Kandas di Piala Presiden, Barito Putera Langsung Fokus ke Liga 1 Persiba Balikpapan Gasak PSIM Yogyakarta 2-0 Tarif Air Bersih Naik, Dewan Kotabaru Minta Pelayanan PDAM Ikut Membaik Indomaret Izin Masuk Barabai Bukan Pepesan Kosong Gaji ke-13 Sudah Cair Rp 8 Triliun, ASN Banjarmasin Sabar Dulu…

Termasuk Kalsel, BMKG: Hujan Lebat Disertai Kilat Diprakirakan Terjadi di Sebagian Indonesia

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan lebat disertai kilat dan angin kencang terjadi di sebagian wilayah..
- Apahabar.com     Sabtu, 10 April 2021 - 10:09 WITA

Termasuk Kalsel, BMKG: Hujan Lebat Disertai Kilat Diprakirakan Terjadi di Sebagian Indonesia

Ilustrasi - Petugas Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memantau monitor prakiraan cuaca wilayah Jakarta dan sekitarnya di gedung BMKG, Jakarta. Foto: Tempo

apahabar.com, JAKARTA – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan lebat disertai kilat dan angin kencang terjadi di sebagian wilayah Indonesia pada Sabtu (10/4/2021).

Menurut prakiraan dari laman bmkg.go.id, hujan lebat disertai kilat serta angin kencang berpotensi mengguyur wilayah Aceh, Banten, Bengkulu, DKI Jakarta, Jambi, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur.

Selain itu, juga terjadi di Kalimantan Utara, Lampung, Maluku, Nusa Tenggara Barat, Papua, Papua Barat, Sulawesi barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Sumatera Barat, dan Sumatera Selatan.

Dalam ikhtisar cuaca harian BMKG disampaikan bahwa Siklon Tropis Seroja terpantau di Samudera Hindia selatan Jawa Tengah yang membentuk area pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) memanjang dari pesisir selatan Jawa Tengah hingga Jawa Timur serta membentuk Low Level Jet yang memanjang di Samudera Hindia barat Australia bagian barat.

Sementara siklon Tropis ODETTE terpantau di Samudera Hindia barat daya Banten yang membentuk Low Level Jet yang memanjang di Samudra Hindia barat daya Banten.

Kondlsi ini menyebabkan peningkatan potensi penumbuhan awan hujan di sekitar sistem Siklon tropis Seroja dan Odette tersebut.

Siklon Tropis Seroja dan Odette ini juga meningkatkan kecepatan angin lebih dari 25 kts serta ketinggian gelombang lebih dari 2,5 meter di sepanjang Low Level Jet itu.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Jemaah  Haji yang Hilang Karena ke Toilet Masih Belum Ditemukan

Nasional

Inilah Video Tiga Penyu Mati di Pulau Pari
apahabar.com

Nasional

Senjata Api Pelaku Teror di Masjid New Zealand Legal
apahabar.com

Nasional

KPK OTT Bupati Mesuji Terkait Proyek PUPR
Presiden Joko Widodo

Nasional

Puncak HPN 2021, Jokowi: Terima Kasih Insan Pers

Nasional

Dua Oknum Guru Cabuli Siswanya Akhirnya Dipecat
Hari Pencegahan Bunuh Diri Sedunia

Nasional

Hari Pencegahan Bunuh Diri Sedunia, 2 Warga Kalsel Habisi Nyawa Sendiri
Datu Kelampayan Ditarget Tahun Depan

Nasional

Empat Penerima Gelar Pahlawan Nasional, Satu Asal Kaltim, Datu Kelampayan Ditarget Tahun Depan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com