Sadarkan Diri, Dokter Ungkap Kondisi Terkini Echa Si Putri Tidur Banjarmasin POPULER SEPEKAN: Waspada Air Pasang, Ambruknya Pasar Ujung Murung, hingga Viral Putri Tidur Gugur Bertugas, Polisi Pemburu Buron di Sungai Martapura Tinggalkan 3 Anak Buron Biang Tenggelamnya Polisi di Sungai Martapura Belum Ditemukan Panas Lagi, Laporan Bakul Denny Indrayana Berbalas Jadwal Imsakiyah

Terjebak Lumpur, Truk Bermuatan Tepung Terigu Kandas di Jalan Margasari-Marabahan

- Apahabar.com Jumat, 2 April 2021 - 17:51 WIB

Terjebak Lumpur, Truk Bermuatan Tepung Terigu Kandas di Jalan Margasari-Marabahan

Truk angkutan bermuatan tepung terigu saat terjebak kubangan lumpur di ruas jalan Margasari-Marabahan Desa Sungai Puting, Kecamatan Candi Laras Utara, Tapin. Foto: Istimewa

apahabar.com, RANTAU – Sebuah truk bermuatan tepung terigu terjebak lumpur di Desa Sungai Puting, Kecamatan Candi Laras Utara, Tapin, atau tepatnya di ruas jalan Margasari-Marabahan yang mengalami rusak, Jumat (2/4)

Jalan di daerah tersebut kembali rusak akibat hujan deras yang terjadi tadi malam.

Babinsa Koramil 1010-05/Candi Laras Utara, Serda Jhony S, mengatakan apabila turun hujan dipastikan akan terjadi genangan air dan lubang berlumpur di sepanjang jalan Margasari-Marabahan.

“Selain gara-gara hujan juga karena mobilitas hilir mudik penguna jalan, sehingga menghambat penguna jalan kendaraan roda 4 ataupun 2. Salah satunya terjadi di Desa Sungai Puting RT 04 RW 02, hingga sebuah truk angkutan tepung terigu terjebak lumpur,” ungkapnya.

Ia menghimbau apabila truk bermuatan berat sampai puluhan ton agar sebaiknya mengunakan jalan hauling batu bara.

“Apabila tetap mengunakan jalan alternatif Margasari-Marabahan ditakutkan akan terjadi lagi kubangan lumpur berikutnya,” tegasnya.

Diketahui, jalan Margasari-Marabahan merupakan jalan nasional yang digunakan sebagai jalan alternatif, karena jembatan di Astambul-Mataraman dalam masa perbaikan pascabanjir.

Sementara itu, sopir truk pengangkut tepung terigu bernama Saiful, mengatakan muatan armadanya sekitar 8 ton dari Banjarmasin menuju Rantau-Barabai mengunakan jalan alternatif dikarenakan jalan nasional di Mataraman, Kabupaten Banjar masih memakai satu jalur buka tutup.

“Jadi saya pakai jalan alternatif ini dengan maksud agar distribusi tepung terigu cepat sampai dan lanjut ke tempat lainnya. Angkutan tepung terigu ini untuk memasok kebutuhan tepung terigu di Rantau dan Barabai menjelang bulan suci Ramadan dan Idulfitri nanti,” tuturnya.

Salah satu warga Desa Sungai Puting, Husein mengatakan terkait faktor utama penyebab jalan berlumpur karena hujan juga, selain itu juga belum ada dilakukan pengerasan.

“Masih berupa jalan tanah kuning. Makanya terjadi genangan lumpur apabila hujan turun, ditambah lagi tingginya aktivitas penguna jalan,” ungkap Husein.

Diwartakan sebelumnya, ruas jalan Margasari-Marabahan yang rusak di Desa Sungai Puting, Kecamatan Candi Laras Utara diperkirakan segera diperbaiki April ini.

Ketua DPRD Tapin, H Yamani mengatakan, proyek pengerjaan jalan nasional lintas provinsi Margasari-Marabahan tersebut, sudah memasuki tahap akhir lelang.

“Jalan poros Margasari-Marabahan sudah dalam progres atau sudah dalam tahap lelang. Sesuai tugas dan fungsinya, DPRD akan memantau dan melakukan pengawasan pelaksanaan itu,” ucap Yamani, Rabu (31/3).

Kepala Dinas Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Tapin, Yustan Azidin, mengatakan pengerjaan proyek tersebut sudah berdasarkan hasil duduk bersama pemerintah daerah, para tokoh dan masyarakat setempat.

“Dasar pengerjaan proyek oleh balai jalan adalah komitmen bersama antara pemerintah daerah dan masyarakat,” ucapnya.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Di Depan Tersangka, Polda Kalsel Blender Sabu 5,5 Kg, Ekstasi dan Ganja
apahaar.com

Kalsel

Pedagang Minta Dimediasi Dewan Terkait Rencana Pengosongan Pasar Banjar Raya
apahabar.com

Kalsel

BMKG Ramal Kalsel Hujan Lagi Siang Ini
apahabar.com

Kalsel

Sudah Teken Kontrak, Pelebaran Jalan Trans Kalimantan di Handil Bakti Segera Dimulai
apahabar.com

Kalsel

KRI Ahmad Yani-351 Merapat ke Pulau Laut Kotabaru, Ada Apa?
apahabar.com

Kalsel

Selesai Bertugas di HSS, Para Pengajar Muda Pamit

Kalsel

Kronologi Singkat Kepala IGD RSUD Ansari Saleh Banjarmasin Meninggal Dunia Akibat Covid-19
apahabar.com

Kalsel

Serius Tangani Karhutla, Kapolda Kalsel Pimpin Simulasi Penanganan Karhutla
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com