Kucurkan Rp2 Miliar, Banjarmasin Tancap Gas Perpanjang PPKM Mikro Lagi, Polres Tabalong Tangkap Pemilik Senjata Api Ilegal Blakblakan Duta Mall Banjarmasin Terpaksa Tutup Selama Lebaran Viral Pria Bersajam Vs Polisi-Warga di Nagasari Banjarmasin, Pelaku Diancam Pasal Berlapis! Sidang Kedua, Eks Dirut Baramarta Kukuh Hasil Korupsi Dinikmati Berjemaah

Tekan Inflasi di HST, PUPR Kalsel Juga Harus Terlibat

- Apahabar.com Rabu, 14 April 2021 - 18:21 WIB

Tekan Inflasi di HST, PUPR Kalsel Juga Harus Terlibat

Kondisi jembatan yang menghubungkan Sirangut Sungai Rangas di HST. Kontur jalan mulai bergelombang dan keretekan di bagian sisi. Foto: apahabar.com/Lazuardi

apahabar.com, BARABAI – Dalam kondisi yang tidak lagi sempurna, dua jembatan di ruas jalan nasional di Hulu Sungai Tengah (HST) dikhawatirkan ikut memantik inflasi.

Jembatan tersebut terletak di Desa Kapuh dan di perbatasan Desa Sirangut dengan Sungai Rangas. Akibat banjir besar yang melanda HST, kondisi kedua jembatan berubah.

Terjadi penurunan tanah, ditambah retakan sisi jalan maupun jembatan. Dikhawatirkan tidak lama lagi tanah di sisi jembatan segera ambruk.

Kondisi itu disampaikan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) HST, ketika mengikuti High Level Metting dan Rakor Pengendalian Inflasi Kalimantan Selatan di Gedung Mahligai Pancasila.

“Kami berharap Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kalsel menindaklanjuti kondisi tersebut,” papar Plt Kabag Perekonomian dan SDA Setda HST, Ramadlan, Rabu (14/4).

“Seandainya kerusakan bertambah parah, distribusi barang bisa terhambat dan membuat laju inflasi tidak dapat dikendalikan,” tegasnya.

Kedua jembatan merupakan akses jalan nasional lintas provinsi yang menghubungkan HST, Balangan dan Tabalong.

Ruas jalan di Jembatan Kapuh yang sempat amblas, sudah diperbaiki secara geotextile di akhir Januari 2021. Namun tak bertahan lama, karena kondisi jalan mulai menurun.

Pun demikian dengan jembatan di Sirangut dengan Sungai Rangas. Oleh karena semakin amblas, dikhawatirkan terjadi kecelakaan akibat jalan yang bergelombang.

Sementara jembatan di Desa Muara Rintis, Kecamatan Batang Alai Utara, masih dalam perbaikan akibat longsor selebar 2 meter dan panjang 1 meter di sisi jalan.

Selama perbaikan berlangsung, kendaraan bertonase berat dilarang melintas. Mereka harus mengambil jalur alternatif melalui Birayang menuju Desa Batu Mandi di Balangan.

Terlepas dari kekhawatiran terhadap kondisi sarana transportasi, stok bahan pokok di HST dijamin tetap aman sepanjang Ramadan hingga Idulfitri.

“TPID HST akan merumuskan dan memetakan potensi unggulan agar inflasi terkendali, serta harus siap bersinergi dengan kabupaten/kota lain,” tutup Ramadlan.

Editor: Bastian Alkaf - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

PDAM

HST

Geledah Kantor PDAM, Penyidik Kejari HST Temukan Dokumen Pengadaan
banjir hst

HST

Rumah Hilang Disapu Banjir, Warga Waki HST Pilih Tinggal di Puing-Puing
Sungai Barabai

HST

Sungai Barabai Masih Keruh, Diduga Ada Perubahan Aliran Sungai Pascabanjir Bandang
Kapolres AKBP Danang Widaryanto berdialog dengan tokoh maayarakat Hantakan, Sumiati (kanan Kapolres) dan Ketua DPC Peradi, Syahruzzaman usai rapat di DPRD HST, Senin (22/3)./Foto: apahabar.com/Lazuardi.

HST

Buntut Panjang Soal Banjir di HST, Warga Desak Polisi Usut Tuntas Ilegal Logging

HST

Operasi Intan di HST, Petugas Gabungan Sasar Pelanggar Lalu Lintas dan Prokes

HST

Bawa Sajam di Malam Tahun Baru, Seorang Pemuda Diamankan Polres HST
PDAM

HST

Dugaan Korupsi di PDAM HST, Kejari Segera Ekspose Hasil Penyidikan
PN Barabai

HST

Sidang Perdana Pembunuhan Dua Anak Kandung di HST, Sikap Sutarti Berbeda
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com