Lakalantas Depan BRI Unit Padang Tala, 1 Orang Tewas Gegara Rapid Antigen Bekas, Erick Thohir Pecat Seluruh Direksi Kimia Farma Brakkkk!! Mobil Relawan Kebakaran di Banjarmasin Tabrak Pejalan Kaki hingga Tewas Lakalantas di Angkinang HSS, Warga Haruyan HST Tewas di Tempat H+4 Idulfitri, Arus Balik Mudik dari Kalsel ke Kaltim Meningkat

Terbukti Menipu, Eks Ketua Gapensi Kalsel Divonis 4 Bulan dengan Masa Percobaan

- Apahabar.com Senin, 19 April 2021 - 17:55 WIB

Terbukti Menipu, Eks Ketua Gapensi Kalsel Divonis 4 Bulan dengan Masa Percobaan

Sidang pembacaan putusan Ketua Majelis Hakim persidangan Heru Kuntjoro dengan dihadiri langsung terdakwa Edy Suryadi, Senin (19/4) sore. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Pengadilan Negeri (PN) Banjarmasin memvonis eks Ketua Gapensi Kalsel, Edy Suryadi, empat bulan dengan masa percobaan delapan bulan kurungan.

Vonis tersebut disampaikan dalam sidang pembacaan putusan yang Ketua Majelis Hakim persidangan Heru Kuntjoro dengan dihadiri langsung terdakwa Edy, Senin (19/4) sore.

Dalam putusan majelis hakim menyatakan bahwa Edy telah terbukti bersalah telah melakukan tindak pidana penipuan, seperti yang diatur dalam pasal 378 KUHPidana.

“Menjatuhkan pidana kepada terdakwa selama empat bulan. Menetapkan pidana tak usah dijalani kecuali ada tindak pidana sebelum masa percobaan delapan bulan,” ujar Heru dalam pembacaan putusan.

Seperti diketahui, Edy sebelumnya menjadi terdakwa atas kasus penipuan untuk pembayaran duit Sembako senilai Rp375 juta dengan Aftahuddin selaku korbannya yang terjadi pada 2019 silam.

Meski telah dibayarkan dan telah terjadi perdamaian antara keduanya belah pihak. Namun dikarenakan kasus penipuan tersebut sudah bergulir ke meja hijau sehingga tak bisa lagi dihentikan.

Selain itu, vonis yang dijatuhkan oleh majelis hakim tersebut lebih ringan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Purbasari. Dimana sebelumnya JPU menuntut Edy lima bulan dengan masa percobaan sepuluh bulan kurungan.

Majelis hakim mempertimbangkan vonis tersebut lebih ringan dari tuntutan JPU dikarenakan telah terjadi perdamaian antara keduanya belah pihak dan ganti rugi terhadap korban sudah dibayarkan.

Usia pembacaan putusan, Penasehat Hukum terdakwa, M Gazali menyatakan pihaknya bakal melakukan banding atas putusan tersebut.

Ghazali menilai putusan itu tak sesuai dengan apa yang mereka harapkan. Dimana sebelumnya mereka telah melakukan pembelaan dan meminta agar kleinnya dibebaskan dari segala tuntutan.

“Kami banding. Karena memang seperti yang sebelumnya saya sampai persoalan ini sebenarnya sudah selesai. Tak ada lagi yang dirugikan. Karena sudah dibayar bahkan dibayar lebih,” ujar Gazali.

Editor: M Syarif - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Polemik Batas Desa, Warga Jambu Baru Usir PT TAL
apahabar.com

Kalsel

Siang Relatif Tenang, Malamnya Ada Hujan Berpetir
apahabar.com

Kalsel

Tahun Baru, Pantai Batakan dan Tangkisung Jadi Atensi Basarnas
apahabar.com

Kalsel

Kerajaan Aceh Berperan Besar Terhadap Perkembangan Haji di Banjarmasin
apahabar.com

Kalsel

Mayat Mengapung di Sungai Muara Kelayan Diduga Korban Pembunuhan!
apahabar.com

Kalsel

HAN 2019, Ramai-Ramai Lawan Kekerasan Anak di HST
apahabar.com

Kalsel

Bus Bantuan Kemenhub Tiba di Banjarbaru
apahabar.com

Kalsel

Penetapan Hasil Pileg 2019, KPU Batola Tunggu BRPK
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com