besar di Banjarmasin yang dikenal dengan “Jumat Kelabu” terulang kembali.

“Jangan sampai Jumat Kelabu di tahun 1997 kita ulang kembali,” kata Safrizal dalam sambutannya di Rapat Kerja Tematik Badan Kesatuan Bangsa dan Politik di Gedung Idham Chalid Banjarbaru, Kamis (1/4).

Jumat Kelabu merupakan peristiwa kerusuhan terbesar di Banjarmasin pada momen Pemilu 1997. Suhu politik yang masih terasa panas juga mewarnai Pilkada ulang penentuan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalsel tahun ini.

“Di Kalsel juga pernah terjadi konflik besar, gara-gara ketersinggungan menjelang pemilu. Lalu ada oknum yang mengganggu kemudian dikembangkan menjadi isu sosial dan kerusuhan terjadi di mana-mana,” jelasnya.

Sementara pelaksanaan PSU akan berlangsung pada 9 Juni mendatang atau terhitung dua bulan lagi. Dia menekankan agar pelaksanaan PSU di Kalsel dijalankan dengan tertib dan menciptakan kedamaian.

“PSU di Kalsel bisa kita jalankan dengan damai, tertib, jujur dan adil,” ujarnya.

Dia mengingatkan seluruh pihak saling percaya dan bekerja sama untuk mengantisipasi konflik sosial, serta waspada dalam menemukan bibit-bibit konflik. Melalui semangat Bhineka Tunggal Ika dan rasa kesatuan. Dia meyakini warga Kalsel akan mendapat perlindungan.

“Bagaimanapun konflik sosial bisa muncul kapan saja dan dengan sebab apa saja. Merekatkan hubungan dan mendekatkan golongan antar masyarakat merupakan salah satu cara menghadapinya,” pesannya.

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Bejo Menangis Saat Menerima Bansos 
apahabar.com

Kalsel

Keberadaan Duta Genre di Papua Sukses Tekan Angka Pernikahan Dini
apahabar.com

Kalsel

Sungai Banjarmasin Tercampur Limbah Oli, Ibnu Sina: Usut Sampai Tuntas
apahabar.com

Kalsel

Puluhan Lurah dan Camat Banjarbaru Dikabarkan ke Luar Negeri
apahabar.com

Kalsel

Jelang Penetapan Hasil Verifikasi Faktual, Kapolsek Sungai Durian Temui Camat dan Ketua PPK
apahabar.com

Kalsel

Safari Penanggulangan Bencana, BAGUNA DPD PDI Perjuangan Kalsel Konsolidasi dengan BPBD HSS
Kurir Sabu

Kalsel

Dua Kurir Sabu di Banjarmasin Ini Rahasiakan Upah Antar Sabu 11 Kilo
apahabar.com

Kalsel

Bupati Balangan, Terdakwa Penipuan Cek Kosong Diadili
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com